Hari Anak-Anak Sedunia: Menekankan Pentingnya Memperhatikan Hak Asasi Anak

Hari anak sedunia

Anak-anak adalah sebuah harta yang berharga, bukan hanya bagi ibu dan bapaknya, tapi juga bagi dunia. Mengapa? Karena masa depan dunia bergantung pada tangan anak-anak tersebut. Ya, anak adalah masa depan bangsa. Kepada anak-anaklah nantinya diturunkan apa-apa saja yang telah dibangun, dan oleh anak-anak lah kesemua itu dikembangkan dan berjatuh tangan: apakah menjadi lebih baik atau malah sebaliknya.

Pentingnya peran anak ini jugalah yang membuat beberapa orang (mungkin termasuk Anda sendiri) bertanya-tanya “Mengapa masih ada saja yang memperlakukan anak-anak dengan tidak baik?”. Jawabannya adalah “Karena masih ada beberapa pihak yang tidak peduli dan tidak bertanggung jawab terhadap anak-anak.”

Seperti yang sering kita baca, lihat, atau dengar di berita, banyak orang yang memperlakukan anak dengan tidak baik. Mereka menyiksa, menganiaya, dan bahkan melakukan perbuatan yang lebih keji lagi kepada anak-anak, dan yang lebih mirisnya lagi adalah ketika yang melakukan hal-hal tersebut adalah orang terdekat anak-anak itu sendiri seperti orang tuanya. Selain tindak kekerasan pada anak, banyak juga hak-hak anak yang dirampas seperti hak menuntut ilmu dan bermain, di saat dunia anak-anak seharusnya tidak jauh-jauh dari seputar kedua hal itu, beberapa anak yang kurang beruntung malah sudah harus berkerja mencari nafkah, seperti yang sering kita lihat di jalan-jalan.

Kabar baiknya, sudah banyak juga orang yang memeperhatikan hak dan kesejahteraan anak. Terbukti dengan didirikannya komisi perlindungan anak dan adanya Hari Anak-Anak Sedunia. Seluruh belahan dunia memang memmpunyai tanggalnya sendiri dalam memperingati hari anak-anak, tapi secara universal, hari anak-anak sedunia jatuh pada tanggal 20 November, yang merupakan ketetapan dari UNICEF yang merupakan sebuah organisasi resmi milik PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Adanya tanggal peringatan resmi mengenai Hari Anak-Anak sedunia ini menandakan betapa segala usaha sudah diupayakan oleh mereka (dan sudah sepatutnya kita) yang sadar akan pentingnya memperhatikan masa depan anak-anak.

Setiap orang pasti pernah mengalami fase anak-anak, jadi sangat disayangkan bila tidak mempunyai kepedulian terhadap anak-anak. Bukankah sanghat miris ketika kita melihat berita-berita mengenai kekerasan pada anak-anak itu atau ketika kita melihat di pinggiran jalan atau di emperan toko, bahwa anak yang masih sangat kecil sudah harus berkerja mencari nafkah dengan mengamen, meminta-minta, ojek payung, dan sebagainya ketika mereka seharusnya berada di dalam sekolah untuk belajar dan bermain? Tidak hanya itu, tindakan yang lebih sadis terhadap anak-anak juga kerap terjadi. Hal-hal seperti itulah yang menbuat kesadaran akan pentingnya hak asasi anak itu perlu ditingkatkan, dan salah satunya adalah dengan memperingati hari anak-anak.

Kegiatan yang biasa dilakukan dalam memperingati hari anak-anak ini bermacam-macam. Di Indonesia sendiri, hari anak-anak biasa diperingati dengan mengadakan berbagai macam perlombaan untuk anak-anak dan memberikan seminar serta semacamnya mengenai pentingnya melindungi anak-anak.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 20, 2016

Posted In: Hot News, Inspirational

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami