Indonesia Internasional Coffee Day

Image Source www.vendingmarketwatch.com
Image Source www.vendingmarketwatch.com

Kopi? Siapa yang tak mengenalnya kopi, minuman yang menjadi favorite ini sangatlah banyak digemari oleh para pencintanya. Kopi adalah minuman yang dihasilhan dari proses diekstrasi yang berasal dari biji pohon kopi. Kopi sendiri merupakan salah satu olahan yang dibudidayakan oleh lebih dari 50 negara yang ada didunia. Ada dua varientas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu, Kopi Arabika (Coffea Arabica) dan Kopi Robusta (Coffea Canephora). Berikut ini mari kita bahas sedikit tentang dua jenis pohon kopi tersebut.

Kopi Arabika

Image Source voyageofillusion.wordpress.com
Image Source voyageofillusion.wordpress.com

Kopi Arabika biasanya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 700-1700 mdpl, dengan suhu rata-rata 16-20 derajat celcius. Kopi yang berasal dari Brazil dan Etopia ini diketahui menguasai 70% pasar kopi yang ada di dunia. Kopi Arabika memiliki banyak varientas tergantung pada negara, iklim dan tanah tempat kopi itu di tanam. Kita pun dapat menemukan mandailing, toraja, brasilia, kolombia dan lain sebagainya. Biasanya antara kopi arabika yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan rasa.

Ciri-ciri Kopi Arabika

Image Source google.co.id
Image Source google.co.id

Memiliki aroma yang wangi sedap mirip pencampuran bunga dan juga buah. Tumbuh dan hidup didaerah sejuk dan dingin. Memiliki ras yang hampir mirip seperti mild (halus). Dan kopi arabika terkenal memiliki rasa yang pahit.

Kopi Robusta

Image Source tude32.wordpress.com

Image Source tude32.wordpress.com

Kopi Robusta biasanya tumbuh didaerah yang memiliki ketinggian 400-700 mdpl, dengan suhu rata-rata 21-24 derajat celcius. Kopi yang tersebar diluar kolumbia, contohnya filipina dan Indonesia ini diketahui hanya menguasai 30% dipasar dunia. Tidak jauh berbeda dengan kopi arabika, kopi robusta juga memiliki rasa berbeda satu dengan yang lain. Tanah, iklim, maupun cara pengemasan dapat mempengaruhi rasa yang dihasilkan kopi ini.

Ciri-ciri Kopi Robusta

Image Source www.kopibajawa.com440
Image Source www.kopibajawa.com440

Rentan terhadap serangan hama/serangga. Jumlah biji kopi yang dihasilkan cukup banyak dan dibutuhkan waktu 10-11 bulan untuk proses bunga hingga menjadi buah (biji kopi). Membutuhkan udara yang cukup hangat untuk berbuah.

Selain jenis kopi diatas tentunya masih banyak lagi jenis kopi yang ada didunia. Menurut penelitian kopi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat kopi bagi kesehatan contohnya, dapat meningkatkan stamina, mencegah kanker, menjaga kesehatan mulut, mengurangi resiko diabetes dan dapat pula meningkatkan mood bagi yang meminumnya. Selain baik untuk kesehatan ternyata kopi baik juga untuk kecantikan contohnya, kopi dapat menjadi masker wajah, perawatan untuk kulit kepala, menyegarkan kulit, dan masih banyak lagi.

Image Source ayanapunya.wordpress.com
Image Source ayanapunya.wordpress.com

Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi ketiga terbesar dunia. Tepat hari ini Indonesia merayakan hari International Coffee Day. Sebelum Indonesia merayakan International Coffee Day, sebanyak 74 negara anggota International Coffee Day selalu merayakan hari kopi internasional dimasing-masing negaranya. Tujuan dari diadakannya acara International Coffee Day di Indonesia agar budaya kopi yang sudah mengakar didalam masyarakat Indonesia. Sehingga pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi yang ada di Indonesia.

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 1, 2015

Posted In: Hot News, Intermezzo

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami