15 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Kekinian

Oct - 23
2021
makanan khas bandung

15 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Kekinian

Kota Bandung menjadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Pemandangan yang indah, udara yang sejuk, tempat belanja yang beragam dan aneka kuliner yang enak menjadikan kota yang dikenal dengan sebutan kota kembang ini dipadati wisatawan khususnya di hari liburan. “Surga kuliner” juga menjadi julukan kota tersebut karena banyaknya tempat makan dan variasi kuliner yang tersedia di berbagai sudut kota. Apa saja kuliner Bandung yang enak tersebut?  Yuk, simak 10 makanan khas Bandung yang paling enak dan kekinian berikut ini.

Mie Kocok

kuliner khas bandung mie kocok

Mie kuning dan tauge dalam kuah bening yang agak kental karena tambahan lemak kaki sapi, tak lupa yang menjadi ciri khas dari sajian mie khas Bandung ini adalah topping kikil sapinya.

Mie Kocok, entah kenapa disebut mie kocok, karena proses pembuatannya pun tidak ada tahapan mengocok. Tapi inilah kuliner khas Bandung yang diburu oleh banyak wisatawan yang datang ke kota ini. Tak heran penjaja mie kocok pun dengan mudah kita temui di berbagai sudut kota.

Lotek

lotek

Makanan enak di Bandung ini tersusun dari aneka sayuran seperti kangkung, kacang panjang, kol dan timun, yang kemudian diaduk bersama bumbu kacang yang biasanya dibuat dadakan. Mirip dengan gado-gado, tapi aroma kencur dan penggunaan kentang pada bumbu kacangnya menjadi pembeda yang utama.

Selain biasanya gado-gado disajikan dengan bumbu yang hanya diguyurkan saja. tidak diaduk. Lotek adalah makanan khas Sunda dan mudah ditemui di berbagai rumah makan khas Sunda di berbagai kota di Jawa Barat.

Baso Tahu

baso tahu bandung

Orang Jakarta lebih senang menyebutnya siomay, tapi di Bandung sendiri sering disebut Baso Tahu. Tidak ada yang salah, karena memang di dalam satu porsi sajian ini kita bisa menemukan baso tahu bersanding dengan siomay, kentang rebus, kol rebus dan telur rebus.

Terkadang kita juga bisa menemukan paria dalam hidangan ini. Baso Tahu memang menjadi salah satu ikon kuliner Bandung, sehingga di daerah lain hidangan serupa sering dibubuhi kata “Bandung” di belakangnya, seperti “Siomay Bandung”.

Kita juga akan dengan mudah menemukan penjaja baso tahu di banyak tempat, biasanya dijajakan menggunakan gerobak dorong.

Batagor

makanan khas bandung enak batagor

Batagor merupakan singkatan dari Baso Tahu Goreng. Ya, Batagor merupakan diversifikasi produk dari baso tahu itu sendiri yang konon tercipta untuk meningkatkan daya tahan sehingga baso tahunya digoreng.

Saat ini batagor biasanya dijual berdampingan dengan siomay goreng. Pada umumnya makanan khas Bandung ini disajikan dengan bumbu kacang, tapi saat ini muncul pula variasi lainnya yaitu batagor kuah.

Nasi Timbel

nasi timbel

Nasi Timbel sebenarnya hanyalah nasi putih atau merah yang dibungkus daun pisang sehingga memberikan aroma harum yang mengunggah selera.

Nasi timbel biasanya ditemani dengan lauk seperti ayam goreng atau bakar, tahu atau tempe goreng, jambal asin, gepuk atau empal dan tak lupa lalapan sayur lengkap dengan sambalnya. Menu ini tersedia di sebagian besar rumah makan sunda.

Kupat Tahu

kupat tahu bandung

Ada dua jenis gagrak kupat tahu yaitu kupat tahu padalarang dan kupat tahu bandung. Kupat Tahu Padalarang bumbunya cenderung cair dengan aroma manis dan gurih, sedangkan kupat tahu bandung bumbunya saus kacang yang kental.

Akan tetapi isi dari kedua jenis kupa tahu tersebut relatif sama: kupat/lontong, tahu dan toge.

Yamin/Mie Baso

mie yamin bandung

Untuk yang satu ini mungkin tidak terlalu khas Bandung, akan tetapi banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke kota ini berusaha menyempatkan waktunya untuk menikmati hidangan Yamin Baso.

Memang cita rasa Yamin di Bandung ini berbeda dengan yamin di kota lainnya, belum juga side dish-nya seperti baso dan siomay yang juga sangat khas di kota Bandung.

Yamin sendiri sebenarnya adalah mie yang diaduk langsung dengan bumbunya, umumya yamin manis sehingga diaduk menggunakan kecap manis. Bisa dibilang bahwa Yamin/Mie Baso adalah makanan khas Bandung yang memiliki rasa manis.

Seblak

seblak khas bandung

Kuliner khas Bandung ini terbuat dari kerupuk yang direbus sehingga rasanya menjadi kenyal sehingga memiliki rasa yang unik. Seblak dibuat dari bumbu rempah dan isian yang kaya seperti sayur, daging, baso, dan telur. Tak jarang, ada yang menambahkan sosis, ceker, kikil, dan tahu. Kuahnya pun terasa pedas dan segar.

Nah, berbicara soal harganya, sangat murah, loh! Dengan harga Rp12 ribu, Anda sudah bisa mencicip seblak.

Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom

Dari namanya sudah bisa menebak makanan apakah ini? Nasi Tutug Oncom adalah makanan khas Bandung enak yang ditumbuk dan dicampur oncom. Tambahannya ada lauk pauk yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.  Tempat makan paling enak yang menyajikan Nasi Tutug Oncom ada di daerah Lengkong.

Surabi

makanan khas bandung enak surabi

Makanan yang satu ini menjadi cemilan paling populer di Bandung. Dibuat dari tepung beras dan santan. surabi seringkali ditambahkan topping yang bermacam-macam. Ada keju, coklat susu, oncom, smoke beef, dan telur.

Rasa yang enak, topping yang bermacam-macam, dan tampilan yang unik dan unik menjadi salah satu alasan mengapa surabi sangat populer.

Soto Bandung

kuliner khas bandung

Soto Bandung memiliki bahan dasar daging sapi atau  bagian tulang dekat sapi. Meski hampir sama seperti soto daerah lain, soto Bandung menggunakan kuah bening, tomat, kedelai goreng, dan sayur lobak.

Tahu Susu Lembang

tahu susu lembang

Bandung juga dikenal sebagai kota yang memproduksi susu sapi murni. Salah satu olahan susu yang terkenal adalah tahu susu Lembang.

Minuman khas Bandung ini dibuat dengan bahan utama kacang kedelai. Teksturnya pun halus, lembut, dan gurih.

Cuanki

makanan khas bandung cuanki

Jajanan terkenal dari Bandung ini, memiliki bahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap lainnya. Kuahnya disajikan dengan kaldu berisi bakso, siomay, dan tahu.

Beda cuanki dan baso Malang adalah penyajian dan isinya. Cuanki disajikan dengan merebus bahan yang sudah digoreng atau dikukus terlebih dahulu, sedangkan baso Malang tidak merebus isinya terlebih dahulu dan rasa kuahnya pun tidak sekuat dan segurih cuanki.

Cireng

cireng

Cireng adalah makanan dan jajanan kekinian khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji atau aci, merica, garam, bawang putih, terigu, dan air. Kemudian, adonan ini digoreng di minyak panas.

Rasa cireng menjadi beragam karena cara makannya dicocol bumbu kacang, saus sambal, atau bumbu rujak. Untuk rasanya, jajanan ini memiliki cita rasa gurih dan renyah.

Pisang Bolen Khas Bandung

 jajanan khas bandung

Kalau berlibur ke Bandung, rasanya kurang lengkap kalau tidak membawa oleh-oleh pisang bolen. Pisang bolen khas Bandung menggunakan bahan adonan pastry, yakni tepung terigu, gula pasir, korsvet dan air.

Perpaduan tekstur yang lembut dengan isian pisang yang manis melebur dengan nikmatnya cokelat atau keju, mampu membuat siapa pun yang mencicipinya ketagihan.

Itulah dia rekomendasi makanan khas Bandung yang enak dan sedang populer saat ini. Mau liburan ke Bandung? Biar lebih nyaman dan tenang selama berlibur, yuk, lindungi diri Anda dan orang tercinta dengan Asuransi Perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi perjalanan cekpremi