Hari kesehatan Nasional: Menuju Masyarakat Sehat, Indonesia Kuat

Hari kesehatan Nasional

Selain hari dokter nasional, ada juga yang namanya hari kesehatan nasional. Jika peringatan hari dokter nasional cenderung berfokus pada tugas dokter dan perayaannya lebih dikenal di lingkupan organisasi-organisasi kesehatan saja, hari kesehatan nasional ini lebih luas cakupannya (tentu saja masih di bidang kesehatan) dan lebih dikenal perayaannya.

Hari kesehatan nasional jatuh pada tanggal yang bertepatan dengan hari ayah nasional di Indonesia yaitu pada tanggal 12 November. Awal mula adanya hari ini yaitu pada tahun 1959 di masa pemerintahannya presiden Ir. Soekarno. Pada saat itu, Indonesia sedang gencar sekali memerangi penyakit Malaria yang waktu itu sangat mewabah di Indonesia. Banyak orang yang tewas karena wabah penyakit ini, sekitar ratusan ribu jumlahnya.

Karena banyaknya korban yang jatuh tersebut, pemerintah melakukan beragam tindakan untuk memerangi penyakit ini. Termasuk di antaranya yaitu melakukan penyemprotan massal untuk membasmi nyamuk, mengadakan banyak penyuluhan, dan lain sebagainya. Tepatnya pada tanggal 12 November 1959 ini lah dilakukan penyemprotan secara simbolis yang dilakukan oleh presiden Ir. Soekarno di desa Kalasan, Yogyakarta. Sejak sat itu, 12 November selalu diperingati sebagai hari kesehatan nasional sampai saat ini yang sudah memasuki usia peringatan yang ke 52.

Hari peringatan ini memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya, dan tema untuk tahun 2016 ini adalah “Indonesia Cinta Sehat” dan sub temanya “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat.” Makna dari tema tahun ini yaitu mengedukasi atau menekankan pentingnya hidup sehat pada masyarakat Indonesia demi terciptanya kehidupan yang lebih sehat. Penanaman pemahaman akan pentingnya hidup sehat adalah penting karena tanpa adanya pemahaman ini, akan masih sangat sulit bagi kita untuk memiliki hidup yang sehat. Beberapa gaya hidup sehat yang disarankan yaitu melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti buah atau sayur, menjaga kebersihan, dan mengecek kesehatan dengan rutin. Jika hal-hal tersebut dilakukan, hidup sehat akan menjadi lebih mudah didapatkan.

Sejak dahulu hingga hari ini, pemerintah juga kian meningkatkan kesehatan di Indonesia dengan berbagai upaya seperti meningkatkan sarana dan infrastruktur kesehatan, memberikan dana pengobatan untuk orang-orang yang tidak mampu dalam bentuk subsidi di program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan, mengadakan berbagai macam penyuluhan mengenai kesehatan untuk dalam mengatasi atau mencegah penyakit, dan lain sebagainya, termasuk dengan mengadakan peringatan untuk hari kesehatan agar masyarakat menjadi semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan menciptakan hidup yang lebih sehat.

Semua upaya itu sangatlah berguna demi memerangi penyakit-penyakit yang menyerang masyarakat Indonesia ini seperti malaria atau demam berdarah, gangguan pada pernapasan atau pencernaan, hingga kanker.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 12, 2016

Posted In: Hot News, Inspirational, Must See

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami