Tak Perlu ke Bengkel, Ini 6 Cara Memperbaiki Body Mobil Lecet di Rumah!

cara menghilangkan baret

Last Updated on January 31, 2022 by Rhandy Verizarie

Mobil yang baru keluar dari dealer pasti memiliki body mulus dan kinclong, namun ketika sudah digunakan untuk aktivitas harian, bisa muncul goresan dan lecet pada bagian bodi. Munculnya lecet ini bisa karena benturan atau mungkin karena usia pakai mobil yang sudah lama. Kalau masih sedikit dan tidak terlalu berat, Anda bisa menerapkan cara memperbaiki body mobil yang lecet di rumah berikut ini. Yuk, disimak!

Cara Memperbaiki Body Mobil Lecet di Rumah

memperbaiki body mobil lecet

1. Hilangkan Goresan Pakai Air

Sebelum memutuskan barang apa yang digunakan, Anda perlu memeriksa kondisi goresan tersebut. Kadang goresan tersebut ternyata hanya tonjolan atau debu yang menempel dan mengeras. Cara mengetahui seberapa parah goresan di mobil yaitu dengan melihat kedalamannya.

Apabila sampai terlihat warna perak khas besi atau logam maka goresan tersebut termasuk dalam dan mungkin lebih sulit diperbaiki di rumah. Jika hanya kotoran, bisa dihilangkan  cukup dilap saja dengan kanebo basah.

2. Mengoleskan Obat Nyamuk

Selain untuk mengusir nyamuk, ternyata obat nyamuk bisa dipakai untuk mengusir goresan lho. Walaupun terdengar nyeleneh, tapi penggunaannya bisa dicoba saat keadaan darurat karena sifatnya cukup keras. Caranya dengan mengoleskan obat nyamuk ke bagian yang lecet dan biarkan selama 10-20 detik. Setelah itu, gunakan air untuk membasahi daerah yang lecet tersebut dan segera keringkan.

3. Menghilangkan dengan Menggunakan Kompon

Bahan ini adalah salah satu krim ajaib untuk menghilangkan goresan pada mobil. Krim ini terbuat dari bahan kimia yang ampuh untuk baret ringan. Anda dapat menggunakan kompon berwarna putih yang memiliki daya kikis sangat kuat. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan bagian yang tergores dengan air untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel dan keringkan. Kemudian poles bagian yang tergores menggunakan kompon poles. Supaya tidak cepat mengering, oleskan dengan cepat. Setelah bagian baret sudah bersih, bilas menggunakan air lalu keringkan.

BACA JUGA: Ini 6 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet yang Benar

4. Mengoleskan Pasta Gigi

Krim ajaib lainnya yang bisa digunakan dan mudah dicari adalah pasta gigi. Perlu diingat, cara ini hanya efektif untuk goresan ringan. Sebelum menggunakan pasta gigi, pastikan terlebih dahulu mobil dalam keadaan bersih. Kemudian siapkan kain lembut yang dibasahi dengan air. Setelah itu tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan seberapa lebarnya goresan yang ada. Gosok bagian mobil yang baret hingga merata dengan gerakan melingkar hingga merata. 

3. Menggunakan Minyak Rem

Cara memperbaiki body mobil yang lecet bisa juga dengan minyak rem. Caranya dengan menuang minyak rem ke kanebo kering. Kemudian oleskan ke permukaan mobil yang baret secara merata. Setelah selesai melakukan pemolesan, mobil dapat dibersihkan dengan air seta di lap menggunakan kanebo yang kering. 

4. Menggunakan Tipe Wax

Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu tipe wax bentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya yang bersifat abrasif. Ketika menggunakan wax cair, Anda harus berhati-hati karena jika menggosoknya terlalu keras, maka akan menyebabkan goresan semakin bertambah. Sedangkan untuk wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk Anda gunakan.

5. Cat Ulang Body Mobil

Jika lecet yang terjadi pada mobil cukup dalam, Anda perlu melakukan pengecatan ulang pada mobil. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau jika takut gagal bisa membawanya ke bengkel yang ahli. Ketika akan melakukannya pengecatan mobil sendiri (insert), Anda perlu berhati-hati karena bisa berpengaruh pada keseluruhan warna mobil.

Demikian penjelasan singkat tentang cara memperbaiki body mobil lecet dengan mudah dan murah. Bahkan beberapa barang-barang tersebut pasti ada di dalam rumah. Tentunya selama pengerjaan harus tetap berhati-hati ya! 

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal pada mobil, tambahkan asuransi mobil yang bisa Anda dapatkan di CekPremi.Com 

About Titi Setianing R

a storyteller

View all posts by Titi Setianing R →