Kurs Dollar Naik, Inilah Fakto-Faktor Penyebabnya

Image Source www.majalahberita.com
Image Source www.majalahberita.com

Kemerosotan kurs Rupiah hingga 14,000 per Dolar beberapa hari belakangan telah menjadi berita terpanas menjelang akhir tahun ini. Ada beragam faktor menjadi penyebab kurs Rupiah melemah, diantaranya fundamental ekonomi Indonesia yang masih rapuh serta sentimen regional Asia dan beberapa negara-negara berkembang yang memburuk dan berakibat pada pelarian modal ke luar negeri.

Depresiasi, atau penurunan nilai tukar (kurs) suatu mata uang, seringkali dipandang negatif. Kenapa? Padahal sebenarnya, ada pula yang diuntungkan dan ada pula yang dirugikan. Kurs dollar meningkat, dan kurs Rupiah melemah memiliki beragam implikasi bagi masyarakat, baik terhadap perusahaan maupun individual.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Kurs Dollar Naik, Inilah Faktor-Faktor Penyebabnya.

Kurs Dollar Hari Ini ditentukan oleh faktor ini:

Faktor pertama ialah tingkat pendapatan yang relatif. Pertumbuhan pendapatan pada harga-harga di luar negeri dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran pasar mata uang asing. Lalu pertumbuhan pendapatan di dalam negeri pun juga nantinya akan melemahkan kurs mata uang asing. Namun dibandingkan dengan supply yang sudah tersedia, pendapatan rill di dalam negeri pun akan meningkatkan permintaan valuta asing relatif.

Faktor kedua penentu Kurs Dollar Hari Ini ialah aktifitas neraca pembayaran  terhadap nilai tukar. Penurunan nilai tukar mata uang biasanya disebabkan adanya saldo pada pembayaran yang pasif. Ukuran dampak neraca pembayaran pada nilai tukar biasanya ditentukan oleh tingkat keterbukaan pada ekonomi. Jika perdagangan berada di keseimbangan positif, maka permintaan mata uang asing akan meningkat. Namun sebaliknya jika perdagangan berada di keseimbangan negatif, maka permintaan mata uang asing akan menurun.

Faktor ketiga penentu Kurs Dollar Hari Ini ialah ekspektasi atau nilai tukar di masa depan. Mendengar berita mengenai akan melonjaknya inflasi di AS menimbulkan reaksi cepat pada pasar valas dan diperkirakan melonjaknya inflasi ini bisa jadi penyebab perdagangan valas menjual dollar yang diperkirakan juga nantinya akan mengalami penurunan di masa depan dan hal ini menjadi suatu penekanan bagi nilai tukar dollar dalam pasar.

Faktor keempat ialah tingkat inflasi. Pergerakan kurs valuta asing, memberikan perubahan harga yang ada di dalam negeri secara relatif. Contohnya di Amerika yang diketahui sebagai mitra dagang Indonesia mengalami inflasi yang cukup tinggi ini menjadikan harga dagang Amerika juga ikutan tinggi dan secara langsung permintaan produk pun mengalami penurunan. Penyusutan inflasi ini yang menyebabkan nilai tukar mata uang mereka terlihat jatuh di hadapan mata uang negara-negara lain yang diketahui inflasinya lebih rendah.

Faktor kelima ialah adanya perbedaan suku bunga di berbagai negara. Naiknya suku bunga menjadikan masuknya modal asing. Terkecuali dengan modal yang lebih tinggi, ini yang menyebabkan tingkat suku bunga yang masuk menjadi mahal. Namun kenaikan suku buka dapat menurunkan permintaan mata uang domestik. Hal ini relatif mengurangi nilai mata uang nasional terhadap satu negara.

Faktor terakhir ialah kontrol pemerintah. Kebijakan yang diberikan pemerintah bisa mempengaruhi keseimbangan nilai tukar. Adapun hal tersebut ialah usaha untuk menghindari hambatan perdagangan luar negeri, menghindari hambatan nilai tukar valuta asing dan melakukan intervensi di pasar uang dengan cara menjual dan membeli mata uang.

Pemerintah punya alasan tersendiri kenapa diberlakukannya intervensi di pasar uang. Alasannya menentukan Kurs Dollar Hari Ini dengan alasan sbb :

1.      Untuk membuat kondisi nilai tukar domestik didalam batas-batas yang ditentukan
2.      Untuk memperlancar perubahan dari nilai tukar uang domestik yang bersangkutan
3.      Berpengaruh terhadap variable makro seperti inflasi, tingkat suku bunga dan tingkat                  pendapatan
4.      Tanggapan atas gangguan yang sifatnya sementara

Related Post

Leave a Reply

August 31, 2015

Posted In: Hot News, Intermezzo

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami