Ini Dia Penyebab Utama Batuk

Batuk
Image Source productive-cough.com

Batuk memang penyakit biasa yang bisa menyerang manusia. Karena dianggap biasa banyak orang yang menyepelekan penyakit ini. Namun bila sudah cukup parah, batuk bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

 

Penyakit batuk masih bisa kita cegah agar tidak masuk menjangkiti tubuh kita, akan tetapi sebelumnya kita harus mengetahui penyebab batuk itu sendiri. Berikut ini adalah enam penyebab utama batuk yang harus kita waspadai.

 

Virus

Jika batuk anda disebabkan oleh virus, maka gejala yang timbul adalah demam yang akan disertai batuk kering. Meskipun tidak terlalu berbahaya ini adalah salah satu penyebab utama batuk yang menjengkelkan, hal ini terjadi akibat lendir yang ada dibagian tenggorokan mongering sehingga menimbulkan peradangan.

 

Infeksi Pernafasan

Infeksi saluran pernafasan atau bronchitis adalah penyebab utama batuk dengan tanda dahak berwarna kehijauan atau kekuningan. Tentu, ini bukan salah satu penyebab utama biasa. Satu yang berbahaya dari bronchitis adalah terganggunya sistem saluran udara, dan nantinya peradangan akan menjalar hingga ke paru-paru. Hal ini mengakibatkan bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam rongga paru-paru.

 

Asma

Penyakit yang menyerang sistem pernfasan ini pastinya adalah penyebab utama batuk, tidak hanya batuk asma juga bisa menyebabkan bengek. Asma merupakan penyakit kambuhan yang bisa terjadi kapan saja, namun kebanyakan penderita asma mengalami kambuh pada saat malam hari, akibatnya jam tidur anda menjadi terganggu, dan setelah beranjak dewasa penyakit asma akan semakin tidak terkontrol.

 

Obat-obatan

Tidak ada yang pernah menyangka sebelumnya, obat adalah sesuatu yang dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit malah menimbulkan penyakit baru. Obat-obatan yang bisa menyebabkan batuk adalah obat yang memiliki efek samping terhadap tekanan darah. Jika anda mengalami hal ini, segera konsultasikan ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan alternatif obat lain yang tidak memiliki efek samping tersebut.

 

Merokok

Rokok adalah salah satu biang dari semua penyakit yang menyerang sistem pernafasan, sudah tidak diragukan lagi bila rokok adalah salah satu penyebab batuk. Seorang perokok memiliki saluran pernafasan yang terkontaminasi dengan racun dari asap rokok. Dalam jangka panjang seorang perokok bisa mengalami batuk darah, dan puncaknya adalah terkena kanker paru-paru.

 

Masalah Jantung

Batuk juga bisa disebabkan oleh masalah pada jantung anda, jika anda mengalami batuk yang terus-menerus yang mengakibatkan sesak nafas bisa jadi itu adalah salah satu tanda jantung anda mengalami masalah. Hal tersebut disebabkan oleh retensi cairan yang berkaitan dengan gagal jantung. Gejala awalnya ditandai dengan batuk, sakit tenggorokan, dan flu. Apabila sudah terlalu parah batuk yang terjadi akan mengeluarkan cairan putih bercampur darah.

 

Diatas adalah penyebab utama batuk, mulai dari yang ringan hingga yang terparah. Untuk menjaga dari semua resiko diatas adalah dengan menjaga kesehatan, hal tersebut bisa dilakukan dengan gaya hidup sehat mulai dari makan makanan yang sehat, dan berolah raga dengan teratur. Sedangkan untuk mengantisipasi datangnya resiko diatas anda bisa gunakan asuransi kesehatan mulai dari sekarang.

 

Batuk
Cek asuransi terbaik anda mulai dari harga termurah (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 16, 2015

Posted In: Health

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami