Penyebab dan Gejala Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai

Apr - 26
2021
gejala batu ginjal

Penyebab dan Gejala Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai

Sering merasa nyeri pada pinggang atau sakit perut berlebihan? Yuk kenali gejala batu ginjal yang bisa saja menyerang. Penyakit batu ginjal dikenal juga dengan istilah nefrolitiasis, dimana kondisi saat material keras menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material ini terbentuk dari sisa zat di dalam darah yang disaring oleh ginjal lalu mengendap dan mengkristal seiring waktu. 

Selain di ginjal, batu bisa terbentuk di saluran kemih, ureter, maupun kandung kemih. Batu yang terbentuk di saluran kemih umumnya disebabkan kurang mengkonsumsi cairan. Cairan berfungsi untuk melarutkan mineral di dalam urine.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Penyebab Batu Ginjal 

Batu ginjal terbentuk saat urine mengandung zat pembentuk kristal lebih banyak dibandingkan dengan cairan dalam urine. Pembentukannya dapat terjadi saat tubuh kekurangan zat yang dapat mencegah batu saling menempel. Beberapa kondisi yang dapat memicu pembentukan batu ginjal, antara lain:

  • Dehidrasi
  • Kondisi makanan tinggi protein, garam, dan gula
  • Mengidap masalah pencernaan
  • Obesitas
  • Mengidap infeksi saluran kemih

Pada sebagian besar kasus, pengidap batu ginjal berusia 30–60 tahun. Diperkirakan 15 persen wanita dan 10 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

Gejala Batu Ginjal

penyebab batu ginjal

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa gejala batu ginjal yang kerap dirasakan penderitanya: 

Sakit pinggang, punggung, atau perut 

Penyakit batu ginjal gejala utamanya adalah sakit pinggang atau punggung, tepatnya di bawah tulang rusuk. Rasa sakitnya dapat menjalar sampai ke perut dan selangkangan, seiring perpindahan batu ginjal. Nyeri karena batu ginjal atau kolik ginjal adalah jenis nyeri dengan derajat rasa sakit paling parah. Rasa nyeri penyakit ini mulai terasa parah saat batu ginjal bergerak ke ureter. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penyumbatan dan menimbulkan tekanan di ginjal. Tekanan ini lantas mengaktifkan saraf untuk mengirim sinyal rasa sakit ke otak. 

Sering buang air kecil

Ciri-ciri penyakit batu ginjal yang kerap tidak disadari penderitanya adalah rasa ingin sering kencing. Keinginan sering kencing padahal Anda tidak sedang banyak minum bisa jadi tanda batu ginjal mulai bergerak ke bawah saluran kencing. Dalam tahap ini, penderita batu ginjal bisa sering kencing sepanjang siang dan malam hari. 

Kencing terasa sakit atau panas 

Setelah batu ginjal mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, penderita penyakit batu ginjal bisa merasakan nyeri. Kondisi ini dalam dunia medis disebut disuria. Rasa sakitnya bisa terasa tajam atau panas mirip terbakar. Karena gejala batu ginjal ini mirip penyakit lain, beberapa penderita batu ginjal mengira penyakitnya adalah infeksi saluran kencing. 

Urine keruh atau berbau 

Air seni atau urine yang keruh dan berbau tak sedap bisa jadi tanda infeksi pada ginjal atau saluran kencing. Urine orang sehat umumnya berwarna jernih dan tidak berbau. Air seni bisa jadi lebih keruh karena muncul nanah di dalam urine atau piuria. Sedangkan baunya berasal dari bakteri karena saluran kencing terinfeksi dan konsentrasi urine yang mengandung banyak mineral. 

Ada darah dalam urine

Darah dalam urine adalah ciri-ciri sakit batu ginjal yang paling umum. Kondisi ini disebut hematuria. Darah dalam urine penderita batu ginjal bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat. Terkadang, darah dalam urine ini tak bisa dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya sangat kecil. Keberadaan darah dalam urine hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Buang air kecil sedikit atau anyang-anyangan

Waspada, gejala batu ginjal yang kerap tidak disadari lainnya yakni anyang-anyangan atau keluar kencing sedikit tapi sering. Batu ginjal tak jarang tersangkut di ureter dan menimbulkan penyumbatan. Kondisi ini bisa menghambat aliran kencing.  Jika ada penyumbatan di saluran kencing, buang air kecil jadi tak lancar dan urine hanya bisa keluar sedikit demi sedikit. Saat kencing tidak bisa keluar sama sekali, penyakit batu ginjal tandanya sudah parah dan membutuhkan pertolongan medis darurat. 

Mual dan muntah 

Gejala batu ginjal ini muncul sebagai bagian respons saraf antara ginjal dan saluran kencing. Penyakit batu ginjal ini dapat menyebabkan mual dan muntah karena tubuh mengalami nyeri hebat. 

Demam dan meriang

Demam dan meriang bisa jadi tanda tubuh mengalami infeksi di ginjal atau bagian tubuh lainnya. Ketika suhu tubuh sedang tinggi, seseorang bisa menggigil atau meriang. Penderita batu ginjal yang mengalami demam dan meriang, umumnya sudah mengalami komplikasi serius karena batu ginjal. 

Cara mengatasi sakit pinggang akibat batu ginjal:

  • Minum obat anti nyeri
  • Banyak mengkonsumsi air putih
  • Banyak bergerak

Lebih baik sedia payung sebelum hujan, bukan? Yuk, lindungi kesehatanmu dengan progran asuransi kesehatan yang bisa mngcover semua biaya rumah sakit dan obat. Dapatkan penawaran asuransi terbaik terbaik hanya di cekpremi.com.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *