Ini Dia Alasan Anda Harus Sisihkan Uang Untuk Dana Darurat

dana darurat
Image source: republika

Akhir-akhir ini ekonomi semakin menurun, begitu pula dengan ekonomi yang terjadi di Indonesia pun ikut turun. Harga-harga pun semakin mahal, salah satunya ialah harga bahan pokok.

Sayangnya pendapatan kita tidak seimbang dengan kenaikan harga tersebut, sehingga membuat banyak orang mengalami kerugian. Belum lagi karena permasalahan ekonomi tersebut, banyak perusahaan-perusahaan asing yang mulai hengkang dari Indonesia.

Ada pula beberapa perusahaan lokal yang mulai gulung tikar, hal seperti itu menyebabkan banyak masyarakat yang akhirnya kehilangan pekerjaan mereka atau dengan kata lain menganggur. Jika seperti itu, dialami oleh anda, apa yang harus anda lakukan untuk menolong keluarga anda?

Jika anda memiliki cukup tabungan, mungkin anda bisa membuka usaha kecil-kecilan yang terpenting adalah anda memiliki sebuah penghasilan yang cukup. Namun, cara apa lagi yang bisa kita lakukan? Salah satu cara yang bisa anda lakukan ialah menggunakan dana darurat, disaat yang sangat tepat.

Dengan menggunakan dana darurat banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Berikut kami akan berikan beberapa alasan kepada anda, mengapa sebenarnya kita harus sisihkan uang untuk dana darurat anda.

Inilah alasan kita harus sisihkan uang atau pendapatan yang kita miliki untuk dana darurat, alasanya ialah:

1. Menjaga Kesehatan
Mungkin, beberapa orang banyak yang mengatakan kepada kita bahwa berpikiran buruk tentang hidup adalah hal yang tidak baik. Namun, sebenarnya ada baiknya kita untuk berpikir jauh untuk setidaknya bisa berjaga-jaga jika sebuah resiko terjadi. Misalnya saja bila anda adalah seorang karyawan, namun ternyata perusahaan tempat anda kerja tersebut mengalami kebangkrutan. Padahal, saat itu anda sedang sakit dan tidak memiliki dana, salah hal yang bisa membantu anda tersebut ialah sebuah dana darurat.

2. Agar Tidak Ada Utang
Sebenarnya, bisa dibilang mempersiapkan dana darurat tujuan utamanya ialah untuk menghindari utang, jika terjadi hal yang mendesak. Contohnya saja bila kita atau salah satu keluarga kita mengalami sakit, banyak orang yang mengutang jika hal seperti itu terjadi. Dan, akhirnya mereka terlilit utang karena hal yang mendesak seperti itu.

3. Biaya Hidup Yang Tiba-tiba
Anda bisa menggunakan dana darurat anda tersebut untuk hal-hal yang tiba-tiba, misalnya ketika anda seorang karyawan yang memutuskan untuk menjadi seorang wiraswasta. Jadi, sebelum mendapatkan laba dari usaha anda tersebut, anda pun bisa menggunakan dana darurat yang sudah anda simpan tersebut.

4. Bisnis Yang Tidak Mencapai Target
Banyak orang yang mengatakan bahwa hidup kadang diatas, kadang pula dibawah. Begitu pula dengan bisnis yang anda jalankan, kadang melebihi target namun tidak jarang pula jauh dari target. Biasanya, banyak orang akan stress karena tidak bisa mencapai target, namun anda pun tidak khawatir lagi karena anda sudah memiliki sebuah dana darurat atau dana cadangan.

Itulah beberapa alasan paling tepat, mengapa anda harus menyisihkan sebagian uang anda untuk memiliki dana cadangan. Intinya, dana cadangan dapat membantu keuangan anda dari hal-hal yang tidak terduga.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

June 30, 2016

Posted In: Financial, Inspirational, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami