Sudah Tahu Konsep dan Manfaat dari Investasi Berkelanjutan?

investasi berkelanjutan

Investasi berkelanjutan merupakan salah satu praktik berinvestasi yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang menerapkan konsep ESG. Konsep ESG memiliki kepanjangan enviromental, social, corporate governance yang menjadi salah satu ciri investasi hijau.

Investasi hijau yang ditandai dengan ESG dilakukan dengan tujuan untuk mencapai hasil finansial jangka panjang yang dapat memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat. Bahkan, konsep ESG juga bisa mendukung kemajuan sosial dan memperkuat finansial jangka panjang.

Konsep Investasi Berkelanjutan yang Tepat

1. Integrasi ESG

Konsep pertama yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan investasi yang berkelanjutan yaitu dengan menilai integrasi ESG (enviroment, social, corporate governance). Hal ini bisa dilihat dari keterlibatan penilaian menyeluruh terhadap faktor Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola dalam proses pengambilan keputusan investasi.

Tidak hanya itu, hal lain yang juga perlu diperhatikan terkait integrasi ESG yaitu mencakup pertimbangan terhadap beberapa hal. Mulai dari dampak lingkungan, keterlibatan sosial, dan kualitas tata kelola perusahaan.

2. Penentuan Tujuan Investasi Berkelanjutan

Konsep kedua yang perlu Anda perhatikan yaitu penentuan tujuan investasi berkelanjutan. Setiap orang tentunya memiliki tujuan investasi yang berbeda antara satu dan lainnya.

Hal ini yang kemudian memerlukan adanya penetapan tujuan investasi yang jelas yang mencakup aspek finansial, lingkungan, dan sosial. Tujuan ini juga harus bisa diukur secara berkala karena dikhawatirkan terjadinya perubahan dan lain sebagainya.

3. Pemantauan dan Pelaporan

Konsep ketiga yang juga perlu Anda perhatikan saat melakukan investasi yang berkelanjutan yaitu terkait pemantauan dan pelaporan. Hal ini akan berhubungan dengan keberlangsungan investasi yang akan Anda lakukan. 

Pemantauan perlu dilakukan untuk bisa memperhatikan secara terus-menerus kinerja investasi terhadap tujuan yang berkelanjutan. Sedangkan pelaporan yang transparan dan akurat sangat diperlukan untuk memberikan informasi kepada pemangku kepentingan untuk melakukan investasi yang aman.

4. Diversifikasi Investasi

Konsep lainnya yang juga perlu Anda terapkan saat melakukan investasi yang berkelanjutan yaitu melakukan diversifikasi investasi. Diversifikasi portofolio investasi dilakukan untuk mengurangi risiko, termasuk risiko yang terkait dengan perubahan iklim atau isu-isu ESG lainnya.

5. Keterlibatan Pemegang Saham

Selanjutnya, Anda juga perlu menerapkan konsep keterlibatan pemegang saham. Hal ini berpartisipasi aktif dalam dialog dengan perusahaan tempat Anda berinvestasi untuk mempengaruhi praktik dan kebijakan yang lebih berkelanjutan.

6. Analisis Dampak Lingkungan dan Sosial

Kemudian, Anda juga perlu melakukan analisis dampak lingkungan dan sosial sebelum memutuskan. Hal ini bertujuan untuk memahami dampak aktual dan potensial investasi terhadap lingkungan dan masyarakat, serta upaya untuk mengurangi dampak negatif dan meningkatkan dampak positif.

7. Inovasi dan Teknologi

Konsep lain yang juga perlu diperhatikan sebelum melakukan investasi yang berkelanjutan yaitu memperhatikan inovasi dan teknologi yang ada. Pertimbangan investasi dalam inovasi dan teknologi yang mendukung keberlanjutan meliputi energi terbarukan, efisiensi energi, dan solusi berkelanjutan lainnya.

8. Pertimbangan Risiko ESG

Konsep investasi yang berkelanjutan yang tepat juga perlu mempertimbangkan risiko ESG. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengelola risiko yang terkait dengan isu-isu ESG untuk melindungi nilai investasi jangka panjang.

9. Partisipasi dalam Inisiatif Berkelanjutan

Konsep Investasi yang juga perlu dilakukan yaitu berpartisipasi dalam inisiatif berkelanjutan yang sudah ada. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan inisiatif dan organisasi berkelanjutan untuk mempromosikan praktik yang lebih baik di seluruh industri dan pasar keuangan.

9 konsep di atas diharapkan dapat memberikan dampak positif pada investasi yang Anda lakukan. Bahkan, dengan menerapkan konsep-konsep ini investor juga dapat mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam strategi investasi mereka dengan cara yang bertanggung jawab dan efektif.

Manfaat Investasi Berkelanjutan

1. Dampak Positif pada Lingkungan

Manfaat pertama yaitu memberikan dampak positif pada lingkungan. Hal ini terjadi karena investasi jenis ini mendukung proyek-proyek yang ramah lingkungan, membantu mengurangi dampak negatif terhadap alam, seperti emisi karbon dan polusi.

2. Peningkatan Efisiensi Energi

Kedua, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari investasi berupa peningkatan efisiensi energi. Hal ini terjadi karena investasi dalam teknologi hijau dan inovasi berkelanjutan dapat meningkatkan efisiensi energi, mengurangi ketergantungan pada sumber daya yang terbatas.

3. Keberlanjutan Sosial

Ketiga, Anda juga bisa merasakan manfaat yang berhubungan dengan keberlanjutan sosial dan memperhatikan dampak sosial bagi masyarakat. Sehingga investasi yang dilakukan mendorong praktik bisnis yang adil, investasi ini dapat meningkatkan kondisi hidup masyarakat setempat.

4. Resiko Investasi yang Lebih Rendah

Manfaat keempat dari investasi yang dilakukan yaitu resiko investasi menjadi lebih rendah karena mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan dan sosial. Dapat mengurangi risiko jangka panjang yang mungkin timbul dari perubahan kebijakan atau ketidakstabilan sosial.

5. Inovasi dan Daya Saing

Manfaat lainnya yang juga bisa Anda dapatkan yaitu adanya inovasi dan daya saing yang lebih minim. Perusahaan yang terlibat dalam investasi berkelanjutan cenderung lebih inovatif sehingga dapat meningkatkan daya saing mereka dalam pasar yang semakin sadar lingkungan.

6. Kepatuhan Regulasi

Kemudian, Anda juga bisa merasakan manfaat investasi berupa kepatuhan regulasi. Hal ini terjadi seiring dengan peningkatan perhatian terhadap isu-isu berkelanjutan, investasi semacam itu dapat membantu perusahaan mematuhi regulasi yang berkaitan dengan praktik lingkungan dan sosial.

7. Dukungan dari Konsumen

Manfaat lainnya dari investasi yang dilakukan secara berkelanjutan yaitu adanya dukungan dari konsumen. Dukungan dari konsumen tersebut tentunya mempengaruhi keuntungan dan keberlangsungan bisnis yang dijalankan.

Hal tersebut terjadi karena konsumen semakin memilih produk dan layanan dari perusahaan yang berkomitmen pada praktik bisnis berkelanjutan, sehingga investasi semacam itu dapat meningkatkan citra merek dan meningkatkan pangsa pasar.

8. Peluang Pertumbuhan Jangka Panjang

Terakhir, Anda juga bisa mendapatkan peluang pertumbuhan jangka panjang dengan melakukan investasi yang berkelanjutan. Hal tersebut terjadi karena investasi tersebut dapat membuka peluang pertumbuhan jangka panjang, terutama seiring dengan perubahan tren pasar dan kebutuhan global yang semakin berfokus pada keberlanjutan.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga mencerminkan kesadaran terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan. Bahkan, investasi jenis ini juga dapat memainkan peran penting dalam menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait hal tersebut, Anda juga perlu mengetahui pentingnya kepemilikan asuransi mobil. Karena transportasi pribadi yang satu ini membutuhkan asuransi yang dapat menjaga keamanan dan keselamatan Anda pada saat mengendara untuk melakukan mobilitas investasi.

Cara memilih asuransi mobil yang tepat dan sesuai kebutuhan bisa dilakukan dengan cara mengakses portal online berbagai produk dan jasa asuransi seperti cekpremi. Sehingga Anda dapat memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Bagaimana, menarik bukan beberapa konsep dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari investasi yang dilakukan secara berkelanjutan? Demikian ulasan singkat mengenai konsep dan manfaat investasi berkelanjutan, semoga bermanfaat.

Referensi: 

Bareksa