Jangan Sampai Salah Pilih! Kenali Jenis Asuransi Kendaraan untuk Mobil dan Motor Kesayangan Anda

Aug - 22
2020
Jenis Asuransi Kendaraan

Jangan Sampai Salah Pilih! Kenali Jenis Asuransi Kendaraan untuk Mobil dan Motor Kesayangan Anda

Kenapa Anda Perlu Mengetahui Jenis Asuransi Kendaraan?

Memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil merupakan impian sebagian besar orang, apalagi bagi mereka yang sering bepergian, kendaraan menjadi salah satu aset penting. Namun, memiliki kendaraan pribadi ternyata bukan perkara yang mudah. Memiliki harga yang bervariasi mulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah, semua jenis kendaraan tetap memiliki risiko yang sama dan tidak bisa dihindari oleh pemiliknya seperti kecelakaan, bencana alam, pencurian dan lain sebagainya.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Untuk itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk mulai mempertimbangkan memberikan perlindungan terhadap kendaraan mereka demi menghindari beban finansial apabila terjadi risiko yang bisa sangat merugikan.

Saat membeli kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor, Anda akan ditawarkan dua jenis asuransi kendaraan oleh perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan perusahaan penjual kendaraan, yaitu asuransi all-risk dan total loss only (TLO) yang memiliki manfaatnya masing-masing untuk melindungi kendaraan Anda dari risiko yang tidak diinginkan. Agar tidak salah pilih, berikut pilihan asuransi kendaraan yang Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Asuransi All-Risk

Asuransi all-risk atau sering disebut juga asuransi comprehensive merupakan asuransi kendaraan yang menawarkan manfaat paling lengkap dan memiliki premi bervariasi yang cukup mahal. Tidak heran, karena asuransi ini bukan hanya menjamin akan membayarkan klaim untuk segala jenis kerusakan atau kehilangan kendaraan tapi juga menjamin perlindungan pengemudi dan penumpang kendaraan jika mengalami kecelakaan lalu lintas. 

Sebagai contoh, Anda berkendara mobil di jalan yang sempit, kemudian tanpa sengaja mobil lain dari arah yang berlawanan menyenggol mobil Anda dan menyebabkan kerusakan kecil pada badan mobil, karena Anda memiliki asuransi mobil all-risk, maka pihak asuransi bisa melakukan klaim untuk mengganti kerusakan tersebut. 

Selain itu, asuransi all-risk juga dapat membantu pemilik kendaraan untuk membayar ganti rugi kepada pihak lain apabila pemilik kendaraan menabrak kendaraan lain dan dituntut untuk memberikan ganti rugi yang disebut jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

 

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi kendaraan ini tidak berbeda jauh dengan asuransi all-risk yang bisa memberikan jaminan terhadap kerusakan atau kehilangan kendaraan, hanya saja asuransi TLO akan membayarkan klaim apabila kendaraan Anda mengalami pencurian atau kerusakan dengan biaya perbaikan setara atau lebih dari 75% dari harga kendaraan dan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pihak asuransi . Misalnya, saat mengendarai motor, Anda terserempet kendaraan lain yang menyebabkan motor Anda rusak total. Dengan asuransi motor TLO yang Anda miliki, maka pihak asuransi motor Anda akan membayarkan klaim kerusakan sesuai dengan besarnya premi. Makanya, asuransi TLO memiliki harga premi yang lebih murah dibandingkan asuransi all-risk.

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari kedua jenis asuransi kendaraan di atas, kini Anda bisa mulai mempertimbangkan asuransi mana yang harus Anda miliki saat membeli kendaraan baru. Ketahui juga perusahaan asuransi mana saja yang menawarkan asuransi kendaraan terbaik dengan premi yang worth it untuk kendaraan Anda dari website Cekpremi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *