Hari Guru Nasional, Sosok “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”

Image Source katamotivasi123.blogspot.com
Image Source katamotivasi123.blogspot.com

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru,

Namamu akan selalu hidup dalam sanubari ku,

Semua baktimu akan ku ukir didalam hatiku,

Sebagai prasasti terima kasihku,

Tuk pengabdianmu.

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan,

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan,

Engkau patriot pahlawan bangsa,

Tanpa tanda jasa …

Sosok yang biasa kita sebut sebagai seorang guru, merupakan sosok yang sangat mulia. Baktinya menempuh perjuangan dalam membina, mendidik dan mempersiapkan calon penerus bangsa, menjadikannya sebagai sosok pahlawan. Orangtua kedua kita di sekolah inilah pahlawan tanpa tanda jasa. Namun, masih relevankah ungkapan itu kita sandangkan pada mereka? Mengingat zaman sekarang ini, telah banyak kasus yang menurunkan tingkat derajat seorang guru.

Di zaman yang semakin susah ini, orang tidak akan mampu hidup hanya dengan sanjungan dan pujian. Gelar “pahlawan tanpa tanda jasa” tidak akan mampu memberi hidup yang layak bagi mereka, bahkan justru membebani. Yang dibutuhkan bukan sekadar sanjungan atau pujian atau gelar. Namun, lebih pada perhatian dan penghargaan atas suatu pengabdian yang begitu luar biasa.

Tidak salah memang anggapan yang menyatakan bahwa guru saat ini bukan lagi pahlawan tanpa tanda jasa tetapi sudah berubah menjadi pahlawan dengan tanda jasa. Mengingat banyak juga oknum-oknum guru yang memandang anak didiknya sebagai lahan dalam menghasilkan uang demi kepentingan mereka sendiri. Bahkan tak jarang biaya sekolah pun menjadi sangat mahal yang secara otomatis akan menyeleksi orang-orang yang tidak mampu dalam membayar uang sekolah.

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa dengan tanda jasa yang diterimanya guru sudah tidak layak menyandang status sebagai “pahlawan” karena pahlawan tidak pernah meminta apalagi menuntut tanda jasa. Pahlawan diartikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, pejuang yang gagah berani. Dari pengertian tersebut maka memang sudah sewajarnya jika kebanyakan orang menganggap bahwa guru saat ini kurang tepat jika disebut sebagai pahlawan.

Kemudian yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah di manakah posisi guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa? Apakah karena mereka kian membantu memberikan jawaban Ujian Nasional kepada anak didiknya? Atau mereka yang lebih suka memakan gaji buta tanpa memberikan pelajaran kepada muridnya? Dan serta masih banyak lagi.

Guru adalah sebuah profesi di bidang pendidikan. Peran guru memang penting demi kemajuan bangsa yang dimulai dari bidang pendidikan hingga bidang-bidang yang lainnya. Terlepas dari pandangan tepat tidaknya predikat “pahlawan tanpa tanda jasa” tersebut, masih banyak hal lain yang bisa diambil hikmahnya dari tugas seorang guru.

Peran moral dan sosial adalah salah satu hal yang tak lepas dari guru. Ketika seseorang telah berkomitmen untuk menjadi seorang guru, maka dia juga harus siap untuk menjadi teladan bagi murid-muridnya, baik dari segi pengetahuan ataupun akhlaknya. Selain itu, dia juga harus bisa mewariskan cita-cita luhur para pahlawan bangsa, yang telah gugur, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertera di Undang-Undang Dasar 1945.

Oleh karena itulah kita juga harus yakin bahwa tak semua guru pada zaman seperti saat ini hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja. Masih banyak sekali orang-orang yang berprofesi sebagai guru dan tetap menjalankan amanahnya sebagai pribadi yang ikhlas dalam mengamalkan ilmunya bahkan rela menghabiskan waktu mereka demi mendapatkan anak didik yang cerdas dan berguna bagi nusa dan bangsa. Selamat Hari Guru Nasional. Sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, kalian akan selalu kami kenang.

 

Cekpremi
Portal Asuransi Online Terlengkap

 

 

Related Post

Pahlawan Yang Terlupakan 10 November Memperingati ... imagesource : veteranindonesia Hari ini tepatnya tanggal 10 november 2015 adalah tepat hari pahlawan.  Artinya sudah 70 tahun negara kita merdeka te...
Tips Sebelum Memilih dan Membeli Jas Hujan Hujan pun sudah mulai turun hampir setiap hari, tandanya musim penghujan sudah mulai tiba sudah pasti kita harus mempersiapkan segala-galanya terutama...
Beli Asuransi di Cekpremi Gak Pake Ribet Portal asuransi online hadir memberikan untuk mengubah perspektif masyarakat luas tentang asuransi. Karena selama ini banyak masyarakat yang beranggap...

Leave a Reply

November 25, 2015

Posted In: Hot News, Inspirational, Intermezzo

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami