Kenali Jenis Penyakit yang Tercover Asuransi Kesehatan

penyakit tercover

Saat memiliki asuransi kesehatan, tak jarang kita merasa bingung dengan jenis penyakit yang tercover oleh asuransi. Ada beberapa jenis penyakit yang tercover asuransi kesehatan dan ada juga yang tidak dapat dicover. Untuk memahami jenis penyakit yang tercover asuransi kesehatan, kamu dapat menyimak artikel di bawah ini, ya!

Penyakit Usia 40-an

Merasa gampang sakit? Kamu nggak sendirian. Penurunan daya tahan tubuh memang wajar seiring bertambahnya usia. Faktanya, penuaan tidak hanya terjadi pada kulit, tapi juga pada imun tubuh kamu. Dampaknya, fungsi sistem imun kamu menurun dan “lupa” bagaimana caranya menangkal penyakit. Ahli medis bahkan menyarankan ketika kepala 4 sebaiknya rutin melakukan general check up untuk memantau kondisi tubuh. Berikut ini beberapa penyakit yang cenderung menyerang usia 40 tahun:

1. Radang Sendi

Radang sendi sebenarnya dapat dialami semua kalangan. Namun, penyakit ini paling sering menyerang orang di atas usia 40 tahun. Kondisi ini menyebabkan sendi kaku dan sulit digerakkan. Berdasarkan penyebabnya, radang sendi yang paling sering terjadi adalah osteoarthritis (mengakibatkan gesekan langsung antar tulang) dan rheumatoid arthritis (karena penyakit autoimun).

2. Low Back Pain

Nyeri punggung bawah (low back pain) adalah rasa nyeri pada pinggang atau tulang punggung bagian bawah. Sakitnya bisa terasa hingga ke bokong dan paha. Pada beberapa kasus, nyeri yang dirasakan penderitanya bisa menjalar hingga ke kaki. Posisi tubuh yang salah ketika duduk, tidur, atau bergerak bisa memicu nyeri punggung.

3. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis akibat tingginya kadar gula (glukosa) darah. Jika diabetes tidak diatasi, maka dapat muncul komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

4. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah kondisi kadar kolesterol berlebih di dalam darah. Jika dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Makin banyak penyakit yang dialami, obatnya juga jadi makin banyak. Biayanya juga tidak sedikit. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu menggunakan asuransi kesehatan sebelum usiamu menginjak 40an atau terserang banyak penyakit yang disebabkan gaya hidup tidak sehat. Asuransi ini akan menangani masalah kesehatan dan menanggung segala biaya pengobatanmu. Dengan asuransi kesehatan, segala fasilitas dan proses pengobatan dapat diperoleh secara maksimal tanpa biaya tambahan.

Penyakit yang Dicover Asuransi Kesehatan

Berikut ini contoh penyakit yang biasanya masuk ke dalam tanggungan asuransi kesehatan. Namun, tidak semua perusahaan asuransi menyediakan fasilitas yang sama. Kamu perlu mencermati kembali sebelum memutuskan.

  1. Transplantasi (usus kecil, kornea)
  2. Pemasangan alat pacu jantung
  3. Luka bakar
  4. Trauma pada kepala
  5. Hepatitis B atau C karena pekerjaan
  6. Meningitis bakteri
  7. Koma 48 jam
  8. Komplikasi kehamilan (pendarahan postpartum lepasnya plasenta, emboli cairan ketuban)
  9. Gagal ginjal
  10. Kelainan pembuluh darah

Penyakit yang Berpotensi Tidak Ditanggung Asuransi Kesehatan

Setiap instansi asuransi memiliki kewenangan yang beragam dalam menentukan penyakit yang ditanggung maupun tidak. Namun, kamu perlu memperhatikan beberapa penyakit yang mungkin tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan.

1. HIV/AIDS

Penyakit HIV/AIDS belum ada obat “pakem”nya. Selama ini obat yang kita tahu hanya mengurangi gejala keparahannya saja. Sebagian perusahaan asuransi masih menganggap HIV/AIDS sebagai keteledoran penderita karena jarum suntik narkoba atau akibat seks bebas.

2. Penyakit Akibat Wabah atau Bencana

Kolera, polio, ebola bahkan COVID-19 merupakan wabah yang sering muncul pada daerah tertentu. Penyakit tersebut menyebar dengan sangat cepat dan cakupannya luas. Jumlah penderitanya naik secara drastis dengan cepat. Itulah mengapa penyakit wabah jarang ditanggung asuransi.

3. Penyakit Bawaan

Banyak perusahaan asuransi yang tidak menanggung biaya pasien dengan cacat genetic atau penyakit keturunan. Biasanya penyakit bawaan yang tidak ditanggung yaitu asma, hernia sejak lahir, penyakit mental, dan lain-lain. Bila memang ditanggung, biayanya biasanya baru dapat dibayarkan ketika nasabah minimal telah dua tahun menjadi peserta asuransi.

4. Kunjungan ke Dokter yang Bertujuan untuk Estetika

Perawatan gigi (behel), operasi bedah plastik, hal yang berhubungan dengan kecantikan, dan sejenisnya tidak ditanggung asuransi kesehatan. Hal itu karena kondisi-kondisi tersebut tidak dianggap darurat, disengaja, dan bukan untuk tujuan medis.

5. Operasi Caesar

Untuk kerabat atau keluarga terdekatmu yang mau melahirkan, coba cek kembali lembar persetujuan asuransimu. Kamu perlu memastikan apakah perusahaan asuransimu menjamin biaya melahirkan. Asuransi kesehatan biasanya hanya menanggung operasi normal. Apalagi jika tindakan Sectio Caesaria dilakukan bukan karena alasan medis yang membahayakan ibu atau bayinya.

Asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pasific Cross Malacca Trust, Lippo Healthplus, dan Simas Insurtech. Lippo Healthplus menyediakan proteksi maksimal dengan nilai pertanggungan sesuai dengan yang dibayarkan pertahun. Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 1.000 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi eBenefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim.

Buat kamu yang ingin menyesuaikan budget, kamu bisa memilih asuransi kesehatan Pasific Cross Malacca Trust. Dengan budget yang ekonomis untuk produk M Safe seperti rawat inap dan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Namun, terdapat batas tertentu untuk limit pertanggungannya ya. Apabila pengobatan medismu tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mendapatkan perlindungan medis rawat inap dan rawat jalan di seluruh dunia.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan cashback hingga 10% dengan penawaran terbaik. Cekpremi mempunyai berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Penyakit Tercover Asuransi Kesehatan

Bagi kamu yang sedang mencari asuransi kesehatan, banyak pertanyaan terkait penyakit yang tercover di asuransi kesehatan. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang sering muncul.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa saja yang ditanggung asuransi kesehatan?” answer-0=”Asuransi ini dapat mengganti pengeluaran medis akibat sakit atau terluka, serta membayar biaya perawatan medis secara langsung.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja yang tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan?” answer-1=”HIV/AIDS, penyakit kronis, penyakit akibat wabah/bencana, operasi caesar, penyakit bawaan, estetika” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]