Jam Astronomi Praha

Image Source tekno.liputan6.com
Image Source tekno.liputan6.com

Letaknya tepat ditengah-tengah alun-alun kota tua yang berada dikota Praha, Republik Ceko. Maka Anda akan melihat salah satu benda yang bersejarah, yang memang pada masanya sangatlah dibanggakan diseluruh penjuru kota bahkan hingga sekarang. Jam Astronomi Praha itulah nama tempat tersebut, yang dalam bahasa internasionalnya “Prague Astronomical Clock”. Jam Astronomi Praha adalah jam kuno dengan ukuran raksasa yang sangat kokoh yang terpasang pada dingding selatan yang ada dibalai kota. Menurut sejarah jam tersebut pertama kali terpasang sekitas tahun 1410.

Image Source www.indoberita.com
Image Source www.indoberita.com

Sejak jam Astronomi Praha dipasang pada tahun 1410 tepat pada hari ini tanggal 09 Oktober 2015, jam bersejarah tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke 605. Walaupun usia jam sudah memasuki usia yang cukup tua, namun kebersihan dan kemegahan jam tersebut masih terawat dengan sangat baik. Jam Astronomi Praha masih menjadi jam tertua yang masih ada dan masih berfungsi dengan baik. Menengok sejarah kemunculannya, jam tersebut ternyata dibuat oleh Mikulas of Kadan bersama dengan seorang professor ahli matematika dan astronomi yang berasal dari universitas Charles, bernama Jan Sindel sekitar tahun 1410.

Image Source pemandangan.fotoindonesia.com
Image Source pemandangan.fotoindonesia.com

Jam Astronomi Praha atau yang kerap disebut Orloj, merupakan sebuah jam dengan tipe mekanik kuno yang berfungsi sebagai salah satu penunjuk dari pergerakan semua benda yang ada dilangit. Jam yang masih kokoh berdiri hingga sekarang itu, sengaja dibuat oleh Mikulas yang mana berasal dari wilayah Kadan dan dibantu oleh Jan Sindel. Jam yang disertai juga dengan kalender tersebut semakin terlihat indah karena ditambahkan dengan seni ukiran dengan gaya gothik yang terlihat sangat mendetail.

Image Source pixabay.com
Image Source pixabay.com

Apabila dilihat dengan seksama jam Astronomi Praha seolah melambangkan bumi, yang menjadi sebuah pemandangan indah yang dapat dilihat. Jam tersebut dilapisi oleh beberapa komponen diantaranya, gambar zodiak yang mana memperlihatkan zodiak pada masa sekarang, ada pula ikon matahari serta bulan yang melambangkan sebuah pergerakan kedua planet tersebut.

Selain sebagai penunjuk waktu, jam tersebut ternyata juga bisa dipakai untuk membaca bagaimana posisi matahari diberbagai musim. Selain ukiran yang ada pada jam terdapat pula beberapa patung yang dapat bergerak, yang menambah nilai keindahan pada Jam tersebut.

Image Source www.google.co.id
Image Source www.google.co.id

Jam Astronomi Praha atau nama lainnya Prague Astronomical Clock, memang sampai saat ini masih menjadi salah satu destinasi wisata yang ada didunia tepatnya di Republik Ceko. Setiap tanggal 09 Oktober selalu diperingati sebagai hari ulang tahun jam Astronomi Praha.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 9, 2015

Posted In: Hot News, Intermezzo

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami