Khasiat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

kayu bajakah

Artikel ini membahas tentang khasiat kayu bajakah untuk kesehatan. Akhir-akhir ini tanaman bajakah menjadi perbincangan hangat. Padahal tanaman ini sudah digunakan oleh Suku Dayak di Kalimantan sebagai obat herbal sejak dulu. Khasiat kayu bajakah dipercaya dapat mengobati kanker. Tinggi tanaman bajakah dapat mencapai 23 meter dan tumbuh subur di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Daun tanaman bajakah masuk dalam kategori daun lebar. Apa saja khasiat kayu bajakah untuk kesehatan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Kandungan Kayu Bajakah

  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Tannin
  • Steroid
  • Fenol

Khasiat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Imun tubuh yang rendah mengakibatkan kamu mudah terserang banyak penyakit. kayu bajakah memiliki kandungan saponin atau zat kimia glikosida aktif. Saponin terdapat pada berbagai tumbuhan, sayuran, atau biji-bijian. Zat ini mampu menyesuaikan sistem imun tubuh, yang disalurkan oleh sel, serta bisa meningkatkan zat antibodi.

  • Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang penyebab utamanya adalah kadar gula darah yang tinggi pada tubuh dan dapat mengganggu organ tubuh lainnya. Akar bajakah mengandung senyawa flavonoid. Flavonoid ini dapat mengatur metabolisme glukosa, aktivitas enzim hati, serta profil lipid.

  • Menurunkan Risiko Kanker

Kayu bajakah mampu menurunkan risiko penyakit kanker karena mengandung fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan bekerja dengan cara melacak radikal bebas dan menetralkan efek berbahaya sehingga membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan menurunkan risiko penyakit kanker.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Kayu bajakah dapat mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan perdarahan pada luka. Senyawa saponin dan tanin yang terkandung dalam kayu dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Itu akan mendukung proses penyembuhan luka.

  • Mencegah Penyakit Artritis

Artritis adalah kondisi peradangan pada sendi yang menyebabkan nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Kayu bajakah mengandung tanin. Fungsi tanin adalah melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat, artritis, atau kondisi peradangan lainnya.

Efek Samping Kayu Bajakah

Setelah mengetahui khasiat kayu bajakah, kamu juga perlu mengetahui efek sampingnya. Meskipun kayu telah digunakan untuk terapi kanker, tetapi secara ilmiah belum dapat dibuktikan. Hal itu berarti, perlu adanya penelitian lebih lanjut. Pada dasarnya tidak semua obat herbal bebas efek samping. Begitu juga dengan obat-obatan tradisional yang menggunakan kayu bajakah. Tanaman ini bisa saja berpotensi menghasilkan masalah kesehatan.

Cara Mengolah Kayu Bajakah

  1. Potong kayu bajakah menjadi ukuran kecil dan agak tipis.
  2. Jemur di bawah sinar matahari langsung, pastikan kayu bajakah hingga benar-benar kering.
  3. Hancurkan kayu bajakah yang sudah dikeringkan hingga halus menjadi bubuk. Untuk menghaluskannya, kamu bisa menggunakan penumbuk manual atau blender.
  4. Jika sudah menjadi bubuk, seduh dengan air panas untuk dikonsumsi. Gunakan takaran 1 gram bubuk kayu bajakah dengan seduhan 500 ml air.
  5. Aduk hingga warna air seduhan menjadi coklat bening.
  6. Minum setidaknya satu gelas seduhan kayu bajakah setiap hari.

Proteksi diri juga akan semakin lengkap apabila kamu menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pasific Cross Malacca Trust dan Lippo Healthplus.

Buat kamu yang ingin menyesuaikan budget, kamu bisa memilih asuransi kesehatan Pasific Cross Malacca Trust. Dengan budget yang ekonomis untuk produk M Safe seperti rawat inap dan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Namun, terdapat batas tertentu untuk limit pertanggungannya ya. Apabila pengobatan medismu tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mendapatkan perlindungan medis rawat inap dan rawat jalan di seluruh dunia.

Lippo Healthplus menyediakan proteksi maksimal dengan nilai pertanggungan sesuai dengan yang dibayarkan pertahun. Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 900 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi eBenefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim. Jangan khawatir jika kamu atau keluarga tiba-tiba sakit karena Lippo Healthplus menyediakan 24 jam contact center dan monitoring. Mereka juga menyediakan Personal Medical Assistance dan memberikan santunan tunai harian rawat inap di rumah sakit.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan promo menarik. Kami punya berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap dengan harga terbaik. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Khasiat Kayu Bajakah

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa ciri-ciri kayu bajakah?” answer-0=”Tanaman bajakah memiliki ciri-ciri berupa batang yang besar dan juga kokoh. Akar dari tanaman ini bisa tumbuh menjadi sangat panjang dan akan merambat hingga lebih dari 5 meter. Bagian akar inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah kayu Bajakah bisa direbus berkali kali?” answer-1=”Potongan bajakah bisa direbus sampai dua kali pemakaian, tetapi dengan catatan potongan pertama bajakah tidak boleh disimpan dalam lemari pendingin.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]