Ini Dia Alasan Kenapa Bandung Tepat Dijadikan Sebagai Tuan Rumah KAA

KAA
Image Source indonesia.travel

Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika atau yang biasa dikenal dengan KAA, pertama kali digagas oleh Ali Sastromidjojo dari Indonesia dan 4 tokoh terkenal dunia lainnya, sebut saja Jawaharlal Nehru Perdana Menteri India periode 1947 sampai 1964, dan Mohammed Ali Bogra yang merupakan Perdana Menteri Pakistan tahun 1953 hingga 1955.

KAA digagas sebagai bentuk kepedulian antar Negara Asia maupun Afrika yang masih terbenam dalam belenggu kolonialisme maupun neokolonialisme negara-negara imperialis seperti Amerika Serika, Uni Soviet, dsb.

Selain itu, diselenggarakannya KAA juga bertujuan untuk mempromosikan kerjasama ekonomi dan budaya negara-negara Asia. Ali Sastromidjojo beserta empat penggagas lainnya melaksanakan KAA pertama di Bandung pada tanggal 18 April-24 April 1955 berkordinasi dengan Menteri Luar Negeri Indonesia saat itu Sunario. Konferensi tersebut bertempat di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat.

Pertemuan KAA yang pertama menghasilkan sepuluh poin yang berisi tentang “pernyataan mengenai dukungan bagi kerusuhan dan kerja sama dunia atau yang biasa dikenal dengan Dasasila Bandung.

Kemudian pertemuan KAA berlanjut pada tahun 2005 dan terakhir tahun 2015. Pertemuan kedua KAA berkembang tidak hanya diadakan di Bandung, melainkan juga diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 19 April 2005-24 April 2005. Begitupun pertemuan ketiganya yang juga diselenggarakan di dua kota yaitu Bandung dan Jakarta.

Ada beberapa alasa kenapa Bandung terpilih sebagai tempat yang tepat sebagai tempat pertama dicetuskannya KAA pada tahun 1955. Alasan-alasan tersebut bisa dilihat melalui faktor kondisi politik, situasi, grafis, maupun factor-faktor lainnya. Berikut ini adalah alasan kenapa Bandung Tepat untuk dijadikan tempat pertama kali diselenggarakannya KAA berdasarkan asumsi penulis :

Situasi Politik di Bandung Dalam Kondisi Yang Cukup Kondusif

Pada tahun 1955 kondisi politik di Indonesia sedang tidak stabil, hal ini dikarenakan penggunaan sistem Parlementer pada saat itu. Partai-partai politik yang semula didirikan atas landasan kepentingan rakyat berubah haluan dan mulai mengutamakan kepentingan-kepentingan golongan. Indonesia yang saat itu tengah bersiap menyelenggarakan Pemilu pertama kali semua perhatian tertuju ke Jakarta, yang saat itu sudah dijadikan sebagai pusat pemerintahan NKRI.

Jadi pemilihan kota Bandung sebagai tempat diselenggarakannya KAA pertama tahun 1955 sangat tepat, mengingat jika diselenggarakan di Jakarta, bisa saja saat aksi-aksi yang tidak diingingkan terjadi.

Infrastruktur di Bandung Yang Cukup Memadai

Setelah poin pertama dinyatakan bahwa situasi politik di Bandung cukup kondusif, maka poin yang kedua adalah infrastruktur. Saat beberapa daerah lain sedang memulai pembangunan pasca perang yang terjadi akibat agresi Belanda beberapa tahun sebelumnya. Sedangkan pada tahun tersebut, Bandung sudah terbangun rapih, beberapa infrastruktur juga sudah mulai selesai di bangun setelah di bumi hanguskan pada peristiwa Bandung Lautan Api. Tempat menginap seperti hotel serta gedung pertemuan sudah memenuhi klasifikasi untuk para tamu undangan yang merupakan tamu negara.

Memperlancar Misi Pembebasan Irian Barat

Seperti apa yang sudah menjadi tujuan utama diselenggarakannya KAA, yaitu sebagai bentuk kepedulian negara-negara Asia Afrika yang masih terbenam dalam belenggu kolonialisme dan neokolonialisme negera-negara imperialis. Walaupun sudah memproklamirkan kemerdekaannya, masih ada satu bagian dari Indonesia yang masih belum lepas dari tindak penjajahan yang dilakukan oleh Belanda. Yap, tepat pada saat itu Presiden Soekarno sedang memperjuangkan kebebasan Irian Barat. Dengan diadakannya KAA di Bandung tentu dapat membuka mata dunia akan kondisi di Irian Barat yang masih terbelenggu penjajahan Belanda saat itu, mengingat letak geografis Bandung yang dekat dengan Irian Barat.

 

KAA
Yukkk pilih asuransi terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 24, 2015

Posted In: Hot News, Must See

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami