Ground Clearance, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

ground clearence

Ketika memasuki musim hujan, para pengemudi kendaraan khususnya mobil akan menghadapi tantangan berupa genangan air atau bahkan banjir. Agar dapat menghindari atau mengatasi genangan air tersebut, maka ground clearance harus diperhatikan dengan baik.

Sebelum membahas lebih seberapa penting ground clearance, kamu harus memahami konsep dasar ground clearance terlebih dahulu. Lalu, apa yang dimaksud dengan ground clearance?

Asuransi Mobil

Pengertian Ground Clearance

Ground clearance adalah jarak terendah dari komponen mobil ke permukaan jalan atau tanah. Komponen mobil yang dimaksud yaitu selain ban atau footstep, karena ban adalah satu-satunya komponen yang menyentuh permukaan jalan.

Titik terendah komponen mobil yaitu kolong mobil. Jadi kamu harus memperhatikan jarak antara kolong mobil dengan permukaan jalan, karena dapat berpengaruh terhadap performa mobil.

Jika jarak ground clearance terlalu tipis, maka bagian kolong mobil dapat membentur tanjakan atau polisi tidur. Hal lain yang dapat terjadi jika ground clearance rendah adalah mobil dapat berisiko terkena banjir, atau air banjir dapat masuk ke dalam mobil.

Namun, apakah dengan memiliki ground clearance yang tinggi dapat dikatakan baik? Ground clearance yang terlalu tinggi juga ternyata tidak baik. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari ground clearance.

Kelebihan dan Kekurangan dari Ground Clearance

Sebelum membeli mobil impian, ada baiknya untuk memperhatikan ground clearance. Apakah ground clearance yang ada pada mobil pilihanmu sudah sesuai atau tidak.

Kelebihan:

  1. Jika ground clearance tinggi, dapat membuat mobil terhindar dari potensi terbentur akibat batu, kerikil, atau jalanan yang tidak rata. Sehingga mobil dapat lebih aman untuk dikendarai.
  2. Ground clearance tinggi cocok untuk pengendara yang harus mengangkut penumpang atau barang dengan jumlah yang banyak. Hal itu dikarenakan, agar bagian bawah mobil tidak bergesekan dengan permukaan jalan, sehingga membuat mobil lebih aman.
  3. Tidak perlu khawatir berbenturan dengan polisi tidur, karena jarak bagian bawah mobilmu dengan permukaan jalan yang tinggi dapat membuat kamu berkendara dengan nyaman.
  4. Kamu dapat melewati berbagai jalan dengan aman dan nyaman. Tidak perlu khawatir akan berbenturan dengan jalan, karena mobilmu dapat melewati berbagai  medan jalan.

Kekurangan:

  1. Jika ground clearance terlalu tinggi dapat membuat mobil mudah limbung, atau jika kamu melewati tikungan akan sangat terasa miring.
  2. Dapat membuat mobilmu kurang stabil, karena ground clearance yang tinggi membuat titik gravitasi juga seakan lebih tinggi.
  3. Mobil dapat dengan mudah terguling jika ground clearance terlalu tinggi. Khususnya ketika kamu sedang berada pada kecepatan yang tinggi, dan terkena angin dari samping.

Jika kamu pernah melihat mobil balap dengan jenis sedan, mobil tersebut dapat lebih bertahan dan kuat karena menggunakan model sedan yang ground clearance nya rendah. Sehingga tidak akan mudah terguling, terpelintir, atau terasa limbung jika dalam posisi kecepatan tinggi dan mendapat tekanan angin dari samping.

Meskipun mobil memiliki aerodinamis, namun dengan ground clearance yang lebih tinggi akan kalah dibanding mobil jenis sedan. Karena daya cengkram ban pada permukaan jalan yang lebih tipis dibanding mobil yang memiliki ground clearance rendah.

Selain mempertimbangkan komponen mesin dan jenisnya, kamu dapat memperhitungkan ground clearance pada mobil yang akan kamu beli. Karena keamanan dan kenyamanan saat berkendara adalah hal terpenting.

Agar kamu dapat lebih merasa aman ketika berkendara, menggunakan asuransi adalah pilihan terbaik. Kunjungi Cekpremi untuk rekomendasi asuransi terbaik yang dapat kamu pilih.

Pertanyaan Seputar Ground Clearance

Menggunakan ground clearance yang tinggi tidak selamanya memiliki arti yang baik. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang muncul terkait ground clearance, yaitu:

Berapa ground clearance sedan?

Pada umumnya, mobil sedan memiliki ground clearance yaitu 170-180 mm.

Berapa ground clearance pada mobil SUV?

Mobil SUV memiliki ground clearance rata-rata yaitu 180-200 mm.