Instagram Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya!

instagram tidak bisa dibuka

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram? Sebagai salah satu platform sosial media terkenal, Instagram menyediakan fitur-fitur menarik yang juga canggih untuk semua kalangan. Namun sayangnya, Instagram seringkali mengalami error atau Instagram tidak bisa dibuka. Bagaimana cara mengatasinya?

Seperti yang Anda tahu sendiri kalau aplikasi dunia maya tidak selamanya bisa diakses, termasuk Instagram. Ada banyak penyebab yang membuat platform-platform tersebut tidak bisa dibuka dan berikut ini adalah jawabannya!

Apa itu Instagram?

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka. Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum tahu apa itu Instagram. Lalu apa itu Instagram?

Sederhananya, Instagram adalah sebuah aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone yang dimana penggunanya dapat berinteraksi dengan pengguna lain melalui unggahan foto atau video. Disana Anda pun bisa merekam hingga mengedit konten yang diinginkan sebelum diunggah ke halaman utama Instagram.

  • Setelah unggahan Anda berhasil dimuat, nantinya akan terpampang di feed atau beranda pengguna lain yang menjadi follower Anda. Anda pun dapat berinteraksi dengan mereka melalui fitur komentar dan like. Menarik, ‘kan?

Perlu Anda tahu juga, sistem pertemanan di Instagram disebut dengan istilah following dan follower. Following berarti Anda mengikuti pengguna Instagram lain, sedangkan follower adalah pengguna yang mengikuti Anda. Anda bebas melakukan berbagai jenis interaksi dengan follower dan non-follower sekalipun. 

Fitur-fitur Menarik Instagram

Tidak hanya sampai disana saja, Instagram juga disenjatai oleh fitur-fitur unggulan yang tidak ada di platform lain. Inilah yang membuat Instagram banyak diminati oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Dan berikut ini adalah sejumlah fitur Instagram yang bisa Anda gunakan.

  • Kamera

Fitur pertama yang bisa Anda rasakan saat menggunakan Instagram adalah kamera. Uniknya fitur yang satu ini dinilai unggul karena menawarkan banyak filter menarik. Anda juga bisa mengedit, memberi caption, lalu membagikannya. Tentunya kamera IG bisa digunakan sepuasnya. 

  •  Live Video

Selain kamera, ada juga fitur live video yang memungkinkan pengguna untuk streaming video secara real-time. Melalui live video ini, Anda bisa berinteraksi dengan follower secara langsung saat siaran video berlangsung. Pasalnya saat Anda sedang melakukan siaran video, semua follower akan mendapat notifikasi. 

  • Editor

Instagram memiliki tool editor sebagai tempat bagi pengguna untuk memoles foto yang dijepret melalui kamera. Disana terdapat 10 tool editor seperti untuk mengatur pencahayaan, kontras hingga saturasi dengan mudah. Bahkan sekarang Anda bisa memotret foto secara portrait dan landscape agar lebih leluasa. 

  • Caption 

Seperti yang Anda tahu sendiri kalau pengguna dapat menambahkan caption pada setiap postingan yang akan diunggah. Caption tersebut berfungsi seperti deskripsi untuk membubuhkan kalimat terkait foto yang diunggah. Pada update terbarunya, jumlah caption yang bisa ditulis cukup panjang.

  • Tag dan Hashtag

Fitur menarik Instagram App yang selanjutnya adalah tag dan juga hashtag. Anda mungkin tidak akan bisa merasakan keduanya dari aplikasi lain. Fitur ini berfungsi untuk menandai teman dan mengelompokkannya menjadi satu label. Hashtag juga menjadi dasar penting bagi marketing media sosial.

  • Instagram TV – IGTV

IGTV menjadi fitur yang paling menarik karena Anda bisa membuat konten video dengan durasi panjang. Fitur tersebut sebenarnya hampir mirip dengan Youtube karena Anda harus membuat channel atau akun terlebih dulu sebelum upload video. Anda pun dapat melakukan promosi silang konten.

  •  Instagram Stories

Instagram story adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat konten singkat berdurasi 15 detik. Namun jika Anda ingin mengunggah konten lebih panjang maka akan berganti ke slide berikutnya. Tidak seperti feeds, Instagram story hanya dapat diakses hingga 24 jam.

5 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Meski dibekali sejumlah fitur unggulan, tetapi platform yang satu ini kadang mengalami masalah seperti Instagram tidak bisa dibuka. Biasanya disebabkan oleh banyak faktor seperti koneksi internet yang tidak stabil atau memori smartphone Anda penuh. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ayo cari tahu informasinya berikut ini.

  •  Update Aplikasi Instagram

Jika dirasa Instagram tidak bisa dibuka, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan update aplikasi tersebut. Pasalnya pembaruan aplikasi akan membuat aplikasi Instagram lama tidak bisa digunakan di perangkat Anda. Sebaiknya Anda lebih rajin memantau update aplikasi Instagram di Play Store atau App Store.

  • Cek Instagram Down atau Tidak

Tahukah Anda, Instagram tidak bisa dibuka bukan berarti perangkat Anda yang bermasalah karena bisa jadi memang aplikasinya sedang down dari server. Oleh karena itu, pastikan terlebih dulu apakah aplikasi Instagram sedang down atau tidak. Anda bisa mengeceknya melalui situs Downdetector atau Twitter.

  • Bersihkan Cache HP

Langkah selanjutnya untuk memulihkan aplikasi Instagram tidak bisa dibuka adalah membersihkan cache HP. Cache yang sudah penuh biasanya akan menimbulkan masalah, salah satunya pada aplikasi Instagram yang ada di perangkat Anda. Jadi disarankan untuk segera membersihkan cache di ponsel Anda.

  • Cek Kone ksi Jaringan Internet

Kenapa Instagram tidak bisa dibuka? Penyebab terbesarnya bisa jadi karena koneksi internet yang mengalami gangguan. Anda bisa mengeceknya dengan cara membuka aplikasi atau browser lain dan jika sama-sama tidak berfungsi, maka masalahnya adalah koneksi jaringan internet.

  • Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Instagram tidak bisa dibuka disebabkan karena smartphone tidak menjangkau aplikasi tersebut karena RAM penuh. Untuk mengatasinya, Anda perlu menghentikan aplikasi Instagram secara paksa melalui menu Pengaturan. Jika sudah, cobalah buka ulang aplikasi dan lihat apakah cara ini berhasil atau tidak.

Tidak hanya aplikasi Instagram saja yang harus Anda perhatikan penggunaannya, karena mobil Anda pun harus dirawat dengan baik salah satunya dengan menggunakan asuransi mobil. Jenis asuransi ini berguna sebagai jaminan kerusakan atau kehilangan di masa depan.

Nah kini Anda bisa menemukan rekomendasi asuransi mobil bersama Cekpremi. Sebagai platform pembanding asuransi online, Cekpremi akan membantu Anda mendapatkan produk asuransi mobil berkualitas dengan proses yang praktis dan tanpa biaya tambahan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi ayo segera kunjungi website resmi Cekpremi untuk merasakan fitur pembanding asuransi mobil yang Anda inginkan. Jangan lupa lakukan sejumlah cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka di atas!

Referensi:

Hybrid

Toba

Dianisa