Hal Berikut Ini Dapat Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh Anda

Metabolisme
Image Source tribunnews.com

Jika anda sedang diet, maka apa saja yang harus anda lakukan demi kelancaran diet anda ? Terutama buat anda yang sedang menjaga berat badan, tentu dibutuhkan pembakaran kalori yang juga lancar. Walaupun hal tersebut tergantung dari tubuh anda sendiri, namun meningkatkan metabolisme merupakan salah satu hal penting saat anda sedang diet, atau menurunkan berat badan.

Secara ilmiah, pria cenderung membakar kalori lebih banyak dibanding wanita. Bahkan saat sedang tidak melakukan aktivitas sekalipun. Akan tetapi memang ada beberapa orang yang memiliki metabolisme lebih cepat, dan mulai melambat saat memasuki usia 40 tahun.

Jangan khawatir, anda tidak dapat mengubah kodrat jenis kelamin anda sebagai wanita atau laki-laki hanya karena masalah metabolisme. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan metabolism dalam tubuh, seperti yang dikutip dari kompas.com berikut ini :

1. Membentuk Otot

Tingkat metabolisme yang tinggi dapat ditemukan pada orang yang memiliki otot lebih banyak, bahkan dalam keadaan santai dan beristirahat sistem metabolismenya masih tetap terjaga. Kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk otot tersebut dapat meningkatkan proses metabolism, karena setiap 0,5 kg otot membutuhkan 6 kalori untuk mempertahankan diri. Sementara itu setiap 0,5 kg lemak hanya dapat membakar kalori sebanyak 2 perhari. Jadi dengan anda melakukan kegiatan untuk membentuk otot, maka metabolisme harian anda meningkat.

2. Olahraga

Saat seseorang berolahraga maka seluruh tubuh menjadi aktif bergerak, dengan begitu proses metabolisme dalam tubuh anda akan semakin cepat. Walaupun jenis olahraga yang anda lakukan mungkin tidak membentuk otot yang besar. Semakin tinggi intensitas olahraga anda, maka semakin tinggi juga proses metabolisme dalam tubuh anda. Bila anda ingin melakukannya dengan rutin anda dapat mengikuti kelas intens dalam gym, atau dengan cara sederhana seperti jogging singkat saat berjalan kaki.

3. Menjaga Hidrasi Tubuh

Proses metabolisme tidak akan berjalan dengan baik bahkan terhambat jika tubuh anda mengalami dehidrasi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang dewasa membutuhkan setidaknya delapan gelas air putih bahkan lebih untuk membakar kalori lebih banyak, dan menghindarkan mereka dari dehidrasi.

4. Memilih Camilan Yang Tepat

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui bahwa makan dapat menambah berat badan kita. Namun ternyata tidak hanya itu, makan juga dapat menurunkan berat badan. Saat anda makan dalam asupan yang cukup banyak maka dalam interval beberapa jam metabolisme akan terhambat diantara jam makan tersebut. Lalu apa kaitannya dengan proses metabolisme ? Ngemil atau makan dengan porsi yang sedikit setiap 3 atau 4 jam sekali dapat membantu menjaga proses metabolisme anda, sehingga kalori yang terbakar dalam satu hari akan lebih banyak.

5. Menambah Asupan Protein

Saat tubuh kita mencerna protein, maka ada banyak kalori yang terbakar. Berbeda jika tubuh anda mencerna lemak atau karbohidrat. Dalam pola makan 4 sehat 5 sempurna, protein masuk ke dalam daftar menu yang harus dikonsumsi setiap harinya. Jadi meningkatkan metabolisme juga dapat dilakukan dengan memperbanyak asupan protein ketimbang karbohidrat. Pilih makanan yang kaya akan protein namun dengan kadar lemak yang rendah, makanan tersebut dapat anda temukan melalui makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu , dsb. Atau anda dapat juga mengkonsumsi daging tanpa lemak, kalkun, ikan, daging ayam, dan produk susu low fat (rendah lemak).

 

Metabolisme
Yukkk antisipasi resiko kesehatan dengan asuransi kesehatan. Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 21, 2015

Posted In: Health, Tips & Tricks

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami