Kenali Jenis Ban Mobil yang Cocok untuk Jalanan Aspal

jenis ban mobil

Artikel ini akan membahas jenis ban mobil. Jenis ban mobil merupakan salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Apalagi ketika mobilmu akan menempuh perjalanan jauh. Dengan jenis ban yang tidak sesuai atau kondisi ban yang buruk, maka kenyamanan berkendaramu akan terganggu. Simak beberapa jenis ban mobil yang cocok di jalanan aspal berikut ini.  

1. AT (All Terrain)

Ban AT (All Terrain) merupakan jenis ban yang mampu bekerja dengan baik di jalanan on road maupun off road. Ban ini biasanya digunakan pada mobil SUV atau mobil dengan spesifikasi 4WD lainnya. Apabila digunakan pada medan on road/jalan aspal, ban ini tidak menimbulkan suara bising. Hanya saja jangan memaksakan untuk melewati jalanan yang terlampau off road, karena alur ban jenis ini tidak cukup kuat untuk mencengkeram medan yang terlalu berat.

2. HT (Highway Terrain)

Selanjutnya, jenis ban HT (Highway Terrain). Ban HT diprioritaskan untuk digunakan pada medan jalan on road seperti aspal halus. Jenis ban ini biasa digunakan pada mobil-mobil city car, hatchback, MPV atau sedan. Mobil-mobil ini memang biasanya digunakan pada jalanan perkotaan. Namun, ban ini juga digunakan pada beberapa mobil balap.

3. RFT (Run Flat Tire)

Ban RFT (Run Flat Tire) adalah jenis ban mobil yang tetap dapat dipakai di tekanan angin 0. Jenis ban ini dapat berjalan dengan aman meski kondisinya kempis atau tanpa angin. Tentu berbeda dengan ban konvensional yang justru akan rusak apabila digunakan dalam keadaan kempis. Oleh karena itu, ban RFT biasa digunakan pada mobil-mobil mahal dan mewah. RFT mampu digunakan tanpa adanya angin dalam mobil sampai kecepatan 80 km/jam.

4. Comfort

Jenis ban selanjutnya adalah comfort. Tipe ini hampir sama dengan tipe HT karena memang digunakan untuk mobil yang sering melewati jalanan beraspal. Daya cengkeram ban ini lebih kuat karena dibuat dari karet tebal dengan celah alur yang rapat. Selain itu, jenis ban ini juga lebih tahan panas. Ulir ban tipe comfort akan mempercepat aliran udara ketika berada di permukaan jalan. Jadi, daya tahannya pun lebih kuat sehingga masa pakainya lebih lama. Comfort  cenderung memiliki ketahanan panas yang lebih baik.

5. Performance

Kemudian, terdapat tipe comfort. Tipe ini membuat kendali mobil yang lebih stabil. Ban performance memiliki alur yang lebih sedikit. Jadi, performance memang digunakan untuk mobil balap dengan trek aspal kering. Namun, ban ini tidak cocok digunakan saat hujan karena sedikitnya alur ban ini membuat ban menjadi licin.

6. Eco tire 

Ban jenis eco tire  digunakan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Jenis ban ini dilengkapi lapisan silika sehingga daya cengkeraman ban ke jalan menjadi lebih baik. Lapisan silika juga mampu membuat rolling resistance berkurang, sehingga mobil gampang melaju tanpa membuat bahan bakar menjadi boros.

7. Tubeless

Pasti kamu tidak asing dengan istilah ‘tubeless’. Ban tubeless adalah jenis ban yang banyak digunakan mobil saat ini. Tubeless dirancang khusus oleh pabrikan mobil supaya dapat menahan udara tanpa menggunakan ban dalam. Tipe ini memiliki lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara. Lapisan dalam ini mampu mencegah ban langsung bocor saat tertusuk benda tajam.

Apabila kendaraanmu rusak, kamu tentu memerlukan asuransi mobil. Kamu tidak perlu pusing dengan biayanya karena akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Mega Insurance, Simas Insurtech, dan Staco Mandiri.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antarany; RSMDCCTS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH III, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assisstant. 

Simas Insurtech menyediakan tiga pilihan polis, yaitu asuransi jaminan kerugian total (TLO), jaminan lengkap (komprehensif), dan jaminan pihak ketiga. Kamu juga akan dimanjakan dengan pelayanan yang cepat dan mudah, mulai dari penerbitan polis yang real time dan kemudahan klaim. 

Staco Mandiri membagi asuransi kendaraan bermotor ke dalam dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback hingga 25%.  

Pertanyaan Seputar Jenis Ban Mobil

Jenis ban mobil apa saja?

Jenis ban mobil ada berbagai macam. Di antaranya yaitu ban bias, comfort tire, ban radial, performance tire, spare tire, tubeless, eco tire, all terrain, highway terrain

Berapa lama usia pakai ban mobil?

Usia ideal untuk ban adalah 3 tahun. Segeralah mengganti ban saat usia pakainya sudah lebih dari 3 tahun karena biasanya ban sudah mengeras atau tidak lagi lentur, sehingga tidak lagi nyaman untuk tetap dipakai.