Ini Cara Membuat Internet Aman Untuk Anak

Internet cekpremi
Image Source blog.mathatplay.org

Orang tua harus menyiasati pengaturan perangkat keras untuk mengatasi dampak negatif internet terhadap anaknya.

“Bukan gadget yang menimbulkan dampak negatif, tetapi kontennya,” kata pemerhati teknologi Dominikus Susanto, dalam bincang-bincang “Gadget dan Internet Untuk Anak, Yes or No?” di Jakarta, Sabtu (15/11/2014).

Menurut dia, banyak anak menggunakan telepon pintar atau komputer tablet untuk mengakses internet. JadiĀ  yang harus dilakukan orang tua adalah mencegah putra-putrinya agar tidak mengakses situs yang tidak sesuai.

Bila menggunakan perangkat iOS, ujar Susanto, sebaliknya orang tua harus mengunci aplikasi tertentu, seperti video game, agar anak hanya dapat mengakses aplikasi tersebut saat menggunakan perangkat. Sementara itu, jika menggunakan Android, orang tua dapat mengatur filter konten di Play Store agar anak tidak dapat mengunduh aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya.

Bila menggunakan komputer, orang tua juga sebaiknya mengatur situs-situs yang boleh diakses anak dan memonitor aktivitas anak di jejaring sosial dengan memanfaatkan aplikasi tertentu, salah satunya dengan www.socialshield.com.

Susanto menerangkan bila penggunaan Internet dengan kontrol bisa menjadikan sesuatu yang positif

Ia menambahkan internet dan gadget memiliki dampak positif bila dimanfaatkan dengan baik, seperti membuat anak terbiasa dengan perangkat komputer, menstimulasi imajinasi, kemampuan berbahasa bila memainkan permainan berbahasa asing dan meningkatkan semangat untuk menang.

Bila penggunaanya tidak tepat, gadget dan internet akan membuat kemampuan bersosialisasi menurun, bullying di dunia maya hingga gangguan kesehatan.

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 29, 2014

Posted In: Tips & Tricks

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami