Masalah Pada Karet Pelindung Pintu Mobil yang Sering Terjadi

karet pintu

Pintu mobil tidak dapat tertutup rapat jika tidak memiliki karet pelindung. Hal tersebut merupakan salah satu fungsi dari karet pelindung pintu mobil.

Ternyata karet pelindung ini memiliki banyak manfaat, oleh karena itu kamu perlu melakukan perawatan yang tepat agar dapat berfungsi dengan maksimal. Jika tidak, karet pelindung ini dapat bermasalah.

Lalu apa permasalahan yang sering terjadi pada karet pelindung pintu mobil?

Asuransi Mobil

Masalah yang Sering Terjadi Pada Karet Pelindung Pintu Mobil

Perlu kamu ketahui bahwa keberadaan dari karet pintu mobil ini sangat penting, karena dapat membantu kamu dalam berkendara dengan aman dan nyaman. Jika tidak terawat dengan baik, tentu dapat menimbulkan masalah seperti:

1. Kerusakan Pada Pintu Mobil

Adanya karet pelindung berguna untuk melindungi pintu mobil. Salah satu fungsi utamanya, yaitu untuk meredam benturan keras ketika pintu mobil ditutup.

Terkadang secara tidak sengaja ada kemungkinan untuk kamu menutup pintu mobil terlalu keras. Sehingga jika karet pintu bermasalah, tentunya pintu mobil akan mengalami kerusakan.

2. Masuknya Air Hujan kedalam Mobil

Fungsi lain dari karet pintu, adalah mencegah air hujan masuk kedalam kabin mobil. Kamu dapat memperhatikan ketika hujan telah reda, pada bagian sisi luar dari pintu mobil terlihat bahwa karet pelindung memberikan perlindungan tambahan dari air hujan.

Sehingga jika karet pelindung tidak berfungsi secara sempurna, dapat membuat mobil kamu dimasuki oleh air hujan. Hal tersebut tentunya dapat merusak kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, bukan?

3. Terlepasnya Karet Pelindung dari Bingkai Pintu Mobil

Karet pelindung ini dapat terlepas dari bingkai pintu mobil, sehingga karet akan keluar melalui sela-sela pintu. Hal ini dapat mengakibatkan pintu mobil akan sulit untuk ditutup.

Oleh karena itu penting untuk menjaga dan memperhatikan kondisi karet pelindung agar tidak terlepas. Sehingga mobil kamu akan tetap terawat, dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Agar kamu dapat mengetahui apakah kondisi karet pintu mobil masih dapat digunakan dengan baik atau sudah harus diganti, kamu dapat melihat ciri-cirinya. Sehingga kamu dapat menghindari resiko permasalahan yang akan terjadi kedepannya.

Ciri-ciri Karet Pelindung Pintu Mobil Bermasalah

1. Kondisinya Telah Rusak

Jika karet pelindung mobil kamu sudah robek, terkelupas, atau bahkan sudah lepas. Tentu saat itu pula kamu harus melakukan penggantian karet pelindung.

Karena jika kamu biarkan dalam kondisi rusak, dapat mengakibatkan permasalahan seperti air hujan yang masuk, atau permasalahan lainnya yang dapat terjadi.

2. Tidak Kedap Suara

Salah satu fungsi lain yang penting dari karet pelindung, adalah meredam suara dari luar. Sehingga jika kamu merasakan ada suara yang nyaring dari luar kendaraan, maka dapat dikatakan karet perlindung tidak berfungsi atau sudah rusak.

Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan bagi pengemudi dan juga penumpang. Sehingga kamu dapat mengganti karet pelindung, agar fungsi peredam suara kembali dengan optimal.

3. Karet Pintu Berubah Bentuk

Jika karet pada pintu mobil telah berubah bentuk, yaitu berbentuk seperti lebih gepeng daripada biasanya, maka kamu dapat menggantinya.

Karena hal tersebut merupakan salah satu ciri jika karet bermasalah. Periksa karet pintu mobil kamu, dan lihat apakah berubah lebih gepeng atau tidak.

Penting untuk selalu mengecek kondisi luar dan dalam kendaraan, agar kamu mengetahui apakah terjadi kerusakan atau tidak. Sehingga kamu dapat terhindar dari kejadian yang akan membahayakan diri.

Keamanan dan kenyamanan harus berjalan seimbang, khususnya dalam saat berkendara. Kenyamanan bisa kamu dapatkan melalui fitur kelengkapan pada mobil dan rutin menjaga kebersihan baik eksterior maupun interior mobil.

Sedangkan untuk keamanan kamu dapat melakukan service, atau pengecekan rutin mobil. Selain itu, menggunakan asuransi juga dapat memberikan rasa aman.

Kunjungi laman Cekpremi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi di masa mendatang. Pilih jenis produk asuransi mana yang sesuai, dan kamu akan mendapatkan perlindungan setelahnya.

Pertanyaan Seputar Karet Pelindung Pintu Mobil

Bagi beberapa orang seringkali melupakan fungsi dari karet pelindung, sehingga jarang mengecek kondisi komponen tersebut. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar karet pintu mobil, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Berapa biaya ganti karet pintu mobil?” answer-0=”Biaya yang dikeluarkan tergantung dari usia mobil dan komponennya. Umumnya jika mobil produksi di atas tahun 2000, biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp250 hingga Rp300 ribu per satu pintu. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Bagaimana cara merawat karet pintu mobil?” answer-1=”Kamu dapat membersihkan kotoran yang ada di sekeliling karet, menghindari karet bergesekan dengan benda tajam, serta hindari parkir di bawah sinar matahari, karena dapat membuat karet cepat rusak. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]