Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan BPJS dan Swasta

asuransi bpjs dan swastaPastinya jika sudah membicarakan soal kesehatan, kita akan melakukan apapun demi menjaga kebugaran tubuh kita. Karena tidak ada satu orang pun yang ingin jatuh sakit sampai kehilangan nyawanya. Bahkan tidak sedikit juga ada sebagian dari anda yang mungkin rela mengeluarkan biaya yang cukup besar demi mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang anda derita. Tidak jarang juga orang Indonesia yang menjalankan perawatan sampai keluar negeri seperti Singapore, Jerman, dan Amerika yang terkenal karena kecanggihan alat kedokterannya.

Tapi tahukah jika anda mendaftarkan diri anda pada asuransi kesehatan pemerintah seperti BPJS atau asuransi swasta yang ada di Indonesia. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan untuk masalah financial dengan biaya yang tinggi. Semua sudah di tanggung oleh Asuransi yang mengklaim segala permasalahan anda dari segi kesehatan. Disini saya akan memaparkan keuntungan jika anda gunakan asuransi kesehatan BPJS dan Asuransi swasta:

1. Rumah Sakit

BPJS hanya bisa digunakan pada rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan pemerintah. Masih banyak rumah sakit swasta yang belum bekerjasama dengan program pemerintah BPJS. Jika tidak ada kerjasama, pasien tidak bisa menggunakan jaminan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Namun jika pasien butuh penanganan gawat darurat, akan tetap dilayani, BPJS memperbolehkan perawatan di rumah sakit yang belum bekerjasama. Setelah kondisi gawat darurat sudah diatasi, pasien akan segera dirujuk  kerumah sakit lainnya yang sudah bekerjasama dengan program pemerintah.

Ini berbeda dengan asuransi kesehatan swasta. Asuransi kesehatan swasta biasanya menerima klaim dari semua rumah sakit, termasuk yang belum kerjasama. Perbedaannya jika belum kerjasama, pembayaran klaim dilakukan cara reimbursement (peserta membayar duluan), sedangkan yang sudah bekerjasama, pembayaran cukup dilakukan dengan kartu (cashless).

2. Sistem Berobat

Dalam program pemerintah  BPJS berlaku sistem rujukan berkala. Peserta harus datang terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan (faskes I) tingkat pertama, yaitu klinik, puskesmas atau dokter keluarga, yang sudah tetapkan oleh BPJS. Fasilitas kesehatan tingkat pertama akan mendiagnosa dan memberikan rujukan kepada pasien untuk ke rumah sakit yang kerjasama dengan BPJS.

Dalam asuransi kesehatan swasta tidak ada sistem rujukan berkala. Pasien bisa langsung ke rumah sakit mana saja untuk rawat inap. Prosesnya lebih sederhana dan cepat jika dibandingkan dengan BPJS.

3. Besarnya Iuran

Dibandingkan  dengan premi asuransi kesehatan swasta, iuran BPJS ini sangat murah, maksimal perorang hanya dikenakan biaya sekitar Rp 60 ribu per bulan.

Sementara itu premi asuransi kesehatan murni (tanpa investasi, premi hangus) paling tidak biayanya menyentuh angka Rp 300 sampai Rp 500 ribu per orang per bulan.

Premi BPJS berlaku tarif yang sama untuk semua umur, perokok, dan jenis ini sangat berbeda dengan asuransi kesehatan swasta. Dalam asuransi kesehatan, semakin tua umur seseorang, maka premi yang harus di bayarkan akan semakin mahal. Ada pula perbedaan premi antara laki dan perempuan serta status bagi seorang perokok.

 

Kesimpulan

Setelah melihat perbandingan ini diatas, kita bisa melihat bahwa BPJS dan asuransi kesehatan swasta memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ada beberapa opsi yang bisa kita pilih.

Opsi 1

Anda bisa menggunakan BPJS dan Asuransi Kesehatan. Sebaiknya punya BPJS dan Asuransi Kesehatan. Keduanya bisa saling melengkapi. Namun, pilihan ini tentu akan membuat biaya asuransi keluarga menjadi lebih mahal dari biasanya.

Opsi 2

Anda cukup memiliki Asuransi Kesehatan. Kecepatan, fleksibelitas dan kemudahan yang di berikan itu yang utama dalam proses berobat. Keterbatasan pilihan rumah sakit merupakan kendala yang sangat serius, dikarenakan berpindah dokter tidaklah mudah. Makanya, asuransi kesehatan swasta bisa menjadi pilihan.

Opsi 3

BPJS, jika anda memiliki budgetnya yang terbatas, karena premi asuransi kesehatan yang sangat mahal dan memberatkan, BPJS bisa menjadi solusinya anda bisa Memiliki jaminan kesehatan adalah hal yang wajib karena biaya berobat yang semakin mahal. Harapannya proses di BPJS bisa semakin baik dan cepat tanggap.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 7, 2016

Posted In: Health

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami