Ingin Investasi Tanah? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Dahulu!

investasi tanah

Last Updated on January 14, 2022 by Rhandy Verizarie

Investasi tanah sejak dahulu kala memang sudah pilihan investasi yang paling menguntungkan. Mengingat harga tanah yang dari tahun ke tahun terus naik, banyak orang berbondong-bondong untuk membeli tanah. Nah, bagi Anda yang ingin memulai investasi tanah, simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya di artikel ini!

Kelebihan Investasi Tanah

Ada sejumlah kelebihan dari investasi tanah, yakni sebagai berikut:

1. Harga Tanah akan Terus Naik dari Tahun ke Tahun

Jumlah penduduk di Indonesia setiap harinya terus bertambah, yang artinya kebutuhan akan tanah kosong akan semakin tinggi. Biasanya kenaikan harga tanah dari tahun ke tahun adalah sebesar 20% namun beda halnya jika kalian memiliki tanah di lokasi yang sangat strategis harga bisa naik hingga 100%!

2. Perawatannya Mudah

Otomatis kalau kalian memiliki tanah maka perawatan tidaklah serumit rumah. Biasanya kalian hanya perlu mengeluarkan biaya keamanan agar tanah tidak disalahgunakan.

3. Risiko Kerugian Tidak Besar

Investasi tanah memiliki resiko kerugian yang sangatlah kecil jika kalian investasi rumah, kalau rumah roboh akibat bencana maka kerugian sangatlah besar. Beda halnya dengan tanah apapun yang terjadi selama kalian memiliki sertifikat kepemilikan tanah tersebut tidak mengalami penurunan harga.

4. Tanah Bisa Dijual Utuh atau Per Kavling

Hal ini hanya berlaku jika kalian memiliki tanah yang luas, bisa saja kalian membangun perumahan di kavling tertentu dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Baca Juga: Perhatikan 2 Cara Cek Nomor Sertifikat Tanah yang Asli Agar Tidak Tertipu!

Kekurangan Investasi Tanah

Akan tetapi, investasi tanah juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Daya Jual Tergantung Lokasi

Harga jual tanah benar-benar ditentukan hanyalah dari lokasi tanah tersebut. Jika lokasi tanah strategis, maka otomatis akan banyak peminat dan harga akan semakin tinggi.

2. Risiko Penyerobotan Lahan

Ada saja pihak yang tidak bertanggung jawab yang asal mendirikan bangunan di tanah kosong. Kalian harus senantiasa mengamankan tanah kalian dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

3. Tidak Bisa Diharapkan sebagai Dana Darurat

Proses jual tanah yang lama dan memerlukan proses tentunya tidak bisa diandalkan sebagai dana darurat. Pastikan kalian membeli tanah menggunakan uang dingin yang murni digunakan untuk investasi.

4. Pilihan Kredit yang Masih Terbatas

Bagi kalian yang ingin membeli tanah secara kredit, sayangnya pilihan masih terbatas. Hanya beberapa bank saja yang menyediakan program KPT (Kredit Kepemilikan Tanah)

Bagaimana Cara Investasi Tanah yang Menguntungkan?

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangannya mari kita bahas hal-hal mendasar yang harus kalian perhatikan sebelum membeli tanah.

1. Pastikan Tanah Memiliki Legalitas yang Lengkap

Ini merupakan hal yang paling krusial pastikan legalitas tanah lengkap. Apa gunanya jika kalian membeli tanah dengan legalitas yang tidak lengkap bisa-bisa tanah yang sudah kalian beli merupakan tanah ilegal yang mengakibatkan uang kalian sia-sia karena status kepemilikan tanah tidak jelas.

2. Lokasi Strategis

Jika kalian ingin harga tanah yang kalian beli melonjak pesat, maka pastikan beli tanah yang lokasinya strategis. Belilah tanah yang ada akses transportasi umum yang memadai seperti jalur kereta, dan tol. Jika memungkinkan beli tanah yang dekat dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, pasar, dan sekolah.

3. Bangun Perumahan/Gedung Di Atas Tanah Tersebut

Apabila kalian memiliki dana lebih, kalian bisa bangun perumahan ataupun apartemen di tanah tersebut. Tujuannya adalah mendongkrak harga tanah kalian. Jika kalian bisa memasarkannya dengan baik, maka keuntungan dari membeli tanah akan semakin besar!

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →