Simak Ini! 6 Jenis Dongkrak Mobil dan Mekanisme Kerjanya

Aug - 09
2021
jenis dongkrak mobil

Simak Ini! 6 Jenis Dongkrak Mobil dan Mekanisme Kerjanya

Car Jack atau dongkrak mobil merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengangkat mobil, motor, atau benda-benda berat lainnya. Alat ini bekerja dengan sistem pengungkit dimana dapat membuat tenaga yang diperlukan untuk mengangkat benda berat menjadi lebih ringan. Dalam sistem kerjanya, ada beberapa jenis dongkrak mobil yang perlu Anda ketahui.

Dongkrak menjadi perkakas penting yang wajib dimiliki oleh pada pemilik mobil. Dongkrak biasanya digunakan untuk memudahkan dalam mengganti ban atau memeriksa dan memperbaiki komponen yang ada di kolong mobil.

Secara umum, dongkrak terbagi menjadi dua jenis yaitu dongkrak mekanis dan dongkrak hidrolik. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dongkrak hidrolik menghasilkan gaya angkat dari cairan yang bekerja menggunakan sistem fluida. Sementara dongkrak mekanik bekerja dengan mengandalkan roda gigi dan batang yang diputar sehingga menghasilkan gaya angkat.

Jenis dongkrak mobil sendiri ada bermacam-macam, diantaranya: dongkrak gunting, dongkrak botol, dongkrak buaya, dan lain-lain. Tentu saja, masing-masing dongkrak mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

6 Jenis Dongkrak Mobil yang Perlu Anda Ketahui

dongkrak mobil

1. Dongkrak Gunting atau Dongkrak Ketupat

Seperti namanya, dongkrak gunting memiliki prinsip kerja seperti sebuah gunting. Dongkrak ini juga disebut sebagai dongkrak ketupat karena bentuknya belah ketupat. Perkakas ini digunakan dengan memutar poros ulir yang terletak di salah satu sisinya. Keunggulan dari dongkrak ini adalah mudah disimpan dan dibawa kemana-mana karena bentuknya yang pipih.

2. Dongkrak Botol

Selain dongkrak gunting, jenis dongkrak mobil ini juga paling sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Jika dilihat sekilas, bentuk dongkrak satu ini mirip botol. Cara kerjanya cukup sederhana, yakni dengan cara dipompa. Selain mudah digunakan, dongkrak botol juga mudah disimpan dan dibawa kemana-mana.

3. Dongkrak Buaya

Dongkrak buaya adalah dongkrak mobil dengan sistem hidrolik yang bentuknya runcing dan memanjang seperti mulut buaya.

4. Dongkrak Penyangga

Dongkrak penyangga berbentuk kotak dengan sebuah pengungkit di salah satu sisinya. Dongkrak penyangga banyak digunakan oleh bengkel-bengkel untuk mengangkat motor. Kelebihan dongkrak penyangga adalah mudah dibawa dan mudah disimpan.

5. Dongkrak Kereta

Dongkrak kereta cocok gunakan untuk mengangkat mobil offroad dan mobil-mobil berbobot lebih besar dari mobil biasa lainnya. Dongkrak jenis ini mampu mengangkat beban dengan kapasitas sebesar 1 hingga 20 ton.

6. Dongkrak Gabungan Antara Botol dan Buaya

Jenis dongkrak mobil satu ini merupakan perpaduan antara dua jenis dongkrak, yakni dongkrak botol dan dongkrak buaya. Kelebihannya adalah bisa digunakan untuk mengangkat beban yang besar. Kapasitas umum dongkrak gabungan ini beragam, mulai dari 20 hingga 50 ton. Dengan kapasitas besar tersebut,dongkrak jenis ini termasuk kategori yang terlalu berat sehingga sulit digeser.

Setiap jenis dongkrak memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing, sesuai fungsi awal dibuat berdasarkan keperluan tertentu. Untuk membantu Anda menangani ban bocor dan permasalahan sejenis itu ketika berkendara, maka sangat disarankan agar Anda memiliki salah satu jenis dongkrak mobil di atas. Anda bisa memilih jenis apapun yang Anda rasa dapat Anda gunakan  saat mengalami ban bocor di tengah jalan.

Dengan memahami jenis dongkrak mobil, Anda bisa memilih jenis dongkrak mobil yang lebih tepat untuk digunakan. Memiliki dongkrak mobil memang bukan kewajiban, tetapi dengan memiliki perkakas satu ini, Anda sudah menunjukkan usaha dalam merawat kendaraan kesayangan Anda. Selain itu,Anda juga bisa menyiapkan asuransi kendaraan untuk perlindungan yang lebih besar. Temukan tawaran menarik yang Anda cari hanya di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *