Hari Pangan Sedunia; Cara Terbaik Menghargai Perjuangan Petani Indonesia

hari pengan sedunia

16 Oktober diperingati sebagai hari pangan sedunia. Hari pangan sedunia merupakan salah satu hari peringatan di dunia yang mungkin masih tidak diketahui banyak orang. Kekurangtahuan ini membuat perhatian masyarakat akan adanya hari ini, dan terutama kepada pangan itu sendiri, masih sangat kurang. Padahal, hal ini merupakan salah satu hal yang membutuhkan perhatian khusus, mengingat pangan merupakan salah satu sumber makanan kita, terutama Indonesia yang merupakan negara agraris.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Seperti yang sudah kita ketahui, yang dimaksud dengan negara agraris adalah negara yang penduduknya sebagian besar berprofesi sebagai petani. Terlebih lagi, Indonesia bukanlah sembarang negara agraris, Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu negara agraris yang terbesar di dunia karena luasnya wilayah dan sumber daya alamnya yang beraneka ragam. Fakta tersebut membuat pertanian atau segala sesuatu yang berhubungan dengan sektor pangan mempunyai peranan penting untuk Indonesia. Fakta ini juga lah yang membuat pemerintah kita menekankan akan pentingnya memperingati hari pangan sedunia.

Tujuan utama dari peringatan hari pangan sedunia adalah untuk mengajak masyarakat lebih memperhatikan kondisi pangan di Indonesia serta menghargai para petani di Indonesia. Selama ini, kita mungkin hanya bisa menikmati berbagai hasil pangan dari para petani tanpa menyadari perjuangan di baliknya: bahwa mereka mengerjakan itu di bawah teriknya sinar matahari, bahwa mereka mengejakan itu dengan peluh-peluh keringat di wajah mereka, bahwa mereka mengerjakan itu hingga mengotori tangan dan pakaian mereka, bahwa mereka berkerja keras agar pangan yang mereka tanam itu hasilnya baik, bahwa mereka juga kadang disulitkan oleh berbagai kondisi seperti cuaca dan lingkungan yang tidak mendukung. Sementara kita? Kita hanya tahu bahwa hasil pangan tersebut sudah ada dan bisa kita nikmati. Dan yang lebih ironisnya lagi adalah, beberapa orang Indonesia lebih mengagungkan produk luar (import) dibandingkan produk dalam negeri. Padahal seharusnya, Indonesia bahkan tidak perlu mengimport pangan apa pun lagi mengingat sumber daya alamnya yang melimpah ruah dan akan sangat menguntungkan jika dikelola dengan baik.

Di sini lah pentingnya peringatan hari pangan sedunia untuk negara agraris seperti Indonesia: agar masyarakat lebih peduli dan sadar akan pentingnya peranan para petani sehingga kehidupan para petani pun akan lebih layak dan  terapresiasi karena pekerjaan mereka, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidaklah mudah. Kerja keras mereka itu bisa kita hargai dengan tidak membuang-buang makanan yang kita miliki. Contoh: makan menyisakan nasi, sehingga nasi tersebut pun terbuang. Padahal faktanya, jika butir-butir sisa nasi yang terbuang setiap harinya itu kita kumpulkan, kita bisa memberi makan sejuta orang di luar sana yang menderita kelaparan.

Peringatan hari pangan ini biasanya memiliki tema, temanya juga biasanya akan berbeda setiap tahunnya. Contoh tema yang biasa digunakan adalah: hak untuk pangan, pemuda melawan kelaparan, pangan untuk semua, petani-petani kecil, dan sebagainya. Untuk tahun 2016 ini, tema internasionalnya adalah “Climate is Changing and Food Agriculture Must Too”,  Sedangkan, untuk tema di Indonesia yang ditetapkan oleh pemerintah adalah “Membangun Kedaulatan Pangan Berkelanjutan Dalam Mengantisipasi Era Perubahan Iklim”. Tema yang sangat sesuai mengingat dunia saat ini memang sedang menghadapi bahaya atau ancaman dari perubahan iklim.                                   

Leave a Reply

October 13, 2016

Posted In: Hot News, Inspirational

Tags: ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami