Jangan Heran, Jika 5 Hal ini Tidak Dijamin oleh Asuransi Mobil

Jan - 28
2021
Cara Hitung Premi Asuransi Mobil

Jangan Heran, Jika 5 Hal ini Tidak Dijamin oleh Asuransi Mobil

Tidak memahami isi polis asuransi mobil secara detail sering kali menjadi faktor utama permasalahan yang timbul antara nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi. Padahal semua manfaat serta pengecualian klaim sudah tertera dengan jelas di dokumen. Jadi, alangkah baiknya jika pada saat membeli asuransi mobil jangan hanya membaca bagian manfaatnya saja tetapi juga hal-hal yang tidak dijamin oleh asuransi mobil ketika melakukan klaim. 

Untuk itu, pada artikel kali ini Cekpremi.com akan menjelaskan 5 hal yang biasanya tidak dijamin oleh asuransi mobil. Jadi, jangan heran jika suatu saat klaimmu ditolak karena hal ini.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

 

Kerusakan mobil akibat huru-hara dan bencana alam

Banyak nasabah asuransi mobil yang beranggapan bahwa asuransi mobil juga menjamin kerusakan akibat bencana alam seperti mobil atau kejadian huru-hara. Padahal dengan asuransi mobil standar, nasabah tidak akan mendapatkan jaminan manfaat tersebut. 

Nasabah harus meminta jaminan perlindungan tambahan, yang berarti harga premi juga sedikit lebih mahal agar bisa mendapatkan perlindungan tersebut. Jadi, jika asuransi mobilmu belum diberi perluasan jaminan tambahan, jangan heran jika saat mobil rusak akibat bencana alam, klaim ditolak oleh pihak asuransi.

 

Kerusakan/kehilangan mobil akibat kelalaian sendiri

Mobil yang mengalami kerusakan atau kehilangan klaimnya juga bisa ditolak apabila penyebabnya adalah karena kelalaian pengemudi. Misalnya kamu parkir sembarangan, lalu mobilmu mengalami kerusakan karena tergesek dengan kendaraan lain atau bahkan mobil sampai hilang dicuri orang. Jika saat ingin melakukan klaim dan diteliti oleh pihak asuransi dan diketahui bahwa penyebabnya karena kelalaian diri sendiri, maka klaim asuransimu kemungkinan besar bisa ditolak. Makanya, penting bagi kamu untuk lebih memperhatikan kondisi mobilmu.

 

Mobil digunakan untuk kegiatan komersial

Jika kamu mengasuransikan mobilmu untuk penggunaan pribadi, tapi mobilmu malah digunakan untuk kegiatan komersial seperti dijadikan taksi online, rental mobil, atau mobil antar jemput, kemudian mobilmu mengalami kerusakan atau kehilangan saat mobilmu digunakan untuk kegiatan komersial tersebut, maka jangan kaget kalau klaim asuransi mobilmu akan langsung ditolak oleh pihak asuransi. 

 

Kehilangan barang pribadi yang ada di dalam mobil

Mobil yang mengalami kerusakan akibat dirusak atau dibobol pencuri tentu akan ditanggung kerugiannya oleh perusahaan asuransi mobil. Namun, kerugian karena barang pribadi yang hilang di dalam mobil seperti laptop, handphone, dompet, atau barang berharga lainnya adalah hal yang tidak dijamin oleh asuransi mobil melainkan merupakan tanggung jawab pemilik mobil itu sendiri. Untuk menghindari hal ini terjadi, disarankan untuk tidak meninggalkan barang-barang berhargamu di dalam mobil.

 

Aksesoris-aksesoris mobil tambahan

Asuransi mobil tidak akan menjamin aksesoris-aksesoris mobil yang tidak standar seperti sound system, velg non-standar, dan lain-lain. Jadi, apabila mobil mengalami kerusakan atau hilang, aksesoris tambahan yang sebelumnya memang tidak dilaporkan ke pihak asuransi mobil tidak akan dijamin kerugiannya. Supaya aksesoris non-standar pada mobilmu bisa dijamin oleh pihak asuransi, kamu harus melaporkannya terlebih dahulu dan diperkirakan apakah dengan adanya aksesoris tersebut harga premi perlu ditambahkan atau tidak.

Saat membeli asuransi, baik asuransi mobil ataupun asuransi yang lain, selalu pastikan kamu membaca dan memahami dokumen polis secara rinci seperti apa saja manfaat asuransi dan hal apa saja yang tidak dijamin oleh asuransi mobil yang kamu beli. Jangan sampai kamu melewati pengecualian jaminan yang sudah tertera di dalam polis. Konsultasikan juga kebutuhan asuransimu bersama Cekpremi.com, karena ada para insurance specialist berpengalaman yang bisa bantu kamu menemukan produk asuransi terbaik.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *