Lima Langkah Mudah Memulai Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kebugaran

pola hidup sehat

Pola hidup sehat adalah cara kamu berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik terutama pada kesehatan. Dengan pola hidup yang sehat, kamu bisa meningkatkan stamina dan energi, terhindar dari penyakit, bahkan mendapatkan umur panjang.

Pola hidup seseorang, umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan dan aktivitas sehari-hari. Rutinitas yang padat, sangat berpengaruh terhadap pola makan, waktu tidur, hingga bisa menyebabkan stres.

Mengubah pola hidup yang tidak teratur menjadi pola hidup yang sehat nyatanya tidak mudah. Ada banyak kendala yang akan kamu hadapi untuk mengubah dan menjaganya. 

Kendala terbesar yang dimiliki oleh banyak orang adalah rasa malas yang timbul pada diri dan menyepelekan pentingnya kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam diri. Jika kamu sudah ada niat maka langkah selanjutnya adalah memiliki kemauan, dengan begitu akan terwujud pola hidup sehat yang kamu inginkan.

Pola Hidup Sehat yang Dapat Dijalankan Dengan Mudah

Berikut 5 langkah pola hidup sehat yang mudah kamu lakukan di kehidupan sehari-hari:

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Asupan makanan bergizi dengan porsi seimbang sangat penting untuk kesehatan. Kamu disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran, setidaknya 4 porsi buah-buahan dan 5 porsi sayuran dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

Kamu perlu mengatur makanan apa saja yang akan dikonsumsi setiap harinya. Contohnya berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh manusia adalah karbohidrat, protein, vitamin dan juga mineral. Selain itu kamu juga harus menghindari makanan berlemak tinggi. Makanan berlemak dapat menyebabkan penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Hal ini bisa memicu berbagai macam penyakit kronis.

Jika memiliki masalah kebiasaan pola makan tidak sehat, kamu bisa mencatat makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Catatan ini bermanfaat untuk mengontrol asupan makanan dan sebagai pengingat, sehingga kamu bisa mengurangi konsumsinya untuk menjaga tubuh lebih sehat.

  • Minum Air Putih

Selain makanan bergizi, tubuh sangat membutuhkan unsur cairan karena banyaknya aktivitas setiap hari. Kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, dengan minum air putih minimal 2 liter atau 6–8 gelas setiap harinya.

Air putih dapat mendukung metabolisme tubuh juga menjaga fungsi seluruh organ dan daya tahan tubuh. Selain itu, minum air putih dapat mencegah berbagai penyakit, seperti dehidrasi, konstipasi serta penyakit lainnya.

Air putih juga bisa mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh dengan cara dikeluarkan melalui air seni. 

  • Olahraga

Meluangkan waktu untuk berolahraga merupakan salah satu cara menjalani pola hidup sehat. Karena olahraga menjadikan tubuh lebih fit dan bugar. Dengan berolahraga racun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat. 

Para ahli merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit setiap minggu untuk mengencangkan otot. Oleh karena itu, luangkan waktu kamu untuk berolahraga. Karena menjaga pola hidup sehat tidak lengkap jika tidak berolahraga.

Tidak harus yang bersifat berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga juga dapat dilakukan di sela kesibukan. Kamu juga bisa melakukan olahraga di dalam rumah seperti senam lantai, yoga, pilates, dan angkat beban.

  • Istirahat Cukup dan Tidur Teratur

Perlu kamu ketahui bahwa istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh. Karena jika tubuh kurang beristirahat, maka tubuh akan rentan terkena penyakit. Istirahat yang cukup bisa dilakukan dengan Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik.

Istirahat cukup adalah kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat. Dengan istirahat yang cukup setiap harinya maka kamu sudah melakukan pola hidup sehat dengan baik.

Selain istirahat, kamu juga perlu tidur yang teratur. Ketika kamu tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel dan memberikan jeda pada organ untuk beristirahat.

Jika kamu kurang tidur maka akan rentan menyebabkan daya tahan tubuh menurun, mood tidak stabil, dan kurang fokus. Kamu harus tidur minimal 7-8 jam sehari agar kondisi fisik dan psikis selalu prima.

  •  Meninggalkan Berbagai Kebiasaan Buruk

Pada poin ini kamu harus benar-benar meninggalkan kebiasaan negatif pola hidup tidak sehat. Beberapa kebiasaan buruk yang patut dihentikan, demi memaksimalkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok. Karena merokok dan minum-minuman beralkohol akan mengakibatkan organ-organ di dalam tubuh menjadi rusak.

Merokok juga bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Beragam penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan buruk ini, seperti penyakit jantung dan paru-paru, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), hingga kanker.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan

Itulah langkah-langkah pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan dirumah. Lantas, bagaimana jika kamu di kemudian hari jatuh sakit padahal sudah melakukan pola hidup yang sehat. Terkadang, datangnya sakit memang tidak ada yang mengetahuinya, baik itu penyakit yang ringan maupun kronis.

Dengan begitu, kamu harus memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan bisa digunakan apabila suatu hari nanti kamu jatuh sakit.

Beberapa rekomendasi asuransi kesehatan yang dapat kamu gunakan antara lain, Pacific Cross Malacca Trust, Lippo Healthplus dan Simas Insurtech. 

  • Pacific Cross Malacca Trust

Bagi kamu yang ingin menghemat budget dengan premi yang ramah di kantong, kamu bisa menggunakan layanan dari Pacific Cross Malacca Trust untuk produk asuransi M-Safe. 

Asuransi kesehatan M-Safe dari Pacific Cross Malacca Trust ini merupakan produk perlindungan medis utama dengan pilihan rawat inap saja atau disertai manfaat rawat jalan. Premi asuransi M-Safe ini dibayarkan dalam mata uang rupiah untuk pelanggan berusia 0-64 tahun.

  • Lippo Healthplus 

Lippo Healthplus merupakan asuransi kesehatan yang sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan proteksi maksimal. Dengan asuransi kesehatan Lippo Healthplus, kamu bisa melindungi keluargamu dengan limit asuransi sesuai biaya pertanggungan per tahun. 

Tertarik mulai mendaftar asuransi kesehatan tetapi masih bingung cara mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik? Kamu bisa mengunjungi Cekpremi dan memilih asuransi kesehatan yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan

Pasti banyak dari kamu yang yang belum mengenal Asuransi Kesehatan, padahal asuransi kesehatan sangat-sangat penting. Berikut pertanyaan yang sering diajukan terkait asuransi ini.

 

Apa itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi Kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu Rawat Inap dan Rawat Jalan.

 

Mengapa kita perlu Asuransi Kesehatan?

Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka jika seseorang sakit atau mengalami kecelakaan sehingga harus dirawat di rumah sakit, tidak akan merepotkan keluarga atau kerabat. Dengan jaminan asuransi kesehatan, biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi.