Mobil Matic Ngelos, Ini Penyebabnya

matic ngelos

Beberapa pengemudi mobil dengan transmisi matic memiliki beberapa permasalahan, salah satunya yang sering terjadi yaitu mobil matic ngelos.

Transmisi yang slip atau ngelos pada dasarnya bukan suatu hal yang besar, namun dapat mengganggu kamu saat berkendara. Selain itu permasalahan ini tidak dapat kamu biarkan begitu saja.

Lalu, apa penyebab mobil matic menjadi slip? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

6 Penyebab Mobil Matic Ngelos

  • Kekurangan Oli

Mobil yang menggunakan transmisi otomatis sangat bergantung pada oli. Sehingga terjadi banyak permasalahan ketika oli yang digunakan pada mobil matic kurang atau bahkan tidak kental.

Hal yang terjadi jika oli mesin kurang dapat menyebabkan pelumasan menjadi berkurang, sehingga komponen lainnya menjadi lebih cepat panas dan aus. Selain oli mesin yang kurang, hal ini juga dapat terjadi jika kamu tidak melakukan perawatan yang teratur.

  • Permasalahan Pada Clutch dan Brake

Kedua komponen ini bekerja secara hidrolik, dan terhubung dengan planetary gear. Komponen clutch dan brake akan bekerja dengan mengunci serta mengatur planetary gear agar sesuai dengan gear rasio yang kendaraan butuhkan.

Permasalahan yang dapat terjadi pada kedua komponen ini adalah aus atau gosong. Jika keduanya bermasalahan, dapat mengakibatkan planetary gear tidak terkunci, dan tidak dapat menghasilkan gear rasio yang dibutuhkan oleh mobil.

  • Kerusakan Pada Torque Converter

Torque converter merupakan bagian yang ada pada transmisi otomatis, dan berfungsi untuk meneruskan tenaga putar dari mesin menuju transmisi. Komponen torque converter ini bekerja dengan menggunakan tenaga hidrolik, agar dapat memutar input shaft transmisi.

Jika torque converter mengalami kerusakan, dapat mengakibatkan tenaga dari mesin tidak dapat tersalurkan ke shaft transmisi. Sehingga perputaran hanya terjadi di bagian torque converter saja, dan membuat mobil menjadi ngelos.

  • Tersumbatnya Oil Line Pressure

Oil line pressure dapat rusak atau tersumbat karena oli transmisi yang kotor atau tidak dilakukan penggantian dalam waktu yang lama. Sehingga nantinya lubang kecil yang terdapat didalamnya dapat dimasuki kotoran dan terbawa oleh oli.

Hal tersebut dapat mengakibatkan kotoran yang dibawa oleh oli menyumbat oil line pressure yang telah terhubung dengan komponen clutch dan brake pada transmisi otomatis. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mobil matic menjadi slip atau ngelos.

  • Permasalahan Pada Solenoid Matic

Solenoid matic diatur oleh Transmission Control Module (TCM), dan umumnya dipasang pada jalur oil line pressure yang berguna untuk mengatur tekanan dan jumlah aliran oli yang mengalir.

Jika terjadi permasalahan pada bagian ini, hal yang dapat terjadi yaitu tekanan pada oil line menjadi terganggu. Sehingga berdampak pada kinerja clutch dan brake, kemudian mengakibatkan planetary gear tidak dapat berputar dengan seharusnya.

  • Permasalahan Pada TCM (Transmission Control Module)

TCM bekerja dengan cara komputerisasi sebagai unit pengendali kerja pada transmisi. Kemudian TCM terhubung dengan ECM (Engine Control Module).

Cara kerja dari TCM yaitu, TCM akan melakukan analisa data dari sensor yang ada pada transmisi otomatis dan sensor dari ECM, yang kemudian memberikan perintah actuator atau solenoid matic dalam mengatur gear rasio yang kamu butuhkan.

Jika pada TCM terjadi permasalahan yang dapat kamu lihat jika indikator AT menyala. Maka data dari sensor tidak dapat ditangkap, dan mengakibatkan mobil matic ngelos.

Kamu dapat menghindari keenam hal yang menjadi penyebab mobil matic ngelos, salah satunya dengan rutin melakukan pemeriksaan kondisi mobil. Jika komponen mobil rusak, tentu kamu akan merasakan kerugian, seperti mobil yang tidak dapat berfungsi semestinya, atau dapat mengakibatkan kecelakaan.

Sehingga untuk mengantisipasi hal yang akan terjadi, kamu dapat menggunakan asuransi. Berbagai pilihan asuransi dapat kamu temukan melalui Cekpremi, pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki pelayanan terbaik.

Pertanyaan Seputar Mobil Matic Ngelos

Mobil matic yang ngelos adalah kondisi yang seringkali dialami oleh pengendara mobil matic. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang seringkali muncul terkait mobil matic, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Bagaimana cara memperbaiki transmisi otomatis?” answer-0=”Kamu dapat menguras oli transmisi, melepas komponen dan membersihkannya. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa lama waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi pada mobil matic?” answer-1=”Biasanya pihak bengkel akan menyarankan untuk mengganti oli transmisi matic setiap interval 15.000 km, dan untuk pengurasan oli secara menyeluruh dilakukan tiap 50.000 km. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]