Fog Lamp; Fungsi Dan Kegunaan Pada Kendaraanmu

fog lamp

Fog lamp mobil merupakan lampu yang berada di depan mobil. Fog lamp biasanya digunakan sebagai lampu untuk membantu pengemudi saat berkendara dalam kondisi kabut atau hujan.

Biasanya fog lamp mobil memiliki jangkauan sekitar 10 meter dan pancaran sinarnya menyebar. lampu mobil ini efektif untuk membantu penglihatan jarak dekat sehingga kalian bisa lebih waspada pada kondisi jalan, seperti lubang, bahu atau marka jalan.

Fitur lampu mobil ini juga dapat disebut juga dengan  fitur keselamatan dari sebuah mobil juga.  Fog lamp diletakan di bawah agar mencegah kendaraan yang kita kendarai  tidak membuat silau kendaraan lain yang ada disekitar kita.

Oleh sebab itu, maksimalkan fungsi fog lamp mobil dengan mengaktifkannya saat dibutuhkan.

Apa saja jenis-jenisnyauntuk mobil?

  • Fog Lamp Depan

Front fog lamp  atau lampu kabut depan berada di bumper depan pada bagian bawah sisi kanan dan kiri. Sementara rear fog lamp dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang. 

Warna merah pada lampu kabut depan ini berfungsi untuk memberikan cahaya kepada kendaraan yang ada di depan kita untuk mengetahui ada kendaraan lain di belakangnya. Ini juga membantu untuk para pengemudi yaitu kamu dalam berkendara pada kondisi cuaca buruk.

Pencahayaan lampu pada bagian depan bawah juga membuat kendaraan lain agar tidak terasa silau. 

  • Fog Lamp Belakang

Fog lamp belakang berguna untuk membantu pengguna jalan di belakang agar tetap menjaga jarak aman saat berkendara ketika sedang berkabut atau di tengah hujan. 

Rear fog lamp yang berada di bagian belakang mobil memberikan pandangan yang jelas bagi mobil di belakang ke mobil kamu. Dengan begitu, ketika sedang ada cuaca buruk seperti kabut tebal, hujan lebat, dan lain sebagainya, kendaraan lain tau jika ada mobil di belakangnya.

Tapi kamu harus tau jika fitur lampu mobil belakang ini hanya digunakan saat kendaraan kamu berada di kondisi cuaca buruk. Jadi, pada saat cuaca normal, kamu tidak bisa menggunakan rear fog lamp.

Coba kamu perhatikan, letaknya yang sangat terlihat karena dibuat untuk  dapat terlihat jelas oleh pengemudi lain di belakang kendaraan kamu. Saat llampu dinyalakan, cahayanya sangat terang terang dan menyilaukan.

Selain itu, fog lamp belakang biasanya menggunakan simbol setengah lingkaran seperti batok lampu juga. Bedanya, arah 3 sinar lurus ke kanan disertai potongan garis bergelombang.

Pada panel instrumen fog lamp memiliki beberapa warna diantaranya, simbol lampu kabut depan berwarna hijau, sedangkan lampu kabut belakang berwarna kuning. 

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, kamu juga perlu tau fungsi dari fitur lampu mobil yang akan kamu gunakan nanti.

  • Saat Hujan Lebat

Selain bisa digunakan di kondisi berkabut, fog lamp ini juga bisa kamu gunakan saat berkendara di saat hujan deras. Saat hujan pastinya tidak hanya kabut tetapi hujan deras juga bisa mengurangi jarak pandang saat kamu sedang berkendara. 

Kamu bisa menyalakannya saat berkendara untuk bisa membantu pandangan kendaraan lain. Cahaya yang dipancarkan bisa menembus kabut ataupun kondisi seperti hujan dengan sangat baik karena lampu akan menyebar dan meningkatkan visibilitas area sekitar yang dapat dilihat kendaraan yang ada di depan atau belakang kamu..

  • Saat Berkendara di Malam Hari

Selain dihidupkan saat kondisi hujan, kamu bisa menyalakan  lampu kabut saat berkendara di malam hari. Penerangan cahaya ini meningkatkan visibilitas saat berkendara, terutama pada malam hari. 

Fog lamp atau lampu kabut bisa membantu penglihatan kamu saat berkendara dan area sekitar mobil yang kamu kendarai.  Lampu ini memiliki jangkauan pancaran cahaya kurang lebih 10 meter. Jadi kamu bisa melihat kondisi jalan seperti lubang, marka jalan, dan lain-lain.

  • Kebutuhan Mobil Menjadi Maksimal

Seperti yang diketahui, fog lamp terletak di depan dan dibelakang dengan kegunaannya masing-masing. Kamu bisa membeli dan memilih bohlam halogen atau LED kuning. Lampu halogen sendiri dikenal dengan  memberikan penetrasi yang kuat, sedangkan lampu LED memberikan kecerahan tinggi dan penghematan energi.

Dengan kita mengetahui fungsi dari fog lamp yang digunakan, pastinya kamu juga perlu tau cara menggunakan lampu kabut yang baik seperti apa, sih?

Fog lamp memiliki kendali yang berada di dekat setir mobil berbentuk stik kendali. Stik ini berada di kiri dan kanan yang memiliki kendali lampu pada ujung stiknya. Kamu bisa memutar ujung stik kendali untuk menyalakan lampu kabut bagian depan atau belakang. Simbol lampu ini memiliki gambar setengah lingkaran  dilengkapi 3 garis ke arah kiri bawah sebagai penanda sinar lampu kabut.

Nah, di atas merupakan fungsi dan cara menggunakan fog lamp pada kendaraan kamu. Selain mengetahui fungsi dan kegunaan fog lamp, kamu juga perlu melindungi juga kendaraanmu dengan asuransi mobil rekomendasi Cekpremi. Kamu bisa cek laman web Cekpremi untuk tahu asuransi mobil yang tepat untuk kendaraanmu. 

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor.

Apa saja manfaat asuransi mobil?

Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain.