Jaga Stamina di Masa Pancaroba Dengan Mengkonsumsi Makanan Berikut

Masa Pancaroba
Image Source ghadinews.net

Tubuh manusia sangat rentan sekali saat terjadi perubahan cuaca, banyak dari mereka yang gampang sakit saat memasuki peralihan musim. Biasanya situasi seperti ini sangat sering kita jumpai di masa pancaroba, orang-orang yang tidak siap dengan datangya masa pancaroba bisa langsung jatuh sakit.

Masa pancaroba sendiri adalah masa peralihan antara dua musim utama yaitu antara musim penghujan ke musim kemarau. Saat pancaroba perubahan bisa terjadi sangat ekstrim, misalnya di pagi hari cuaca mendung, namun dalam sekejap tiba-tiba panas terik pada siang harinya. Pergantian cuaca secara ekstrim tersebut dapat menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh manusia.

Karena itulah orag-orang tidak siap menghadapi musim pancaroba mudah sekali tumbang karena sakit. Tapi anda tidak perlu khawatir, meskipun begitu tidak semua orang akan sakit pada musim pancaroba. Cara menangkalnya adalah dengan mengubah gaya hidup anda, jadi anda harus lebih rajin berolah raga dengan cukup agar tidak tumbang saat musim pancaroba. Selain berolahraga asupan makanan juga perlu diperhatikan demi menjaga ketahanan tubuh anda selama musim pancaroba. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang membantu anda agar tidak mudah tumbang saat musim pancaroba :

Semangka

Daging buah semangka yang berwarna merah kaya akan nutrisi dan vitamin, dengan anda mengkonsumsinya maka dapat membantu menjaga kekebalan tubuh anda saat musim pancaroba. Selain itu, kadar air yang banyak terkandung dalam semangka dapan membantu menghindarkan anda dari dehidrasi di musim pancaroba.

Buttermilk

Berbeda dengan mentega, buttermilk memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit. Jadi cocok untuk dikonsumsi pada saat musim pancaroba tiba. Rasa dari buttermilk memang tidak seenak mentega, buttermilk sendiri memiliki ciri khas rasa yang hambar. Untuk itu anda dapat mengkonsumsinya dengan mencampurkan sedikit garam, jintan hitam, dan ketumbar yang sudah dibakar. Apabila anda mengkonsumsinya setiap hari maka keuntungan yang didapat lainnya adalah pencernaan anda menjadi lancar.

Yogurt

Cuaca masa pancaroba yang berubah-ubah memaksa kita membutuhkan protein lebih banyak untuk memperlancar pembakaran kalori. Yogurt adalah salah satu solusi yang dapat anda pilih karena sangat rendah lemak namun kaya akan probiotik. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat dan tidak akan mudah sakit. Selain itu yogurt juga bermanfaat untuk mendinginkan perut dan mengecek kalori karena kandungan lemaknya yang rendah.

Ketimun

Manfaat dari ketimun ini kurang lebih sama dengan semangka, karena sama-sama memiliki kadar air yang cukup banyak. Anda yang kurang suka dengan rasa ketimun dapat mengkonsumsinya dengan cara dijus, atau diberi perasa seperti garam dan merica bubuk.

 

Masa Pancaroba
Cegah kerugian akibat risiko sakit di masa pancaroba dengan asuransi kesehatan . Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 23, 2015

Posted In: Health, Tips & Tricks

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami