Hari Dokter Nasional: Mempertanyakan Kualitas Kesehatan Indonesia

Hari Dokter Nasional

Setiap orang di dunia atau setaip aspek dalam kehidupan pasti memiliki ‘hari spesial’nya. Hari spesial ini bisa berarti hari lahir, hari momen yang paling membahagiakan atau juga yang tidak terlupakan. Tidak terkecuali dokter, dokter juga memiliki harinya sendiri yang disebut Hari Dokter Nasional.

Hari Dokter Nasional biasanya memang hanya diketahui oleh kalangan tertentu saja, tepatnya kalangan para dokter itu sendiri, hari ini juga biasanya hanya dirayakan oleh para organisasi-organisasi kesehatan—di Indonesia (karena termasuk ke dalam peringatan nasional, bukannya internasional), namun, bukan berarti pihak lain selain mereka tidak perlu mengetahui adanya hari ini, bahkan sebenarnya perlu, agar kita bisa lebih kritis dalam memperhatikan kesehatan di Indonesia.

Lalu, seperti apakah Hari Dokter Nasional ini? Dan kapan biasanya dilaksanakan?

Hari peringatan untuk para dokter di Indonesia ini jatuh pada tanggal 24 Oktober. Awal mula dibentuknya hari peringatan ini yaitu sejak disahkannya Ikatan Dokter Nasional pada 24 Oktober tahun1950. Sejak saat itu memang tidak ada acara khusus dalam memperingati hari ini, sehingga membuat hari peringatan ini juga kurang begitu dikenal oleh masyarakat luas. Padahal, adanya hari ini cukup penting dan berperan dalam kondisi kesehatan di Indonesia, karena di hari ini lah seharusnya para dokter merefleksikan kerjanya selama ini sebagai dokter, apakah sudah cukup bertanggung jawab atau belum. Dan, juga penting bagi kita untuk tahu agar bisa ikut berpikir kritis apakah usia Ikatan Dokter Nasional yang cukup tua ini sudah memberikan pelayanan terbaik dalam usahanya menyehatkan masyarakat Indonesia?

Coba kita amati sebentar bagaimana kualitas kesehatan di Indonesia, apakah sudah cukup baik? Rasanya untuk menjawab “baik”, mulut kita masih sedikit kelu, namun untuk menjawab “tidak baik” juga tidak bisa. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan di Indonesia masih kurang sejahtera mengingat masih adanya beberapa kalangan di negara kita ini yang belum bisa mendapatkan pengobatan secara layak. Namun, kita juga tahu bahwa usah demi usaha juga terus dilakukan oleh pemerintah dan mereka yang peduli demi memajukan kesejahteraan kesehatan di Indonesia.

Usaha-usaha ini bisa dilihat dari upaya pemerintah memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat miskin, dan meningkatkan kualitas teknologi kesehatannya juga. Kemajuan teknologi kesehatan di Indonesia memang masih belum semaju atau sebagus teknologi di negara lain seperti Jepang atau Singapura, tidak heran jika beberapa orang lebih memilih untuk melarikan pasien ke luar negeri seperti kedua negara tersebut untuk pengobatan. Pemerintah dan para dokter juga tentunya masih terus berupaya untuk meningkatkan dan kita sebagai bagian dari masyarakat juga seharusnya bisa lebih mendukung.

Salah satu bentuk dukungan yang bisa kita berikan adalah dengan lebih menghargai jasa dan kerja keras para dokter yang benar-benar bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. Dokter yang mementingkan kesehatan seorang pasien dan bukannya hanya mencari untung semata harus kita acungi jempol. Sebaliknya, dokter yang tekah melenceng dari tugasnya, yaitu mereka yang hanya mementingkan uang semata perlu kita ingatkan.
Adanya Hari Dokter Nasional ini bisa menjadi momentum yang pas bagi kita untuk menghargai jasa para dokter dan mengingatkan mereka yang kurang melakukan tugasnya sebagai dokter.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 21, 2016

Posted In: Health, Hot News

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami