Pentingkah Makanan 4 Sehat 5 Sempurna? Simak Penjelasannya Disini!

makanan 4 sehat 5 sempurna

Sejak tahun 1955 pemerintah menggelar sebuah kampanye untuk menyerukan betapa pentingnya makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun mungkin masih ada masyarakat yang bingung apa saja makanan yang masuk kategori 4 sehat 5 sempurna. Simak penjelasan lengkapnya di artikel kami satu ini!

Definisi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Maksud dari makanan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang mengandung lengkap gizi-gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Makanan 4 sehat terdiri atas nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Untuk melengkapi keempat makanan di atas maka ada susu sebagai penyempurna nya.

1. Makanan pokok (Karbohidrat)

Berikut adalah menu makanan yang termasuk ke dalam makanan pokok:

– Nasi
– Jagung
– Kentang
– Singkong
– Gandum

Gizi yang ada di makanan pokok sangat berguna untuk pusat tenaga seorang manusia. Namun dalam hal konsumsi karbohidrat kalian juga perlu memperhatikan seberapa banyak kalian konsumsi karbohidrat. Usahakan jangan konsumsi berlebih karena dapat menimbulkan resiko diabetes.

2. Lauk Pauk

Berikut adalah menu makanan yang termasuk ke dalam kategori lauk pauk

– Daging ayam, sapi, ikan, kambing dan bebek
– Telur
– Tempe dan tahu

Ketiga makanan diatas adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Protein berperan besar dalam membentuk otot-otot yang ada di dalam tubuh dan juga untuk memperbaik dan memelihara jaringan di tubuh yang telah rusak.

3. Sayur-sayuran

Berikut adalah menu makanan yang termasuk ke dalam kategori sayur-sayuran:

– Wortel
– Sawi
– Kembang kol
– Bayam
– Kangkung

Jenis makanan sayuran ini biasanya mengandung banyak vitamin dan zat yang diperlukan oleh tubuh, misalnya wortel memberikan vitamin A yang sangatlah bagus untuk kesehatan mata. Oleh karena itu mengkonsumsi sayuran bisa menjadi pilihan untuk melengkapi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh kita.

4. Buah-buahan

Sumber makanan yang memberikan gizi yang baik untuk tubuh kita yang terakhir adalah buah-buahan.

Berikut adalah menu makanan yang termasuk ke dalam kategori buah-buahan:

– Jeruk
– Apel
– Semangka
– Anggur
– Belimbing
– Sirsak

Kandungan gizi utama yang diberikan oleh buah-buahan adalah mineral, serat dan berbagai macam vitamin. Sama seperti sayuran buah-buahan memiliki fungsi untuk melengkapi zat gizi yang masih kurang bagi tubuh. Misalnya jeruk memberikan vitamin C kepada tubuh agar daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

5. Susu

Susu sendiri memiliki berbagai macam jenis, berikut adalah jenis susu yang umum ditemu di pasaran:

– Susu sapi
– Susu kedelai
– Susu kambing
– Susu almond

Susu memiliki kandungan gizi kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Namun tidak hanya itu susu juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, melancarkan aliran darah, serta menjag fungsi otot dan saraf. Maka dari itu susu sangat direkomendasikan untuk ibu hamil dan anak yang masih dalam tahap perkembangan.

Selain makanan 4 sehat 5 sempurna, tentunya pola gaya hidup sehat juga berpengaruh banyak bagi tubuh.Baca artikel kesehatan kami lainnya:

7 Tips Hidup Sehat Sederhana dan Mudah Dipraktikkan agar Panjang Usia