Ini Dia 6 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet yang Benar

cara klaim asuransi mobil lecet

Mobil yang lecet tentunya membuat mobil tidak hanya enak untuk dipandang, tapi juga menyebabkan harga jual mobil akan semakin turun. Masalahnya, biaya untuk servis mobil lecet biasanya relatif mahal. Namun, tentunya bagi Anda yang sudah mendaftarkan mobil ke asuransi tidak perlu khawatir lagi karena Anda bisa klaim biaya servis mobil sehingga beban perbaikan bisa sedikit berkurang. Nah, simak cara klaim asuransi mobil lecet yang benar berikut ini,yuk!

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Mengajukan klaim asuransi mobil lecet tidak sulit, kok.Asalkan, Anda mempersiapkan segala sesuatunya dan mengikuti prosedur. Berikut ini langkah-langkah klaim manfaat asuransi mobil lecet

1. Persiapkan Dokumen

Pastikan kalian sudah memegang dokumen berikut sebelum menghubungi pihak asuransi:

  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi polis asuransi
  • Form klaim asuransi
  • Surat keterangan dari polisi jika mobil lecet karena kecelakaan

2. Hubungi Kantor Asuransi

Jika kalian ada waktu luang, maka kalian bisa mendatangi langsung cabang kantor asuransi yang terdekat. Bisa juga jika via telefon, pastikan kalian sudah menyiapkan semua dokumen yang sudah disebutkan diatas agar proses klaim berjalan lancar.

3. Berikan Foto Kondisi Mobil

Biasanya pihak asuransi akan meminta foto kondisi mobil kalian terkini. Berikan foto mobil dengan jujur agar klaim kalian tidak ditolak.

4. Isi Formulir Pengajuan Klaim

Jika semua dokumen dan foto kondisi mobil terkini sudah diberikan maka isi formulir dengan selengkap-lengkapnya. Terutama pada bagian penyebab kerusakan harus kalian ceritakan serinci mungkin.

5. Siapkan Dokumen Pihak Ketiga Bila Perlu

Kalau kerusakan yang dialami oleh mobil disebabkan oleh pihak ketiga, maka kalian harus membawa dokumen khusus. Tenang saja pihak asuransi akan membimbing kalian kok saat meminta dokumen ini ke pihak ketiga.

6. Servis Mobil di Bengkel Rekanan Asuransi

Jika klaim kalian sudah disetujui, langsung datangi bengkel yang sudah menjadi rekanan asuransi. Isi formulir yang disediakan oleh bengkel, dan mobil lecet kalian pun akan segera langsung diperbaiki tanpa perlu kalian keluar biaya sepeserpun.

BACA JUGA: Cermati 6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar dapat Mobil Berkualitas!

Penyebab Klaim Asuransi Mobil Lecet Ditolak

Berikut adalah penyebab umum yang membuat klaim asuransi mobil lecet kalian ditolak:

  • Pembayaran premi yang menunggak
  • Kerusakan sudah terjadi sebelumnya
  • Mobil rusak karena kecerobohan kalian sendiri
  • Polis belum aktif
  • Kerusakan yang disengaja
  • Dokumen tidak lengkap
  • Aksesori tambahan di mobil tidak dilaporkan

Lindungi Mobil Kesayangan dengan Asuransi Terbaik

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di CekPremi.Com!