Lebih Dekat Dengan Sosok Diego Maradona

Image Source provenquality.com
Image Source provenquality.com

Dari data yang ada tentang Diego Armando Maradona memperlihatkan bahwa ia lahir di Buenos Aires, tepatnya pada tanggal 30 Oktober 1960. Maradona sendiri memiliki bakat yang sejajar dengan Pele, dianggap sebagai salah satu dari dua pemain bola terhebat sepanjang masa. Di Amerika Selatan, tidak ada olah raga lain selain sepak bola yang paling sering dibicarakan, dan Diego Maradona selama bertahun-tahun telah jadi salah satu sosok paling penting dalam olah raga tersebut. Dia baru berusia 10 tahun ketika pemandu bakat professional memperhatikan dia dan berusaha memberikan dia kesempatan lebih untuk mengembangkan bakatnya tersebut, dan fakta lainnya adalah Diego Maradona baru berumur 15 tahun ketika dia mendapatkan kesempatan bermain professional bersama Argentinos Juniors. Argentinos Juniors adalah sebuah klub sepak bola asal Argentina yang berbasis dikota La Paternal, Buenos Aires.

Image Source www.worldsoccer.com
Image Source www.worldsoccer.com

Jumlah tim yang ia bela juga mungkin jadi bagian menarik dari sosok Diego Maradona bagi siapa saja yang telah mengikuti karirnya. Setelah bermain untuk Argentinos Juniors, ia kemudian dibeli oleh Boca Juniors. Maradona dewasa kemudian jadi pemain terbaik yang pernah dibeli saat itu ketika dia dijual ke Barcelona. Meskipun demikian hubungannya dengan Barcelona sempat bermasalah, dan justru di Italia, tepatnya di klub Napoli di mana ia menjalani musim paling suksesnya. Tim lain meliputi Sevilla, Newells Old Boys, dan kemudian kembali ke Boca Juniors.

Selain bermain secara profeisonal di tingkat tim, Maradona juga memiliki kesuksesan di ajang Piala Dunia untuk tim nasinoal Argentina. Sejauh ini tercatat dia sudah bermain di empat Piala Dunia. Diego Armando Maradona juga jadi bagian terpenting dalam perjalanan tim nasional Argentina menjuarai Piala Dunia 1986, dan menjadi runner up di Piala Dunia edisi 1990.

Maradona memiliki fisik yang cukup kuat dan juga kekar. Postur tubuhnya yang pendek memungkinkan ia memiliki pusat gravitasi yang rendah, Maradona pun mampu melakukan sprint sambil men-driblle bola dengan baik. Marandona sendiri merupakan sosok pengatur serangan di dalam tim. Selain itu Maradona juga memiliki skill yang tinggi dalam menguasai bola. Beberapa gerakan trademark Maradona diantaranya adalah melakukan sprint didaerah sayap dan kemudian mengirimkan umpan tarik kepada rekan timnya.

Image Source www.sesawi.net
Image Source www.sesawi.net

Akan tetapi prestasinya di sepak bola berbanding terbalik dengan kehidupan diluar lapangan. Maradona memiliki gaya hidup yang dipenuhi dengan banyak kontroversi. Selama karir profesionalnya ia sering keluar masuk penjara dan berurusan dengan pihak berwajib. Termasuk penangkapan, karena masalah dengan obat-obatan. Selain itu, ia juga terkenal punya kepribadian temperamental. Ketika FIFA menyelenggarakan pemungutan suara untuk memilih pemain terhebat FIFA, hasil pertama dari pemungutan suara tersebut adalah untuk Maradona, sampai FIFA memutuskan untuk membuat panel pakar sepak bola dan membuat pilihan sendiri, yang akhirnya memutuskan jika gelar tersebut seharusnya jatuh kepada Pele. Terlepas dari segala masalah diluar maupun didalam lapangan, sosok Maradona sendiri tetaplah menjadi lengenda hidup sepak bola sampai saat ini.

 

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 30, 2015

Posted In: Intermezzo, Sports

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami