KTP Untuk Anak Usia 0 – 17 Tahun

KTP

Anda sekalian tentu tidak asing dengan namanya KTP (Kartu Tanda Penduduk). Ya, KTP merupakan suatu hal yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Dengan adanya KTP ini, selama seseorang masih berada di negara Indonesia identitasnya dapat di ketahui dan diakui sebagai warga negara Indonesia itu sendiri.

Dan, pemerintah selalu memiliki beragam kebijakan untuk memperbaharui kartu identitas ini. Jika pada tahun 2011 pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu semua rakyat Indoensia wajib memiliki elektronik KTP (e-KTP) yang berlaku seumur hidup. Sehingga, rakyat Indonesia tidak lagi di repotkan dengan memperpanjang KTP setiap 5 tahun sekali. Tentunya, keputusan tersebut disambut baik oleh kebanyakan rakyat Indoensia. Tidak sampai disitu pemerintah pun kembali membuat sebuah kebijakkan dimana tahun 2016 ini akan di berlakukan sebuah keputusan yaitu anak berumur 0-17 tahun harus memiliki sebuah KTP, sedangkan untuk nama pada KTP ini ialah KIA (Kartu Indentitas Anak). Rencananya kartu yang diberlakukan ini akan di coba dulu untuk beberapa daerah di Indoensia, tidak semua daerah yang akan diberlakukan. Daerah-daerah tersebut adalah Kabupaten Blora, kabupaten temanggung, kabupaten magelang, kabupaten Bantul, Kota Kediri, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto dan juga kota Blitar.

Jadi, seluruh rakyat Indonesia akan memiliki Nomor Induk Kependudukan dan bukan hanya warga yang berusia 17 tahun saja yang akan memilikinya. Ada beberapa perbedaan yang diputuskan antara KTP anak dan KTP dewasa, jika KTP dewasa tidak memiliki keterangan KTP keluarga di dalamnya, untuk KTP anak ada keterangan KTP keluarga. Walau pada dasarnya data yang tercantum pada ke 2 KTP tersebut sama.

Tujuan utama pemberlakuan KTP untuk anak

Tujuan diberlakukannya KTP anak ini, selain agar seluruh rakyat Indonesia memiliki sebuah identitas, agar anak dibawah 17 tahun dapat dengan mandiri mengurus berbagai kepeluan administrasi, seperti kesehatan dan juga pembuatan rekening di bank (khususnya untuk anak diatas 10 tahun). Seperti yang sudah kita ketahui, dibank saja sudah di buat tabungan untuk anda, kenapa identitas anak juga diberlakukan?

Selain, itu tujuan dari KTP anak ini agar melengkapi beberapa kekurangan di Akta kelahiran yaitu sebuah alamat si Anak. Apalagi, seperti yang di ketahui bahwa hanya beberapa anak di Indoensia yang sudah memiliki akta kelahiran, sedangkan yang lainnya tidak memiliki akta kelahiran tersebut.

Untuk biaya pengurusan KTP anak ini hanya sebesar Rp 1.400/lembar karena sudah di subsidi oleh pemerintah, Kemendagri telah mengeluarkan biaya sebesar Rp. 8,79 miliar untuk pembuatan KTP anak ini. KTP anak ini terbilang murah, karena belum ada chip yang ditempelkan seperti e-KTP.

Diharapkan semua kepurusan tersebut akan diberlakukan secara perlahan-lahan, pemerintah mau melihat dahulu perkembangan awal dari KTP anak ini.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 27, 2016

Posted In: Hot News

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami