Langkah Pertama Saat Ball Joint Mobil Rusak

Ball joint mobil merupakan salah satu komponen pada sistem kemudi yang bentuknya seperti sambungan berbentuk seperti bola.

Materialnya terbuat dari besi dan baja berkualitas yang kuat dan tahan tumbukan  karena  ball joint berfungsi sebagai poros penghubung antara kemudi kendaraan dengan roda.

Komponen ini bisa saja rusak karena usia pemakaian, bagaimana langkah pertama saat ball joint mobil rusak? Namun sebelum itu, kamu harus tau fungsi dari ball joint mobil.


Fungsi Ball Joint pada Mobil

Sebelum kita mengetahui cara memperbaikinya, alangkah baiknya jika kita mengetahui fungsi dari ball joint pada kendaraan kita.

Ball joint mobil berfungsi untuk mengikat antara steering knuckle dengan arm (upper dan lower). Fungsi lainya juga seperti yang sudah disebutkan di atas adalah sebagai sumbu putaran roda pada saat mobil berbelok. Jadi, ball joint akan menerima beban secara vertikal dan lateral.

Jenis dan Macam Ball Joint

Pada komponen mobil, ball joint ternyata terdiri dari berbagai macam dan jenis yang terpasang pada kendaraan. Untuk itu, saat kita ingin memperbaiki ball joint mobil, kita juga perlu mengetahui komponen apa yang tengah bermasalah dan solusi yang tepat dari jenis dan macam ball joint tersebut.

  • Upper Arm Ball Joint 

Ball joint yang dipasangkan pada bagian upper arm (lengan ayun atas) pada sistem suspensi. komponen ini menjadi penghubung antara upper arm dengan knuckle roda bagian atas.

  • Lower Arm Ball Joint

Lower Arm Ball Joint dipasangkan pada bagian lower arm (lengan ayun bawah) pada sistem suspensi. Kebalikannya dengan upper arm ball joint, komponen ini menjadi penghubung antara lower arm dengan knuckle roda bagian bawah.

  •  Joint Stabilizer

Komponen ini dipasang pada bagian stabilizer bar yang menjadi penghubung antara batang stabilizer dengan shock breaker atau lower arm.

  • Tie Rod End Ball Joint

Komponen ini dipasang pada knuckle roda dan terhubung dengan long tie rod pada bagian steering sistem.

  • Long Tie Rod Ball joint

Long tie rod ball joint dipasang pada komponen steering rack (bagian sistem steering) dan terhubung dengan tie rod end.

  • Lateral Arm Ball Joint

Lateral arm ball joint umumnya dipasang pada lengan lateral yang terhubung dengan knuckle roda bagian bagian bawah atau tergantung masing-masing sistem suspensi yang ada di kendaraan, akan berbeda-beda pula posisi serta bentuknya.

Cara Mengganti Ball Joint Mobil

Biasanya pemakaian ball joint akan rusak seiring usia pemakaian dan medan jalan yang dilewatinya beragam. Kalau kamu pernah mendengar bunyi “glutuk-glutuk” saat melewati jalan berlubang , bisa saja komponen ini rusak atau terparahnya ball joint itu lepas dari dudukannya.

  • Buka Ball Joint Dari Dudukannya

Langkah pertama adalah dengan membuka ball joint dari dudukannya. 

  1. Lepas pin pengaman mur ball joint
  2. Kendorkan dan buka mur pengikat ball joint mobil
  3. Gunakan Treker khusus untuk membuka ball joint atau kamu bisa pukul-pukul dudukan ball joint dengan palu hingga ball joint terlepas.
  • Pukul Sisi Belakang Ball Joint Hingga Seret

Langkah kedua setelah ball joint berhasil dilepas yaitu membuat seret putaran ball joint dengan memukul sisi belakang ball joint hingga seret.

  1. Buka karet penutup ball joint
  2. Ambil pipa yang seukuran dengan lebar ball joint lalu posisikan seperti berikut
  3. Pukul pada bagian yang ditunjuk tanda panah dengan palu hingga putaran ball joint seret dan tidak longgar.
  • Pasang Kembali Ball Joint Ke Posisi Semula
  1. Setelah ball joint terasa seret , pasang kembali ball joint seperti langkah dibawah berikut.
  2. Pasang karet penutup ball joint kembali
  3. Kemudian pasangkan lagi pada dudukan ball joint 
  4. Kencangkan mur pengikat dan pasang kembali pin pengamannya seperti semula
  • Lakukan Spooring

Setelah ball joint terpasang lagi, jangan lupa untuk melakukan spooring untuk mencegah kerusakan ban yang lebih parah akibat tidak sesuainya sudut-sudut kemudi.

Itu tadi langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat ball joint mobil rusak. Selain memberikan langkah pertama pada komponen mobil, kamu juga perlu memberikan langkah pertama pada perlindungan kendaraan dengan menggunakan asuransi mobil pada kendaraan yang kamu miliki. Cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor.

Apa saja manfaat asuransi mobil?

Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain.