Kapan Kampas Rem Mobil Harus Diganti? Cari Tau Yuk!

Mei - 29
2021
ciri kampas rem habis

Kapan Kampas Rem Mobil Harus Diganti? Cari Tau Yuk!

Dalam komponen mobil, kampas rem berfungsi untuk menekan piring cakram yang berputar mengikuti putaran ban. Umumnya, terbuat dari bahan semi metal, keramik, asbes, atau sinter. Setiap bahan memiliki kekuatannya masing-masing dengan harga yang tentunya berbeda pula. Semakin bagus bahan kampas rem mobil, semakin mahal harganya. 

Penggunaan mobil setiap hari, bisa membuat kampas rem menjadi menjadi menipis. Jika dibiarkan terus-menerus, bisa berbahaya lho, bahkan menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri kampas rem mulai habis, berikut penjelasannya:

Ciri Kampas Rem Mobil Mulai Habis

kampas rem mobil

Terdengar Suara Berdecit

Ketika mengerem dan terdengar suara seperti berdecit, tandanya kampas rem Anda mulai habis dan perlu diganti. Bunyi tersebut ditimbulkan oleh gesekan antar logam atau besi, dan bisa dipastikan sistem pengereman tidak lagi terkena kampas. 

Pedal Rem Bergetar Saat Diinjak

Ketika kampas rem mulai habis, permukaannya tidak lagi rata sehingga menjadi bergetar ketika diinjak. Tak hanya terasa sampai pedam rem saja, getaran ini bisa terasa sampai ke setir mobil lho ketika kondisi bertambah buruk. 

Rem Tidak Pakem

Ciri-ciri ini termasuk yang paling terasa. Ketika Anda harus menekan pedal rem lebih dalam agar sistem pengereman lebih baik. Kadang juga sampai pengereman tidak maksimal padahal Anda sudah menekan pedal lebih dalam. Kalau sudah begini, penggantian kampas rem harus dilakukan agar tidak berbahaya ketika berkendara. 

Kapan Waktunya Ganti Kampas Rem?

Umumnya, waktu penggantian kampas rem mobil matic adalah setiap 35.000 km sampai 40.000 km. Sedangkan untuk mobil dengan transmisi manual bisa lebih awet, hingga 70.000 km. Mengapa mobil matic lebih pendek usianya? Hal ini karena kampas rem pada mobil matic memiliki tugas yang lebih berat, dimana mesin mobil selalu memberikan dorongan walaupun dalam posisi berhenti. 

Biaya Ganti Kampas Rem Mobil

Untuk biaya ganti kampas rem mobil, sebenarnya bervariasi tergantung jenis mobil yang dimiliki. Pastikan untuk mengganti kampas rem yang tepat, cari tau apakah jenis yang digunakan rem tromol alias drum brake atau cakram alias disc brake. Kisaran harga kampas rem tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 65 ribuan sampai Rp 200 ribuan. 

Pilihan Merk Kampas Rem Terbaik

Kalau masih bingung untuk menentukan kampas rem kendaraan Anda, berikut adalah rekomendasinya.

Birkens 

Merk impor ini cukup terkenal dan paling banyak dicari. Materialnya dijamin berkualitas untuk mendukung performa pengereman mobil. Keunggulan lainnya adalah suara yang minin sehingga tidak mengganggu dan menimbulkan getaran saat pengereman. Harga di pasaran berkisar Rp 200 ribuan. 

Bosch 

Kampas rem Bosch dirancang cocok untuk hampir semua jenis dan ukuran kendaraan penumpang. Biasanya banyak digunakan untuk mobil dengan bobot ringan, seperti SUV atau city car. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 300 ribuan, cukup affordable dengan berbagai keunggulannya. Terbuat dari bahan organik atau non asbes, sehingga dapat meminimalisir gesekan dari pengereman dalam kecepatan tinggi, hujan deras, maupun perubahan suhu ekstrem. 

Akebono brake 

Keunggulan yang ditawarkan dari produk ini adalah sistem ultra quite yang mana tidak menghasilkan suara saat mengerem. Kemudian ada low dusting yang tidak menghasilkan debu kampas, serta smooth braking untuk kestabilan saat pengereman. Harga di pasaran berkisar Rp 240 ribuan. 

Bendix 

Berasal dari Amerika, merk ini juga banyak diminati dan digunakan untuk berbagai jenis mobil. Material bahannya terbuat dari keramik dengan teknologi hybrid fusion yang lebih pakem 30% dibandingkan merk lain. Selain itu juga tahan terhadap suhu panas tinggi dan memiliki umur pakai yang lebih lama. Untuk harganya dibanderol Rp 300 ribuan. 

Kampas rem mobil menjadi salah satu elemen penting dalam keselamatan dan keamanan mobil. Bayangkan jika kampas rem habis, bisa saja terjadi kecelakaan yang tidak diduga. Anda juga dapat melindungi kendaraan dengan asuransi untuk menghindari kerugian keuangan besar saat terjadi kecelakaan. Dapatkan penawaran terbaiknya di cekpremi.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi