Hal Yang Harus Dilakukan Jika Mobil Terendam Banjir

Terendam Banjir
Image Source commons.wikimedia.org

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang syarat daftar asuransi banjir (baca : Ini Dia Syarat Daftar Asuransi Banjir) maka kali ini kita akan memberikan tips jika mobil anda terjebak banjir. Bencana banjir memang tidak bisa diprediksi, namun kita harus tetap waspada apabila hujan yang mengguyur sangat lebat dan berlangsung lebih dari satu jam.

 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Bisa dipastikan untuk orang yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya akan ditemukan genangan air di beberapa jalan. Lalu apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba secara tidak sengaja kita melintasi daerah banjir, atau wilayah yang kita lewati mulai tergenang dengan air akibat hujan yang tidak kunjung reda. Apabila air terus meninggi dan mulai menyentuh mobil anda maka yang akan terjadi selanjutnya adalah mogoknya mobil yang anda kendarai. Berikut ini tips hal yang harus dilakukan jika mobil terendam banjir.

 

Pertama

Di dalam mobil terdapat komponen yang mengaliri arus listrik dari accu (aki), jadi untuk menghindari arus pendek listrik segera lepaskan kabel negatif yang terhubung dengan accu. Hal tersebut juga bertujuan agar komponen lain di dalam mobil anda tidak rusak akibat korsleting.

 

Kedua

Jika dirasa memungkinkan dan tempat ada tempat yang memadai untuk mengevakuasi mobil anda ketempat yang lebih tinggi, anda bisa memindahkan mobil dengan cara mendorongnya. Jangan coba untuk menghidupkan mesin, karena hal tersebut hanya kan menyebabkan air banjir terhisap masuk ke dalam mesin mobil.

 

Ketiga

Hindari melekatnya kanvas rem mobil dengan cara menonaktifkan rem parkir lalu gunakan batu, atau masukan perseneling ke gigi 1 jika transisi mobil anda manual atau posisi P untuk mobil dengan transisi matic.

 

Keempat

Mobil yang terendam banjir mengakibatkan tercampunya oli atau minyak dengan air. Jadi sebaiknya kuras semua oli atau minyak mobil anda dang anti dengan yang baru.

 

Kelima

Segera bawa kendaraan anda ke dealer atau bengkel resmi, namun anda dapat melakukan hal tersebut jika memang kondisinya memadai. Hal tersebut harus dilakukan guna menghindari kerusakan mesin mobil yang lebih parah lagi, terutama bagi mobil yang sudah menggunakan ECU akan sangat sensitif dan bisa mengalami kerusakan total jika sudah terendam banjir.

 

Keenam

Jika mobil anda menggunakan asuransi dengan perluasan jaminan banjir, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi perushaan asuransi terkait. Apalagi jika penyebabnya bukan dari kesalahan anda sendiri, maka klaim asuransi mobil anda bisa cair.

 

Terendam Banjir
Cek asuransi mobil terbaik anda mulai harga termurah (klik gambar)

Related Post

Leave a Reply

February 17, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami