Tips Liburan Saat Pandemi agar Terhindar dari Resiko

liburan saat pandemi

Artikel ini membahas tentang liburan saat pandemi. Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020 membuat seluruh aktivitas menjadi terbatas, terutama liburan. Liburan dikhawatirkan memicu penularan COVID-19, sehingga Pemerintah menerapkan aturan protokol kesehatan dan physical distancing. Seiring berjalannya waktu, kini kamu sudah bisa berlibur kembali. Yuk ikuti beberapa tips liburan saat pandemi supaya kamu tetap aman dan sehat sepulang berlibur nanti. Simak informasinya di bawah ini. 

  1. Pastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat

Sebelum memutuskan untuk berlibur, pastikan kamu dan anggota keluargamu dalam keadaan sehat. Saat sakit atau tidak dalam kondisi prima, daya tahan tubuh cenderung menurun. Hal ini bisa memudahkan berbagai penyebab penyakit. Beberapa tujuan wisata mewajibkan kamu untuk melakukan rapid test sebelum berangkat. Bila perlu, kamu juga bisa melakukan tes PCR yang hasilnya lebih akurat. Selain untuk memastikan kesehatan diri sendiri, kamu bisa melindungi orang lain yang akan bertemu denganmu di tempat wisata nanti.

  1. Membawa Peralatan Pribadi

Terbiasa menggunakan fasilitas hotel seperti handuk, kimono, dan sebagainya? Sebaiknya kamu membawa sendiri peralatan pribadi untuk liburan. Begitu pun dengan peralatan mandi. Hal ini dimaksudkan agar mencegah terjadinya penularan virus COVID-19.

  1. Pilih Destinasi Liburan yang Tidak Ramai

Virus COVID-19 mudah menular di tempat yang padat dan juga tertutup. Oleh karena itu, sebaiknya memilih destinasi liburan di alam terbuka dan tidak ramai. Misalnya, kebun teh, pantai, gunung, dan sebagainya. 

  1. Sediakan Masker dan Hand Sanitizer

Selalu sediakan masker dan hand sanitizer. Jika kamu memakai masker sekali pakai, maka wajib sediakan cadangan. Masker jenis ini tidak bisa dipakai berulang kali dan maksimal penggunaan empat jam. Untuk masker kain juga maksimal empat jam. Biasakan juga untuk rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ketika selesai beraktivitas, sebelum memasuki satu tempat atau setelah menyentuh barang. Kalau agak susah mencari air, kamu bisa menggunakan hand sanitizer.

  1. Menggunakan Sistem Pembayaran Non Tunai (Cashless)

Pembayaran tunai menggunakan uang kertas atau uang koin juga dapat meningkatkan risiko penularan COVID-19 dan penyakit menular lainnya. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menggunakan sistem pembayaran non tunai selama liburan. Usahakan untuk mengisi e-wallet dan e-money secukupnya supaya transaksi berlangsung lancar. Jangan lupa untuk siapkan uang tunai dalam jumlah terbatas apabila transaksi tidak bisa menggunakan sistem non tunai.

  1. Membersihkan Diri Usai Beraktivitas 

Aktivitas seru tidak boleh membuat kamu lalai menjaga kebersihan diri sendiri. Sebaiknya kamu jangan lupa menyemprot pakaian dan barang bawaan lainnya dengan desinfektan sebelum memasuki kamar penginapan. Kemudian, langsung mandi dan berganti pakaian sebelum beristirahat atau melakukan aktivitas lainnya di kamar penginapan.

Untuk berlibur bersama keluarga, tentu kamu tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Proteksi keluarga juga akan semakin lengkap apabila kamu menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pasific Cross Malacca Trust dan Lippo Healthplus. 

Buat kamu yang ingin menyesuaikan budget, kamu bisa memilih asuransi kesehatan Pasific Cross Malacca Trust.  Dengan budget yang ekonomis untuk produk M Safe seperti rawat inap dan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Namun, terdapat batas tertentu untuk limit pertanggungannya ya. Apabila pengobatan medismu tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mendapatkan perlindungan medis rawat inap dan rawat jalan di seluruh dunia. 

Lippo Healthplus menyediakan proteksi maksimal dengan nilai pertanggungan sesuai dengan yang dibayarkan per tahun. Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 900 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi eBenefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim. Jangan khawatir jika kamu atau keluarga tiba-tiba sakit karena Lippo Healthplus menyediakan 24 jam contact center dan monitoring. Mereka juga menyediakan Personal Medical Assistance dan memberikan santunan tunai harian rawat inap di rumah sakit. 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan promo menarik. Kami punya berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap dengan harga terbaik. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Liburan saat Pandemi

Bagaimana tips liburan saat pandemi?

Pilih waktu di luar tanggal merah Tentukan tempat wisata yang sepi Pakai masker dan jaga jarak Penuhi nutrisi tubuh dan minum vitamin Usahakan cek swab.

Liburan itu apa sih?

Liburan adalah waktu bagi seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan cuti singkat dari pekerjaan dan tugas tertentu atau tidak bersekolah untuk periode tertentu, dengan tujuan relaksasi, melakukan perjalanan rekreatif atau berwisata,atau berkumpul bersama keluarga.