Hari Listrik Nasional Yang Ke-71: Wujudkan Mimpi Indonesia Yang Lebih Terang

Hari Listrik Nasional

Semua orang mungkin setuju dengan pernyataan bahwa listrik merupakan salah satu hal yang terpenting di dunia, bahkan lebih penting dari barang-barang elektronik, dari segala jenis kendaraan, atau teknologi-teknologi canggih lainnya, karena tanpa adanya listrik, segala teknologi yang canggih tersebut menjadi tidak berarti. Segala teknologi canggih bisa berkerja dengan adanya aliran listrik, listrik seakan menjadi sumber kehidupan bagi teknologi-teknologi tersebut dan seperti halnya oksigen bagi manusia.

Tanpa listrik, tidak akan ada barang teknologi yang bisa berkerja, tidak akan ada penerangan ketika matahari sudah pulang, dan tidak akan ada kemudahan dalam kehidupan kita seperti sekarang. Listrik dan teknologi memang bukan sumber penghidupan kita, tapi tidak bisa dipungkiri jika semenjak kemunculannya, kita menjadi tidak bisa terlepas dari listrik dan penggunaanya. Maka dari itu, ada yang namanya Hari Listrik Nasional.

Hari Listrik Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober ini sudah memasuki usianya yang ke 71 tahun. Ya, usianya sendiri memang sama dengan usia kemerdekaan negara tercinta kita dimana pada tahun 1945 pemerintah Indonesia menetapkan 27 Oktober sebagai hari peringatan nasional untuk listrik atas momentum pencapaian nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik di Indonesia yang semula dikuasai oleh pihak asing (penjajah) sebelum Indonesia merdeka.

Sejak saat itu, pemerintah kita terus berusaha dalam memaksimalkan pelistrikan di Indonesia agar lebih maju dan lebih merata. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya listrik yang masuk ke desa-desa terpencil yang sebelumnya tidak mendapatkan aliran listrik. Meskipun demikian perlu diakui bahwa dalam melakukan pemerataan listrik di seluruh Indonesia ini tidaklah mudah.

Indonesia adalah negara yang sangat luas, negara kepulauan yang terdiri dari begitu banyak pulau. Tidak heran jika tidak mudah dalam melakukan pemerataan pembangunan, termasuk pemerataan listrik, di Indonesia. Agak tidak adil memang jika kita bayangkan bahwa saat ini kita sedang duduk nyaman menikmati listrik dan teknologi canggihnya ketika di suatu daerah di luar sana, masih ada saudara kita yang tidak bisa menikmati kemudahan ini. Oleh karena itulah, penting bagi kita untuk peduli.

Salah satu bentuk kepedulian yang bisa ditunjukan yaitu dengan ikut memperingati Hari Listrik Nasional, atau setidaknya tidak menganggap hari peringatan ini sambil lalu saja. Setiap tahunnya, Hari Listrik Nasional diperingati dengan tema yang berbeda, dan tema untuk tahun ini adalah “Mewujudkan Catur Cita Ketenagalistrikan, Kompetitif, Kecukupan, berkelanjutan, dan Merata Untuk Menuju Indonesia Terang”. Acara-acara yang biasanya diadakan dalam memperingati hari ini adalah seperti mengadakan seminar dan pameran (khusus listrik dan teknologi), yang pada tahun ini akan dilaksanakan di JCC (Jakarta Convention Center) yang bahkan sudah mulai dilakukan sejak bulan September kemarin (sebagai rangkaian acara HLN ini).

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 26, 2016

Posted In: Features, Inspirational

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami