Kenali Beragam Jenis Gudang berikut Fungsinya!

Mar - 28
2021
jenis jenis gudang

Kenali Beragam Jenis Gudang berikut Fungsinya!

Gudang merupakan salah satu fasilitas yang biasanya digunakan untuk menyimpan barang dalam skala unit yang besar. Orang-orang yang bergelut dalam dunia logistik biasanya memiliki beragam macam gudang dengan beragam fungsi penyimpanan. Ada yang dikhususkan untuk penyimpanan makanan, barang berat, hingga mesin crane. Di artikel kali ini Cekpremi akan membagikan info tentang apa saja jenis jenis gudang beserta kegunaannya!

Gudang sendiri dibagi menjadi 5 tipe yaitu:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

1. Gudang pribadi

Tipe gudang satu ini biasanya digunakan oleh para reseller barang yang memiliki stok barang untuk kemudian didistribusikan kembali.

2. Gudang publik

Gudang publik biasanya digunakan oleh para pelaku usaha logistik. Tujuan dari gudang publik ini adalah tentunya untuk menghemat biaya sewa/beli gudang.

3. Gudang otomatis

Gudang otomatis merupakan gudang yang tercipta berkat hasil inovasi teknologi. Dengan memanfaatkan conveyor belt untuk perpindahan barang dapat meminimalkan kebutuhan SDM sehingga cost juga dapat dipotong.

4. Gudang reefer (pendingin suhu)

Biasanya gudang satu ini digunakan untuk menyimpan bahan baku yang bisa kadaluarsa. Biaya yang diperlukan oleh gudang jenis ini juga sangatlah besar mengingat membutuhkan jumlah listrik yang tidak kecil untuk mengoperasikan nya.

5. Gudang pusat distribusi

Tipe gudang terakhir yang kami bahas adalah gudang pusat distribusi tipe gudang satu biasanya digunakan untuk tipe barang yang perputaran keluar masuknya tinggi. Biasanya yang menggunakan gudang tipe ini adalah Supermarket, perusahaan FMCG dan lainnya

Setelah membahas berbagai tipe gudang yang ada selanjutnya kami akan membahas mengenai jenis jenis gudang beserta kegunaannya

1. Gudang penyimpanan bahan baku

Biasanya jenis gudang satu ini dapat kalian temukan di daerah pusat industri. Gudnag satu ini biasanya dipakai untuk menyimpan berbagai jenis bahan mentah seperti: karet, bijih besi, bijih plastik dan lain-lain. Harga sewa yang ditawarkan untuk jenis gudang ini relatif lebih murah dikarenakan tidak memerlukan fasilitas tambahan.

2. Gudang untuk barang setengah jadi

Gudang ini biasanya digunakan untuk menyimpan bahan penunjang untuk proses produksi lainnya. Berikut beberapa contoh aktivitas yang dilakukan di gudang tempat penyimpanan barang setengah jadi:

– Melakukan proses packing
– Pemasangan label biasanya untuk barang impor yang masuk ke Indonesia
– Tempat perakitan komputer (pemasangan prosessor, kartu grafis dan lainnya)

3. Gudang penyimpanan hasil produksi

Gudang yang biasanya dipakai untuk menyimpan stok-stok sisa dari banyak toko. Tujuan utamanya adalah jika sewaktu waktu permintaan customer meledak maka bisa melakukan restock dengan cepat.

Sistem pembayaran yang biasaya dipakai adalah per minggu dan per bulan.

4. Gudang cross docking

Biasa dipakai oleh para pemilik bisnis jasa ekspedisi untuk memudahkan memindahkan barang dari 1 truk ke truk lainya. Oleh karena itu luas lahan yang dibutuhkan sangatlah luas.

5. Gedung pusat transhipment

Fungsi utama dari gedung satu ini adalah sebagai tempat untuk memproses barang sebelum barang produksi dikirimkan ke tempat tujuan.

6. Gudang pusat sortir

Tipe gudang satu ini juga biasanya digunakan oleh ekspedisi untuk membagi barang yang masuk sesuai ke lokasi/kode pos tujuan.

Jadikan gudang anda lebih terproteksi dengan berbagai pilihan produk asuransi ternama dari Cekpremi!

Harga sebuah gudang tidaklah murah dan musibah bisa saja menimpa kapanpun namun kalian tidak perlu khawatir karena adanya produk asuransi properti yang menjadikan gudang kalian tentunya lebih aman dari segala musibah! Segera pilih berbagai jenis produk asuransi ternama hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *