Inilah Beberapa Syarat Mutasi Motor yang Perlu Anda Ketahui

Syarat mutasi motor

Mutasi motor adalah proses registrasi ulang kendaraan saat pemilik kendaraan pindah domisili maupun daerah tempat tinggal. Mutasi juga berlaku saat Anda membeli motor second, diperlukan penggantian nama untuk memudahkan Anda membayar pajak maupun perpanjangan STNK. Walaupun begitu, syarat mutasi motor mudah dan terbilang cepat sehingga tak mengganggu rutinitas. 

Mutasi motor akan mengubah informasi yang tertera di STNK, plat nomor dan BPKB. Anda bisa melengkapi persyaratan yang diperlukan agar mutasi cepat diurus. 

Persyaratan Mutasi Motor

Mutasi bisa dilakukan sendiri maupun meminta bantuan orang yang berpengalaman. Namun, Anda bisa mengurusnya sendiri karena syaratnya mudah. Berikut ada syarat mutasi motor, yaitu:

  1. Membawa BPKB asli maupun fotokopi 2 rangkap.
  2. Membawa STNK asli serta fotokopi sebanyak 2 rangkap.
  3. Membawa KTP asli dan fotokopi 2 rangkap.
  4. Faktur maupun form A asli serta fotokopi khusus yang diperuntukkan untuk badan hukum.
  5. Menyertakan kwitansi berupa bukti jual beli motor dengan materai Rp6000.
  6. Salinan akta pendirian satu lembar dan surat kuasa yang dilengkapi materai dengan tanda tangan pimpinan. Jangan lupa berikan cap badan hukum yang bersangkutan serta keterangan domisili. 

Terkadang, seseorang yang baru memiliki motor dan membutuhkan mutasi bingung melakukannya. Banyak pertanyaan, berapa lama proses mutasi motor? Pertanyaan tersebut muncul karena beberapa alasan. Diantaranya karena kesibukan maupun jarak tempuh kantor Samsat yang jauh. 

Tetapi, Anda tak perlu bimbang karena waktunya relatif cepat. Bahkan, jika tak ada antrian bisa 1 atau 3 hari selesai. Yang terpenting membawa persyaratan di atas agar penggantian nama cepat di urus. Setelah mengetahui persyaratannya, langkah berikutnya adalah melakukan mutasi motor. 

Cara Mutasi Motor

  • Datang ke kantor Samsat yang terdaftar
  • Menyerahkan dokumen persyaratan. Diantaranya, KTP dan BPKB ke loket mutasi
  • Melakukan cek fisik motor
  • Menyerahkan fotokopi KTP dan. BPKB 2 rangkap ke bagian loket
  • Setelah melakukan pengecekan berkas dan legalisir, lakukan pembayaran
  • Kembali ke loket mutasi untuk pencabutan berkas
  • Langkah berikutnya, menunggu selama beberapa hari kerja. Tetapi, Anda akan diberikan surat jalan sementara sehingga motor bisa digunakan untuk beraktivitas
  • Setelah berkas keluar, berikan laporan ke Samsat daerah tujuan. Jangan lupa berikan berkas yang diterima ke bagian mutasi
  • Melakukan cek fisik serta membayar biaya yang ditetapkan
  • Jika motor termasuk kendaraan lintas provinsi, Samsat yang dituju mengecek silang ke Polda setempat
  • Kemudian, datang ke kantor Samsat domisili baru sesuai waktu yang ditetapkan. Tujuannya untuk mengambil STNK baru dan melunasi biaya
  • Tunggu, BPKB baru jadi selama beberapa hari kerja
  • Setelah BPKB jadi, bisa mengambil ke Samsat

Setelah mengetahui syarat mutasi motor dan caranya, Anda harus mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan. Dengan begitu bisa mempersiapkan budget dan tak akan terjadi hal tak diinginkan perihal STNK maupun BPKB. 

Biaya Mutasi Motor

Biaya mutasi motor wajib dilakukan karena diatur pada Peraturan Pemerintah atau PP nomor 76 tahun 2020. Yaitu, mengenai jenis beserta tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak di Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Kisaran biaya mutasi motor adalah Rp150.000. Biaya tersebut bisa bertambah jika bersamaan dengan balik nama, untuk biaya mutasi dan balik nama motor meliputi BBN-KB, pembuatan tanda nomor kendaraan bermotor atau TNKB yang dikenal dengan plat nomor baru, BPKB baru dan pembuatan STNK baru. 

Perlu diingat, biaya mutasi plat motor setiap daerah memiliki perbedaan. Khususnya untuk biaya BBN-KB, tetapi umumnya sekitar 1 % dari nilai jual motor. Berikut ada uraian biayanya, antara lain:

  • Biaya mutasi motor di kantor Samsat Rp150.000
  • Pembuatan STNK baru sebesar Rp100.000
  • Pembuatan TNKB atau plat nomor Rp60.000
  • Pembuatan BPKB baru sebesar Rp225.000
  • Biaya BBN-KB Rp200.000
  • Biaya untuk plat motor baru Rp60.000

Keuntungan Mutasi Motor yang Sering Disepelekan

Tidak melakukan mutasi motor memang tak masalah, tetapi Anda tak bisa mendapat banyak keuntungan. Apalagi syarat mutasi motor mudah, pastinya semua orang bisa melakukannya. Untuk itulah mutasi motor menjadi car cerdas terhindar dari kemungkinan buruk bagi pemilik motor, berikut ada keuntungan yang didapat:

  • Terjamin legalitas kepemilikan motor

Saat nama di STNK maupun BPKB atas nama Anda sendiri, maka terjamin legalitas kepemilikan motor. Anda bebas membawa motor bepergian ke luar daerah tanpa memikirkan prosedur berikutnya yang berkaitan dengan motor Anda. Misalnya saat penggantian plat motor serta perpanjangan STNK yang harus membawa KTP atas nama motor Anda. 

  • Mudah saat STNK maupun BPKB hilang

Jangan salah loh, memiliki motor atas nama sendiri memudahkan Anda menemukan STNK dan BPKB yang hilang. Saat STNK dan BPKB terjatuh di jalan, seseorang yang menemukannya mudah menghubungi Anda. 

Anda tak perlu malas mutasi motor karena persyaratannya mudah. Apalagi masa berlaku berkas mutasi kendaraan terbilang lama sehingga bisa dilakukan saat waktu luang. 

  • Mudah saat klaim asuransi kecelakaan

Berkendara menjadi rutinitas harian yang wajib dilakukan, apalagi menggunakan motor hampir sepanjang hari tergantung kebutuhan. Diantaranya untuk bekerja, mengantar keluarga ke suatu tempat dan melakukan kegiatan di luar rumah. Semua orang tak ada yang tahu dan tak bisa menghindar dari kecelakaan jika sudah takdirnya, saat terjadi kecelakaan dan motor Anda memiliki asuransi maka mudah melakukan klaim. 

Tentunya, klaim asuransi tersebut bisa digunakan untuk perbaikan motor yang rusak. Anda bisa mendapat tambahan biaya berobat selama kondisi tubuh belum pulih. 

Syarat mutasi motor cukup simple, Anda bisa mengurusnya sendiri tanpa bantuan calo. Mutasi juga memudahkan Anda yang hobi melakukan kegiatan di luar menggunakan motor, bahkan banyak orang menggunakan motornya untuk bepergian jauh karena bisa terhindar dari kemacetan. Jika Anda hobi bepergian jauh menggunakan motor, bisa memakai asuransi perjalanan. Bahkan, asuransi perjalanan bisa memberikan Anda perlindungan di dalam negeri maupun luar negeri. 

Untuk pemilihan penyedia asuransi, Anda tak perlu bingung karena banyak penyedia terpercaya. Salah satunya cekpremi.com yang memberikan berbagai asuransi lengkap. Anda bisa memilih asuransi perjalanan maupun asuransi lainnya sesuai kebutuhan. Untuk pengajuan klaim di cek premi sangat mudah, cukup melaporkan kejadian, melampirkan dokumen, proses pengecekan dan klaim ditangani. Kemudian tersebut serupa dengan syarat mutasi motor yang menunjang kemudahan Anda berkendara. 

Sumber:

Suara

Era

Times Indonesia

Cekpremi