List Harga Dempul Mobil Hingga Pilihan Mereknya

harga dempul mobil

Bagi pemula yang ingin memperbaiki badan mobilnya, biasanya belum tahu harga dempul mobil yang dijual di pasaran. Sehingga seringkali sudah khawatir duluan akan menghabiskan banyak budget.

Padahal harga dempul sendiri memiliki beberapa tingkatan berdasarkan merek dan kualitas yang ditawarkan.

7 List Harga Dempul Mobil

Jadi, apa itu dempul mobil? Dempul mobil adalah salah satu jenis bahan atau material yang digunakan untuk menambal permukaan bodi mobil yang tergores atau terdapat kerusakan, seperti baret, dent atau goresan kecil. 

Ia terbuat dari campuran bahan-bahan seperti serat kaca, resin, katalis dan filler yang berfungsi untuk mengisi atau menambal permukaan bodi mobil yang rusak. 

Setelah diaplikasikan, dempul mobil kemudian dikeringkan dan diasah hingga halus untuk mendapatkan hasil yang rata dan menyerupai permukaan bodi mobil yang asli. 

Dempul mobil biasanya digunakan sebagai bagian dari proses perbaikan dan perawatan mobil pada bengkel-bengkel mobil atau oleh pemilik mobil yang memiliki keahlian dalam melakukan perbaikan bodi mobil.

Dalam memilih cat dempul tersebut, sangat perlu untuk memilih berdasarkan kualitas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas tersebut sepert:

  1. Kualitas Bahan Baku

Kualitas bahan baku yang digunakan untuk membuat dempul mobil sangat berpengaruh terhadap kualitas akhir dari dempul tersebut. Bahan baku dengan kualitas bagus akan menghasilkan dempul yang lebih baik.

  1. Tingkat Kehalusan

Tingkat kehalusan atau butir dempul juga mempengaruhi kualitasnya. Semakin halus butir dempul, maka hasil pengamplikasian pada bodi mobil akan lebih halus dan rata.

  1. Kemampuan Mengisi

Kemampuan dempul mobil dalam mengisi permukaan yang rusak juga menjadi faktor penting dalam menentukan kualitasnya. 

 

Bahan yang baik harus mampu mengisi permukaan bodi mobil secara merata, tanpa meninggalkan pori-pori yang kosong atau retak-retak.

  1. Kekuatan Rekat

Kekuatan rekat atau daya lekat dempul mobil dengan bodi mobil juga sangat penting. Dempul yang memiliki daya lekat yang kuat dapat menghindari terjadinya keretakan atau retak-retak pada permukaan bodi mobil.

  1. Kebutuhan Untuk Diampelas

Beberapa jenis dempul memerlukan proses pengamplasan setelah diaplikasikan pada bodi mobil. Dempul yang baik biasanya memerlukan sedikit waktu dan usaha untuk diampelas sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien.

  1. Warna dan Kemampuan Dicat

Beberapa jenis dempul memiliki warna yang berbeda-beda, tergantung pada jenis bahan baku yang digunakan. Dempul mobil yang bagus seharusnya memiliki kemampuan untuk diwarnai dan dicat dengan mudah agar bisa menyesuaikan warna dengan bodi mobil.

 

Daftar Rekomendasi Dempul Mobil

https://elements.envato.com/dont-worry-ill-repair-your-car-R7VT4AL 

Untuk merk dan harganya sendiri, Anda dapat menyimak daftarnya berikut ini.

  1. SanPolac

Merek pertama ada dempul SanPolac yang dapat memperbaiki secara struktural sehingga permukaannya terlihat rata kembali. Selain itu, ia juga mudah cepat kering sehingga hasilnya membuat permukaan lebih halus.

 

Ia sendiri tergolong ke dalam dempul plastik sehingga perlu dicampur dengan pasta pengeras. Ukuran dari SanPolac ada berbagai macam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

 

Harga dempul mobil SanPolac berkisar antara Rp35.000 sampai dengan Rp50.000 per kilogram.

  1. Autolux 66 PE Putty

Merek kedua ada Autolux 66 PE Putty dari Nippon Paint. Ia dapat digunakan secara

langsung pada permukaan logam serta memiliki lapisan tebal. Komponen dari bahan cat

satu ini memiliki dasar berupa resin polyester dan hardener.

 

Kedua perpaduan bahan tersebut membuat permukaan menjadi lebih halus sehingga

lebih mudah untuk diamplas.Harga dempul mobil dari Autolux ini berkisar Rp35.000 per kilogram.

  1. Isamu

Karakteristik dari Isamu memiliki persamaan dengan SanPolac, yaitu teksturnya lembut dan lunak. Sehingga dapat dengan mudah digunakan tanpa memakai resin. Merek ini juga lebih banyak digunakan oleh pengguna mobil.

 

Untuk harga dempul mobil Isamu sendiri berkisar di angka Rp50.000 per kilogram.

  1. Power Lux

Merek keempat ada Power Lux dengan bahan utama plastik dan biasanya dicampur dengan pasta pengeras. Merek ini memiliki dua varian ukuran yang dijual di pasaran, yaitu 1,4 kg dan 4 kg.

 

Untuk harga dempul mobil dari Isamu sendiri sekitar Rp58.000 per 1,4 kilogram.

  1. Glasit

Merek kelima ini biasanya digunakan oleh mobil keluaran terbaru dari pabrik karena memiliki ketahanan bagus serta kualitasnya juga tergolong baik. Ia memiliki daya rekat yang kuat sehingga harganya juga cukup mahal di pasaran.

 

Anda bisa mendapatkan Glasit di harga Rp70.000 sampai Rp75.000 per kilogramnya.

  1. Tanuri

Keenam ada merek Tanuri yang cocok bagi mobil dengan kondisi tergores ringan. Bahannya sendiri terbuat dari Polyester putty sehingga dapat dengan mudah menutup goresan ringan.

 

Harga dempul mobil dari Tanuri ini sekitar Rp85.000 per galonnya.

  1. Alfaglos Body Light

Terakhir ada merk cukup mahal karena memiliki ketahanan paling kuat terhadap korosi serta memiliki daya rekat terbaik. Bisa dibilang ketika Anda memakainya akan sangat mirip dengan bawaan pabrik karena ketebalannya juga hampir sama.

 

Jadi, tidak heran jika ia dijuluki sebagai dempul dengan kualitas terbaik. Anda dapat membeli Alfaglos dengan harga Rp145.000 per kilogramnya.

 

Dari ketujuh merek tersebut, mungkin masih ada yang bertanya-tanya kira-kira berapa harga dempul mobil di bengkel agar sekalian dipasangkan?

 

Secara umum, harganya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 150.000 per kemasan, dengan ukuran kemasan yang umum adalah 250 gram atau 500 gram. Namun, harga tersebut dapat berbeda-beda di tiap bengkel atau toko yang menjual dempul mobil. 

 

Sedangkan, biaya pemasangan dempul mobil di bengkel dapat bervariasi tergantung pada jenis dan lokasi bengkel yang dipilih. 

 

Biaya pemasangan dempul mobil bisa mulai dari sekitar Rp 100.000 hingga Rp 500.000 atau lebih tergantung pada kompleksitas kerusakan mobil dan harga jasa bengkel yang berbeda-beda di setiap daerah. 

 

Gabung dengan Cekpremi.com Untuk Mendapatkan Asuransi Mobil Terbaik!

Agar Anda lebih berhemat dalam perawatan mobil, sebaiknya mulai sekarang bergabung dengan asuransi. Di Cekpremi.com sendiri ada berbagai jenis pelayanan asuransi mobil, mulai dari TLO, Comprehensive, hingga All Risk.

 

Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi apabila terdapat kerusakan pada kendaraan kesayangan tersebut karena sudah ada jaminan ke depannya.

Untuk bergabung dengan Cekpremi.com, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran langsung dari website officialnya. Namun, apabila masih ragu, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dulu dengan pihak kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

 

Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan harga dempul mobil untuk kendaraan kesayangan Anda.

 

REFERENSI:

Otoklix

Go Oto

Suryadidik