Kredit Mobil Syariah: Keuntungan dan Perbedaan dengan Kredit Konvensional

Mei - 11
2021
kredit mobil syariah

Kredit Mobil Syariah: Keuntungan dan Perbedaan dengan Kredit Konvensional

Untuk Anda yang menginginkan memiliki mobil dengan sistem kredit namun menghindari riba, kredit mobil syariah adalah solusinya. Layanan kredit secara syariah ini telah banyak tersedia pada lembaga pembiayaan. Sistemnya berdasarkan syariat Islam dan tidak ada unsur riba, seperti umumnya kredit mobil konvensional. Skema dari kredit syariah adalah mengedepankan keterbukaan profit yang ingin diminta oleh lembaga pembiayaan.

Contoh: Harga mobil Rp 100 juta, apabila dibeli dengan sistem kredit konvensional, maka total dari DP berikut cicilan dan bunga menjadi Rp 120 Juta. Namun, leasing konvensional tidak menyebut total biaya untuk profit adalah Rp 20 juta. Sedangkan untuk sistem kredit konvensional, nasabah sudah mengetahui adanya tambahan biaya kredit dari harga mobil yang akan dibeli. Saat akad, pihak leasing akan memberitahukan kepada calon pembeli mobil bila akan mengambil profit sebesar Rp 20 juta dari harga mobil senilai Rp 100 juta.

Prinsip Kredit Syariah Untuk Mobil Bekas dan Baru

keuntungan kredit mobil syariah

Kredit syariah akan didasarkan pada sistem bagi hasil dan tidak tergantung pada besaran suku bunga pasar. Nasabah akan melakukan perjanjian murabahah atau negosiasi profit dengan pihak bank. Biasanya hal tersebut untuk menentukan profit dalam jumlah atau persentase tertentu yang besarannya telah dipatok secara khusus oleh pihak bank syariah.

Dalam kredit mobil syariah, tidak dikenal istilah suku bunga kredit karena sistem yang digunakan adalah sistem bagi hasil. Artinya, keuntungan yang akan didapatkan oleh bank atau lembaga pembiayaan, akan ditetapkan di awal. Sistem kredit syariah bisa menghindarkan Anda dari kenaikan nilai cicilan akibat suku bunga perbankan melonjak.

Beberapa poin utama dalam sistem kredit syariah: 

Universal: Dapat diterapkan dalam setiap waktu dan tempat, untuk semua kalangan, tidak hanya agama dan keyakinan tertentu, dan pilihan alternatif produk pembiayaan.

Kepastian: Kepastian harga, cara pembayaran, kualitas, dan kuantitas barang yang menjadi objek transaksi.

Keterbukaan: Dalam melakukan transaksi pembiayaan menggunakan akad perjanjian kedua belah pihak harus saling terbuka hak dan kewajiban serta konsekuensinya agar berjalan dengan baik.

Keadilan: Kedua belah pihak yang melakukan transaksi pembiayaan menerima segala haknya dan menunaikan segala kewajibannya sesuai dengan kesepakatan bersama.

Tidak Ada Percampuran: Akad yang diperjanjikan tidak bercampur dengan akad lainnya. Dengan demikian tidak ada hal dapat menimbulkan perselisihan dalam kesepakatan.

Besaran Cicilan Kredit Secara Syariah Tidak Boleh Berubah: Kredit mobil bekas secara syariah tidak menggunakan sistem suku bunga. Jadi, jumlah cicilan yang harus dibayar sejak awal hingga akhir masa kredit selalu sama dan tidak pernah berubah.

Keterlambatan Pembayaran Kredit Tak Kena Denda

Pada kredit kendaraan bermotor konvensional ada istilah denda apabila pembayaran cicilan mengalami keterlambatan. Maka pada sistem syariah tidak ada istilah tersebut, namun tetap ada biaya tambahan sebagai konsekuensi dari setiap keterlambatan pembayaran cicilan. Biaya tersebut sebenarnya adalah infaq yang nilainya sudah ditetapkan di awal perjanjian jual beli. Uang yang diterima tidak menjadi bagian keuntungan ataupun pendapatan bagi pemberi kredit. Uang tersebut akan disumbangkan seluruhnya kepada lembaga sosial. 

Keuntungan Mengambil Kredit Mobil Syariah

Sumber Dana yang Dipakai Halal

Dalam kredit mobil syariah, sumber dana yang dipakai berasal dari sumber yang halal. Seperti dari obligasi syariah, modal, ataupun rekening tabungan. 

Cicilan yang Lebih Aman

Dikatakan aman karena besaran cicilannya tidak bertambah besar atau berkurang selama masa tenor. 

Denda yang Dibayar Akan Dialokasikan ke Hal yang Positif

Walau tidak menggunakan bunga, kredit mobil syariah tetaplah menerapkan sistem denda. Namun, denda yang diterapkan pada kredit mobil syariah lebih bersifat positif. 

Daftar Lembaga Penyedia Kredit Mobil Syariah

bunga kredit mobil

Bank Syariah Mandiri (BSM)

Lembaga di bawah Bank Mandiri ini menyediakan kredit mobil syariah dengan tenor yang panjang, yakni 60 bulan alias 5 tahun.

BNI Oto iB Hasanah

Lembaga ini memiliki keunggulan berupa pembiayaan yang variatif, harga jual yang stabil, hingga uang muka yang ringan. Pembiayaannya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 1 miliar dengan tenor hingga 5 tahun.

BPRS Al Salaam Kredit Mobil Syariah

Lembaga ini menawarkan kredit untuk mobil baru dan bekas. Serta untuk pengajuan kreditnya tidak hanya untuk individu, bisa juga untuk badan usaha. 

KKB BRI Syariah iB

Lembaga ini menyediakan kredit mobil baru atau bekas dengan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 1 miliar. B

Mobilima

Perusahaan ini merupakan financial technology yang menyediakan layanan kredit mobil syariah. Sistemnya perusahaan akan membeli dulu mobilnya secara cash, lalu menawarkannya kepada nasabah untuk dikredit. 

Tambahkan perlindungan asuransi untuk kendaraan kesayangan Anda! Dapatkan penawaran terbaiknya hanya di cekpremi.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi