Kurs Rupiah Melemah, Bisnis Asuransi Goyah

Kurs Rupiah
Image Source harianterbit.com

Sudah seminggu ini mata uang Rupiah melemah terhadap Dollar AS, dampak negatif pun mulai dirasakan di beberapa sector bisnis. Dalam bidang asuransi sendiri melemahnya kurs Rupiah juga berimbas terhadap bisnis asuransi, hal ini diungkapkan sendiri oleh Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor. Dirinya menilai pelemahan kurs Rupiah ini akan mempengaruhi bisnis asuransi, meskipun tidak disemua sektor yang dipengaruhi bisnis tersebut.

Dampak yang paling terasa adalah pada sektor asuransi kendaraan bermotor, dengan naiknya Dollar maka dipastikan sisi permintaan (demand) terpengaruh. Menurutnya, harga jual motor yang sebagian besar komponennnya diimpor dari luar negeri akan mengalami kenaikan.

Dengan naiknya harga tersebut, maka harga premi asuransi asuransi kendaraan bermotor juga ikut terpengaruh. Dia menambahkan bahwa sepanjang proses pembangunan masih memerlukan impor, maka hal tersebut masih akan tetap rentan terhadap gejolak kurs, dan pastinya akan berdampak kepada beberapa sektor bisnis, terutama bisnis asuransi.

Sedangkan untuk pembayaran klaim yang menggunakan mata uang asing semua sudah diperhitungkan dengan baik dalam pembukuan, jadi tidak ada masalah dengan penguatan dolar yang terjadi.

Hingga Jum’at pagi ini kurs Rupiah melemah hingga menyentuh angka Rp 13.184 per dolar AS.

 

Cekpremi
Cek asuransi terbaik anda mulai dari harga termurah (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 13, 2015

Posted In: Hot News

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami