Cobain Pengalaman Liburan Unik di 6 Desa Wisata Ini!

Apr - 30
2021
desa wisata indonesia

Cobain Pengalaman Liburan Unik di 6 Desa Wisata Ini!

Last Updated on June 29, 2021 by Andrian

Mau mengenal lebih dalam budaya lokal langsung dari warganya? Anda wajib mencoba pengalaman liburan unik di desa. Jadi, desa wisata sendiri merupakan kawasan pedesaan yang memiliki kekhasan dan daya tarik sebagai tujuan wisata. Terbentuknya desa wisata ini untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan langsung dan menjadi daya tarik wisata di wilayah masing-masing. Penentuan dan pengembangan desa wisata ini difasilitasi oleh pemerintah berdasarkan beberapa hal seperti di bawah ini:

Kondisi Desa

Untuk mengetahui potensi wisata desa yang ada, maka pihak desa harus memiliki basis data yang jelas mengenai lahan, lokasi, daerah serta bagaimana ekosistem yang dapat membantu lokasi wisata nantinya. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan, seperti pengumpulan data dan Kerjasama dengan berbagai pihak ketiga

Keadaan Masyarakat dan Struktur Organisasi

Desa wisata akan sangat berkembang jika dikelola oleh desa sendiri, jadi dibutuhkan organisasi yang khusus mengurusi semu program agar berkelanjutan serta ada pihak yang menentukan arah kemana akan dikembangkannya.

Konsep Unik

Konsep atau ide menjadi ujung tombak pembeda antara wisata lain di daerah lain. Pembentukan konsep desa wisata ini dapat semakin tajam jika dipadukan dengan pemetaan wilayah yang dilakukan di awal

Rekomendasi Desa Wisata Unik di Indonesia

Desa Penglipuran, Bali

Desa Penglipuran bali

Berada di kaki Gunung Batur, Bangil, yang berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Denpasar, desa ini dikenal dengan suasana asri dan tenang. Paduan udara sejuk dan keramahan masyarakatnya menjadi daya tarik banyak wisatawan untuk mengunjungi. Keunikan Desa Penglipuran adalah rumah-rumah penduduknya yang berarsitektur Bali dan tertata rapi di seluruh desa. Selain itu, adanya larangan penggunaan kendaraan bermotor masuk ke dalam desa, membuat suasana tenang dan wisatawan bisa secara langsung berinteraksi dengan penduduk lokal.. 

Desa Pemuteran, Bali

wisata Pemuteran Bali

Bali memang dikenal dengan keunikan budayanya yang masih kental. Selain Desa Penglipuran, ada juga Desa Pemuteran yang kini menjadi salah satu destinasi wisata. Awalnya, Desa Pemuteran yang berada di Singaraja ini dikenal sebagai desa yang kumuh dan menjadi tempat tinggal para nelayan yang menangkap ikan dengan bom dan potas. Kemudian ada inisiasi Ketua Yayasan Karang Lestari, I Gusti Agung Prana, yang melihat potensi tersembunyi di balik kehancuran karang laut. Desa Pemuteran mulai mengembangkan destinasi wisata pantai dan merehabilitasi sumber daya manusia di Desa Pemuteran untuk tidak merusak alam. Untuk Anda yang mendambakan kesunyian dan kesepian alam Bali, cocok untuk mengunjungi Desa Pemuteran. 

Desa Pentingsari, Yogyakarta

desa pentingsari

Desa Pentingsari terletak di lereng Gunung Merapi, berjarak sekitar 22,5 km dari tengah Kota Yogyakarta. Desa ini menawarkan wisata pembelajaran dan interaksi terkait budaya warga setempat dengan mengangkat tema “Desa Ramah Lingkungan, Kebudayaan, dan Pertanian”. Selain program wisata, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, mulai dari live in, berkemah, trekking, sampai wisata outbound.

Desa Nglanggeran, Yogyakarta 

Desa Wisata Nglanggeran

Beberapa tahun belakangan ini Desa Nglanggeran di Gunung Kidul menjadi destinasi unggulan di Jogja. Desa wisata ini terkenal dengan wisata gunung, embung, dan air terjun. Penduduk setempat juga membuka pintu rumah bagi wisatawan yang ingin menginap dan merasakan hidup layaknya penduduk desa lewat program live in. Sebagai info tambahan, Desa Nglanggeran juga pernah menjadi jawara dalam ASEAN’s Community Based Tourism 2017 lho!

Desa Madobak, Mentawai

Wisata mentawai

Kepulauan Mentawai menjadi salah satu destinasi wisata yang menyajikan keindahan pantai di Indonesia. Selain wisata pantainya, ternyata Kepulauan Mentawai juga dikenal dengan tiga desa tradisional yang masih memiliki adat kental, salah satunya adalah Desa Madobak. Ada air terjun Kulu Kubuk yang dingin dengan tinggi 70 meter yang menjadi highlight di desa ini. Keunikan lainnya adalah budaya tato yang dibuat dari tebu dan pewarna arang kelapa. Tato ini dibuat dengan menggunakan paku dan jarum dan dua buah kayu sebagai bantalan dan palu.

Desa Waturaka, Ende

Waturaka Ende

Desa Waturaka terletak tak jauh dari Danau Kelimutu yang merupakan salah satu destinasi populer di tanah Nusa Tenggara. Selain menawarkan pemandangan yang indah, desa ini juga menawarkan program live in agar para wisatawan bisa lebih dekat dan merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. 

Jangan lupa untuk miliki asuransi perjalanan sebelum Anda bepergian ya! Dapatkan penawaran terbaik untuk asuransi perjalanan dari cekpremi.com. Premi mulai dari Rp 180 ribuan dan uang pertanggungan bisa sampai Rp 1.5 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *