Kondisi Jalanan Bikin Anda Stress? Ini Dia Solusinya

Solusi mengatasi Stress saat mengemudi
Image Source en.tempo.co

Kondisi lalu lintas yang padat, pengemudi yang ugal-ugalan, kondisi jalan yang kurang baik, serta sopir kendaraan umum yang sering “ngetem” sembarangan di pinggir jalan tentu membuat stress para pengemudi di Jakarta. Yap,kota dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini memang menyimpan segudang problem lalu lintas. Ada baiknya anda para pengemudi untuk lebih sabar dan dapat mengendalikan emosi anda selama perjalanan. Selain itu pengemudi juga harus bersikap santun saat berada di jalan.

 

Sulit rasanya mengatasi itu semua di tengah sesaknya lalu lintas kota Jakarta, terutama pada saat Rush Hour. Psikolog dan Dekan Falkultas Psikologi Atma Jaya Juliana Murniati menjelaskan, pria lebih rentan dan cenderung bertindak agresif, sering melanggar lalu lintas, dan berani mengambil resiko saat ,mengemudi di jalan. Sementara wanita yang dikategorikan lebih sering duduk di bangku penumpang memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan suasana maupun emosi didalam kabin.

 

Stres berdampak kepada meningginya emosi, dan menyebabkan seseorang kehilangan kontrol. Misalnya pada saat terjebak macet, ataupun hujan besar, hal-hal tersebutlah yang membuat para pengemudi helpless.

 

Belum lagi kebiasaan buruk pengemudi yang dapat membahayakan dirinya dan pengemudi lain bahkan orang yang ada disekitarnya, seperti menggunakan ponsel pada saat mengemudi. Tentu tingkat perhatian dan kewaspadaan anda akan terganggu dan sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan. Nah berikut kami berikan solusi dari sudut pandang psikologi Juliana Murniati.

 

Dikutip dari otomotif.kompas.com Juliana menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu tipe anda sendiri, anda dapat menemukannya dengan cara memantau hal apa saja yang dapat membuat anda stress pada saat mengemudi. Setelah itu mulailah “merapihkan” emosi anda.

 

Anda dapat menganalisa emosi anda dengan mengingat kapan potensinya muncul, apa saja yang dapat menyebabkan terpancingnya emosi anda, semua hal itu dapat anda lihat dari waktu, kejadian, atau apapun itu selama anda mengemudi.

 

Jadi kesimpulannya adalah setiap kejadian disekeliling kita dapat menimbulkan emosi, tinggal bagaimana kesadara pribadi kita. Jangan bergantung pada orang lain, semua solusi tersebut harus kita temukan sendiri. Sebelumnya anda sendiri harus berkaca pada diri sendiri sudah lebih baikkah cara mengemudi anda, lakukan hal itu semua agar anda jadi pengemudi yang lebih baik.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

December 28, 2014

Posted In: Tips & Tricks, Uncategorized

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami