Bisa Gambarkan Karakter, Ini Tips Kombinasi Warna Cat Motor!

Jul - 23
2021
tips kombinasi warna cat motor

Bisa Gambarkan Karakter, Ini Tips Kombinasi Warna Cat Motor!

Mengganti warna bodi motor dengan cara mengecat ulang merupakan alternatif cara yang banyak dilakukan oleh para pemilik motor yang sudah bosan dengan warna motor sebelumnya. Mengecat bodi motor sesuai dengan keinginan juga bisa menambah rasa kepemilikan karena merasa semakin cocok dengan kendaraan kesayangan. Selain itu bisa juga menambah nilai estetika kendaraan Anda. Untuk melakukan pengecatan ulang bodi motor, ada beberapa tips kombinasi warna cat motor. Namun sebelum itu, kita akan bahas terlebih dahulu mengenai tahapan dalam pengecatan bodi motor.

Tahapan Pengecatan Ulang Bodi Motor

Pengelupasan Striping Asli

Tahapan ini mudah dilakukan namun juga menantang. Apalagi untuk motor keluaran lama seperti Honda, proses ini bisa dibilang gampang-gampang susah.

Menghilangkan Cat Lama

Anda bisa menghilangkan cat lama menggunakan gerinda amplas sampai ketemu warna plastik. Langkah ini juga harus dilakukan dengan hati-hati, ya!

Foxy dan Pendempulan

Langkah selanjutanya yaitu foxy atau epoksi dan pendempulan. Epoksi merupakan sebuah polimer yang bertambah bagus jika dicampur dengan sebuah agen katalis atau pengeras. Epoksi berfungsi untuk menutupi pori sehingga tampilan motor kembali maksimal. Namun dalam tahap ini bisa menimbulkan permukaan yang tidak rata sehingga diperlukan pendempulan.

Pelapisan Cat Dasar

Melakukan pengecatan dasar sangat penting supaya cat berikutnya bisa melekat kuat. Dengan melakukan pengecatan dasar ini bisa meningkatkan daya tahan cat. Pemilihan warna cat dasar harus disesuaikan dengan warna yang akan Anda terapkan selanjutnya. Misal kalau mau mewarnai bodi motor dengan warna merah, maka pilih cat dasar berwarna putih. Atau jika Anda ingin mengecat bodi motor dengan warna candy atau metalik, sebaiknya gunakan warna silver sebagai cat dasar.

Mengecat Bodi Motor

Langkah selanjutnya adalah pemasangan stripping. Setelah itu diamkan sampai 3 hari, lalu sempurnakan dengan pernis atau clear sebagai sentuhan akhir.

Tips Kombinasi Warna Cat Motor

cara cat motor

Buat Konsep Pengecatan

Kombinasi warna bisa dibuat berdasarkan konsep yang akan diangkat oleh pemilik kendaraan. Misalnya ingin konsep kendaraan minimalis, maka Anda bisa memilih warna-warna yang elegant. Atau Anda juga bisa memilih kombinasi warna yang tajam dan dramatis.

Sesuaikan Kombinasi Warna dengan Karakter Anda

Kombinasi warna cat motor bukan hanya pelengkap keindahan kendaraan saja, tetapi juga bisa mencerminkan karakter pengendaranya. Misalnya Anda bisa membuat kombinasi warna hitam pada bodi motor dengan warna silver pada velg.

Sesuaikan Warna Velg Agar Selalu Terlihat Bersih

Bagian kaki motor atau roda jika dalam keadaan kotor akan sangat berpengaruh pada bagian baring caliper dan as motor bisa mengalami penurunan kinerja karena terlalu kotor. Pemilihan bahan dasar cat velg bisa mempengaruhi kualitas dan keawetan velg motor.

Sesuaikan Budget

Selain memilih sesuai selera dan karakter, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas cat dengan budget Anda. Pilih kombinasi warna yang sesuai dengan budget Anda namun masih memberikan kualitas terbaik.

Hal-hal yang Perlu diperhatikan saat Pengecatan

Jarak Pengecatan

Baik menggunakan cat semprot kalengan maupun kompresor, Anda perlu memperhatikan jarak serta posisi yang ideal untuk menyemprotkan cat. Apabila Anda menggunakan cat semprot kalengan, jarak ideal penyemprotan antara 15 hingga 20 cm yang dihitung dari kaleng hingga ke permukaan. Jika penyemprotan dilakukan dengan jarak yang lebih atau kurang dari itu, maka hasil akan kurang maksimal.

Sedangkan jika Anda menggunakan kompresor, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kekuatan semprotan yang keluar. Hal ini dikarenakan tidak ada patokan pasti bagi penggunaan kompresor. Setelan kecil berguna untuk membuat garis tipis seperti airbrush, sedangkan setelan kuat serta menyebar digunakan untuk mengecat bidang yang besar. Oleh karena itu, saat memakai spray gun, dipastikan jaraknya harus sedikit lebih jauh.

Pemberian Pernis

Tujuan dari pelapisan pernis adalah supaya cat terlihat menjadi lebih kinclong, sekaligus melindungi lapisan cat dari berbagai gesekan. Tapi kamu perlu tahu satu hal, bahwa pernis yang harus dipakai ketika kamu menggunakan pengecatan menggunakan cat semprot kalengan, haruslah pernis model cat semprot kalengan pula.

Jangan sekali-kali menggunakan pernis untuk cat oplosan. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko kerusakan pada lapisan cat. Penyemprotan pernis pun harus tipis-tipis supaya terlihat rapi dan tidak menyebabkan penimbunan yang dapat membuat cat bleber. 

Waktu Pengecatan

Pemilihan waktu pengecatan pun sangat penting. Kamu harus menghindari waktu-waktu seperti saat malam hari dan kondisi hujan. Proses pengadukan serta pencampuran cat harus dilakukan maksimal pukul 3 sore. Karena jika lebih dari itu, sorotan sinar matahari sore dapat menimbulkan bias untuk hasil campuran cat, sehingga mempersulit pengadukan cat.

Itu tadi tips kombinasi warna cat motor dan tahapan serta hal-hal yang harus diperhatikan saat pengecatan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kondisi kendaraan Anda melalui perawatan rutin. Selain itu, dapatkan juga penawaran asuransi kendaraan yang sesuai kebutuhan Anda hanya di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi