Waspada Jasa Joki Pinjol! Begini Cara Kerja dan Upahnya

joki pinjol

Anda tengah mengalami kesulitan finansial? Hati-hati dengan penawaran manis dari joki pinjol melalui aplikasi chat seperti Whatsapp dan juga sms. Saat ini jasa joki pinjaman online begitu marak di masyarakat yang menimbulkan banyak kerugian.

Apabila Anda baru pertama kali mendengar istilah ini lebih baik mempelajarinya terlebih dahulu agar tidak terkena tipu. Pasalnya operasi joki ini bukan hanya mengakses pinjaman dengan nilai ratusan ribu tapi sampai belasan dan puluhan juta.

Apa Itu Jasa Joki Pinjol dan Risikonya

Istilah joki sendiri tentu sudah sangat familiar di masyarakat. Joki merupakan orang yang akan membantu Anda untuk mengakses layanan tertentu. Anda yang pernah menggunakan jasa calo maka joki akan memberikan layanan yang kurang lebih sama. Contohnya joki untuk membantu Anda memperpanjang STNK yang bermasalah.

Pada pembahasan kali ini joki akan bekerja untuk membantu Anda mengakses pinjaman online. Ketika Anda mendapat kesulitan untuk mengakses pinjaman online maka joki ini akan mengurusnya sampai selesai dan dana cair.

Kedengarannya jasa joki ini sangat membantu dan berdampak positif, namun di balik itu semua ada risiko yang akan Anda dapatkan.

  • Biaya Layanan yang Sangat Tinggi

Meminjam di aplikasi online saja Anda sudah dikenakan bunga dan admin besar sedangkan jasa joki juga akan memberikan biaya layanan yang tak kalah tingginya. Hal ini membuat uang yang akan Anda dapatkan tentu saja semakin sedikit. Padahal Anda harus melunasi pinjaman beserta bunganya nanti.

  • Penipuan

Risiko penipuan joki pinjol juga sangat tinggi, di mana Anda mungkin saja tidak mendapatkan uang yang dibutuhkan. Jasa akan mencairkan dana tanpa memberikannya kepada Anda. Jika Anda ingin meminjam uang sampai belasan juta tentu akan sangat dirugikan bukan?

  • Akses ke Pinjaman Online Ilegal

Lebih berbahaya lagi jika pinjaman online yang diakses ilegal. Artinya aplikasi atau layanan pinjol yang diakses tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau lembaga keuangan resmi lainnya. Hal ini bisa membuat Anda terjerat bunga yang tidak masuk akal atau lebih tinggi dari suku bunga yang ditetapkan Bank Indonesia (BI).

  • Data yang Disalahgunakan

Sudah banyak masyarakat yang memiliki pengalaman menggunakan joki pinjol dan akhirnya kecewa karena datanya disalahgunakan. Sebagai informasi bahwa saat mengajukan Anda harus menyerahkan data seperti KTP dan NPWP. Data ini bisa saja tersebar dan digunakan untuk akses pinjaman online lebih banyak.

See also Pajak Penghasilan: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Cara Kerja Joki Pinjoldan Besaran Upahnya

Demi bisa menghindari jasa joki ini maka Anda perlu tahu bagaimana cara kerjanya sehingga bisa dikatakan berbahaya. Pasalnya jasa ini akan memanfaatkan data Anda sebagai calon debitur di aplikasi pinjaman online.

Berikut ini cara kerja joki yang perlu Anda pahami.

  • Menawarkan Layanan

Jasa akan menawarkan layanan mereka melalui sms, chat WA atau Telegram sampai dengan telepon. Pesan yang dikirim tentu saja penuh dengan iming-iming yang menarik seperti dijamin pasti cair, fee diberikan setelah dana cair bahkan layanan hapus data blacklist.

Anda akan digiring dengan kata-kata manis agar segera menghubungi jasa melalui nomor yang mengirim pesan tersebut. Tidak ada jaminan yang ditawarkan jika Anda ingin mengakses layanan mereka.

  • Meminta Data Pribadi untuk Pengajuan Pinjaman

Apabila Anda menghubungi langsung joki pinjol maka mereka akan segera meminta data pribadi dengan alasan untuk mengajukan pinjaman. Jadi jasa ini tidak akan menggunakan data mereka melainkan data pribadi Anda sebagai debitur.

Sudah jelas sekali dalam hal ini bahwa data Anda berisiko tersebarluaskan mengingat joki ini bukanlah layanan yang resmi. Beberapa data yang diminta biasanya KTP, NPWP, slip gaji sampai dengan foto selfie.

  • Mengajukan Pinjaman

Jasa akan langsung mengajukan pinjaman melalui aplikasi pinjol legal maupun ilegal yang tersedia sesuai dengan nominal yang Anda butuhkan. Hanya saja data utama seperti KTP akan mengikuti data yang Anda berikan sedangkan data lainnya akan diisi secara asal. Misalnya data tempat bekerja atau pendapatan.

  • Joki Pinjol akan Meminta Bagi Hasil

Saat dana di aplikasi sudah cair maka jasa akan meminta bagi hasil yang mungkin saja jumlahnya tidak akan Anda bayangkan. Rata-rata upah dari jasa ini bisa sampai 10% dari total pinjaman yang Anda inginkan. Padahal Anda masih harus membayar bunga dan admin dari aplikasi pinjol.

See also Bank Sentral: Definisi, Fungsi dan Daftarnya di Luar Negeri

Apabila Anda tidak segera membayar biaya layanan maka pihak joki bisa melakukan penagihan dengan bentuk ancaman. Mengingat mereka sudah mengetahui data Anda maka bisa saja mereka datang ke rumah dan melakukan penagihan secara kasar.

Cara agar Tidak Terjerat Joki Pinjol

Sampai saat ini sudah banyak penipuan joki pinjol di Telegram, Whatsapp, SMS dan media lainnya yang merugikan. Kebanyakan jasa akan menyasar masyarakat yang kesulitan finansial, sudah mendapatkan blacklist dari bank, bahkan gagal bayar pinjaman.

Anda yang tidak ingin terjerat dengan penipuan dari jasa ini bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Jangan Tertarik dengan Tawaran yang Muncul

Ada banyak cara para joki bisa mendapatkan kontak Anda sehingga berbagai pesan penawaran pun akan Anda dapatkan. Bahkan beberapa memiliki iming-iming yang menarik dan membuat Anda ingin menggunakan jasanya.

Sebaiknya setiap kali ada pesan yang muncul Anda bisa mengabaikannya. Ketika sering mengabaikan maka jasa lama kelamaan tidak akan mengirimkan pesan ke nomor Anda lagi.

  • Bijak dalam Mengakses Pinjaman Online

Anda harus lebih bijak ketika mengakses pinjaman online. Pertama pastikan untuk menggunakan aplikasi yang legal. Kedua selalu pinjam sesuai dengan kemampuan. Ketiga jangan pernah menunggak, selalu melunasi pinjaman dengan begitu Anda tidak perlu menggunakan joki.

Bahkan ketika Anda gagal membayar pinjaman online, masih ada kesempatan untuk bisa melunasi bersama dengan bunganya. Tidak perlu Anda menggunakan joki galbay agar track record menjadi kembali baik.

Layanan pinjaman online memang sangat menggiurkan apalagi dengan nominal yang tinggi. Anda pun bisa membeli barang berharga seperti mobil yang nilainya sampai ratusan juta rupiah. Anda yang sudah mengakses pinjaman online untuk membeli mobil jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil.

See also 6 Tips Hidup Hemat di Jakarta, Cermati agar Tidak Boros!

Asuransi akan memberikan proteksi kepada finansial Anda ketika terjadi hal tidak diinginkan seperti kerusakan padahal cicilan belum lunas. Segera cek asuransi mobil terbaik melalui cekpremi.com. Bandingkan sendiri mansa asuransi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Sumber:

Kumparan

Kompas

Okezone

Grid